Omnichannel Memudahkan Pelayanan Kepada Pasien

Omnichannel Memudahkan Pelayanan kepada Pasien

Ada banyak cara untuk memudahkan pelayanan pasien yang dapat diadopsi oleh rumah sakit. Salah satunya dengan memanfaatkan omnichannel.

Akan tetapi, belum semua orang memahami bahwa keberadaan omnichannel tidak hanya sebatas konsep yang dapat diterapkan pada jenis bisnis tertentu saja. Industri pelayanan kesehatan juga mampu menggunakan solusi ini, khususnya dalam meningkatkan kapabilitas dan juga kualitas pelayanan yang dihadirkan.

Bahkan menurut penuturan para pakar marketing, solusi omnichannel juga dapat digunakan oleh rumah sakit sebagai langkah untuk menciptakan pelayanan yang lebih baik, memaksimalkan Return of Investment (ROI), hingga meningkatkan kemampuan SEO.

Benarkah demikian? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peran omnichannel dalam memudahkan pelayanan pasien, berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Cara untuk Memudahkan Pelayanan Pasien dengan Omnichannel

Omnichannel dikenal sebagai sebuah solusi yang digadang-gadang dapat menyelamatkan perusahaan dari biaya yang membengkak untuk kebutuhan marketing. Pada kenyataannya, solusi ini lebih sekedar dari itu.

Keberadaan omnichannel untuk memudahkan pelayanan pasien sendiri mulai dikenal di tanah air. Lantas bagaimana cara untuk menggunakannya dengan lebih optimal? Beberapa caranya meliputi:

1. Selaraskan omnichannel dengan strategi untuk meningkatkan pasien

Omnichannel bidang kesehatan tidak dapat digunakan sendirian untuk memudahkan pelayanan pasien. Anda perlu menggunakan solusi ini bersamaan dengan strategi pemasaran lainnya. Apalagi bisnis pelayanan kesehatan cukup berbeda dengan bisnis lainnya. Pelanggan Anda tidak akan memikirkan rumah sakit atau klinik yang Anda kelola sampai mereka benar-benar membutuhkannya.

Untuk itu, Anda harus memikirkan beberapa hal yang menjadikan pengalaman pasien jadi lebih baik. Mulailah dengan mengoptimalkan penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) untuk menjadikan pelayanan kesehatan yang Anda hadirkan jadi lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, ketika calon pasien pertama kali berobat ke tempat Anda, mereka akan benar-benar terkesan dan menjadikan pelayanan kesehatan yang Anda miliki sebagai tujuan utama.

2. Fokus pada konsistensi

Konsistensi seringkali menjadi masalah bagi rumah sakit, terutama dalam hal memasarkan layanan yang dimiliki. Demikian pula saat Anda akan menggunakan omnichannel untuk memudahkan pelayanan pasien. Anda tidak dapat hanya membayar sebuah aplikasi dan berharap keajaiban akan datang dan menjadikan rumah sakit Anda populer dalam satu malam.

Oleh karena itu, berhenti menggunakan banyak channel untuk berpromosi dan gunakan yang benar-benar sesuai dengan target pasar. Anda tidak harus menggunakan semua channel yang ada, karena hal tersebut akan sangat memberatkan dan membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit

Dengan begitu, Anda dapat fokus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, mulai dari customer care yang cepat tanggap dengan kebutuhan pasien hingga waktu tunggu penebusan obat yang dapat diminimalisir.

3. Daur ulang konten

Mungkin Anda akan memulai perjalanan untuk mengimplementasikan omnichannel pada rumah sakit yang dikelola dari keberadaan pelayanan konsumen yang lebih baik. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut hanya berhenti sampai memudahkan pelayanan pasien semata.

Tahukah Anda? Pengalaman nyata (real) yang dialami oleh pasien dan memberikan umpan balik positif juga dapat dimanfaatkan kembali sebagai konten promosi. Misalnya, menjadikan testimoni dari pasien menjadi kisah inspiratif yang dapat diangkat dalam artikel blog atau juga media sosial.

Daur ulang konten akan menyelamatkan Anda dari biaya yang membengkak untuk menciptakan campaign baru melalui platform digital.

Solusi Omnichannel di Indonesia

Anda mungkin bertanya-tanya, sudah adakah vendor terpercaya yang mampu memenuhi kebutuhan omnichannel bidang kesehatan untuk memudahkan pelayanan pasien?

Jika Anda mencari dengan seksama, kemungkinan Anda pernah mendengar tentang Aviat sebagai vendor penyedia teknologi kesehatan yang telah dipercaya oleh banyak rumah sakit dan klinik.

Saat ini, Aviat berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman dengan mulai menerapkan prinsip omnichannel dalam beberapa layanannya. Hal tersebut dapat Anda temukan pada layanan seperti Aviat telemedis untuk konsultasi kesehatan jarak jauh, Aviat Mobile App sebagai aplikasi untuk antrean dan registrasi digital, hingga Aviat SIMRS yang dilengkapi modul marketing untuk memudahkan proses implementasi omnichannel.

Dengan begitu, transformasi digital pada bisnis pelayanan kesehatan yang Anda jalankan juga menjadi lebih mulus. Solusi untuk memudahkan pelayanan pasien dapat digunakan dengan mudah, potensi keuntungan bisnis pun turut bertambah. Jadi, siap menggunakan omnichannel sekarang juga?

Temukan informasi kesehatan lainnya hanya melalui blog Aviat. Jangan lupa bagikan informasi ini jika dirasa bermanfaat kepada kolega, teman, dan juga keluarga. (Pradana)

Similar Posts