Kemudahan Omnichannel RS Saat Pandemi
Sudahkah Anda mengetahui tentang kemudahan omnichannel RS yang sebenarnya? Ternyata solusi ini dapat membantu Anda dalam menghadirkan pelayanan yang lebih baik. Meskipun begitu, kita masih menemukan beberapa rumah sakit atau juga klinik yang mengabaikannya karena dianggap terlalu sulit diimplementasikan atau juga biaya investasi awal yang cenderung lebih tinggi.
Memang benar, omnichannel masih menjadi hal yang relatif baru di industri kesehatan Indonesia. Akan tetapi, kemudahan omnichannel RS sebenarnya tetap dapat Anda rasakan jika menggunakannya dengan dilengkapi metode yang tepat.
Apalagi pandemi memaksa rumah sakit dan klinik segera beradaptasi, tentu adanya omnichannel bidang kesehatan mampu menjadi solusi tepat guna yang dapat menyelamatkan rumah sakit dari keterpurukan. Untuk itu, agar memahami lebih lanjut tentang kemudahan atau juga manfaat dari solusi ini, berikut adalah penjelasan selengkapnya yang tidak ingin Anda lewatkan!
Memahami Lanskap Omnichannel RS di Tengah Pandemi
Sebuah artikel yang dirilis oleh McKinsey pada pertengahan 2021 yang lalu menyebutkan bahwa kehadiran pandemi Covid-19 telah mengubah lanskap teknologi untuk industri kesehatan selamanya.
Rumah sakit atau juga klinik dituntut agar menjadi lebih adaptif dan memahami kemudahan omnichannel RS dengan lebih cepat. Dampaknya sudah mulai dirasakan, karena penggunaan telemedis meningkat dan perangkat untuk kerja kolaboratif sudah mulai banyak diadopsi.
Selain itu, pergeseran layanan yang sebelumnya berfokus pada kualitas pelayanan pun mulai bergeser menjadi pemenuhan kebutuhan dan keinginan pasien. Beberapa implementasi omnichannel yang mulai dirasakan antara lain:
1. Peningkatan layanan outpatient dan home care
Kedua layanan ini adalah wujud nyata dari transformasi industri kesehatan dalam menghadapi pandemi. Beberapa rumah sakit sudah mulai mengutamakan layanan rawat jalan (outpatient) untuk pasien dengan keluhan medis yang tidak darurat. Pelayanan langsung di rumah (home care) juga menjadi opsi yang mulai disukai, karena pasien memperoleh kenyamanan yang optimal dari rumah sakit.
2. Telemedis yang mulai menjamur di mana-mana
Dukungan pemerintah dalam mengembangkan telemedis telah menjadikan kemudahan omnichannel RS dapat dirasakan oleh banyak rumah sakit dan klinik. Kini Anda dapat menemukan banyak sekali vendor yang menyediakan layanan telemedis, baik dalam bentuk platform yang dapat digunakan bersama atau juga aplikasi siap pakai yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan.
3.Tercapainya efektivitas pelayanan dengan SIMRS
Kolaborasi antar departemen rumah sakit juga menjadi lebih efektif berkat adanya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Dengan adanya solusi ini, seluruh pekerjaan hampir sepenuhnya dapat dilakukan secara digital, mulai dari pendaftaran pasien hingga penebusan obat-obatan.
Selain itu, jika Anda menggunakan modul marketing dari Aviat SIMRS maka Anda juga dapat memperoleh tambahan fitur untuk menciptakan kedekatan dengan konsumen melalui berbagai strategi yang dapat diimplementasikan dengan mudah.
Kemudahan Omnichannel RS dengan Telemedis
Sebagai salah satu bentuk implementasi omnichannel RS, telemedis merupakan solusi yang hadir untuk menjadikan proses konsultasi jadi lebih mudah dan sederhana, karena keseluruhan prosesnya dapat dilakukan dari jarak jauh.
Kemudahan omnichannel RS ini juga sudah banyak dirasakan oleh klien Aviat, yang menjadikan Aviat telemedis sebagai perangkat yang dapat menjadikan konsultasi berbasis video call dan chat lebih efisien dan efektif. Pemenuhan kebutuhan atas pelayanan kesehatan selama pandemi juga dapat terlaksana dengan baik.
Selain itu, telemedis juga membawa banyak manfaat bagi bisnis pelayanan kesehatan, yaitu:
1. Struktur biaya yang lebih efektif
Kemudahan omnichannel RS yang paling dirasakan dengan adanya telemedis adalah pembiayaan yang lebih efektif. Rumah sakit dapat berhemat waktu karena semua proses dilakukan secara online. Tentunya hal ini menguntungkan, karena tenaga medis dapat melayani pasien yang lebih banyak.
2. Lebih aksesibel bagi pasien
Dengan dirilisnya hasil survei dari Cisco Global Survey di tahun 2013 yang menyebutkan bahwa 74% pasien lebih mengutamakan akses pelayanan kesehatan yang lebih mudah dibandingkan konsultasi tatap muka, maka kemudahan omnichannel RS melalui telemedis mampu menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pasien.
3. Jangkauan layanan yang lebih luas
Telemedis juga menjadi langkah yang tepat bagi rumah sakit untuk menghadirkan pelayanan kesehatan yang lebih inklusif. Rumah sakit yang Anda kelola dapat melayani pasien dari wilayah terpencil, sehingga berpotensi menambah pendapatan rumah sakit pula.
Saat ini, Aviat juga telah mengembangkan aplikasi telemedis yang dapat Anda jadikan pilihan. Dengan beragam fitur yang dapat menjadikan Anda memperoleh kemudahan omnichannel RS dengan lebih optimal.
Tertarik mengetahui lebih lanjut tentang solusi telemedis dari Aviat? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)