Digitalisasi Rekam Medis Aviat, Pengerjaan Cepat dan Berkualitas!
Digitalisasi Rekam Medis Aviat, Pengerjaan Cepat dan Berkualitas

Digitalisasi Rekam Medis Aviat, Pengerjaan Cepat dan Berkualitas!

Apakah saat ini Anda kesulitan dalam menemukan solusi digitalisasi rekam medis yang dapat diandalkan untuk dokumen rumah sakit yang dikelola? Dengan adanya solusi terkini dari Aviat, Anda tidak perlu khawatir lagi. Proses alih media rekam medis yang Anda miliki dalam format digital dapat dilakukan dengan lebih cepat dan juga berkualitas.

Sayangnya, belum semua orang mengenal solusi untuk membantu digitalisasi rekam medis rumah sakit atau klinik dari Aviat. Oleh karena itu, informasi ini perlu Anda ketahui agar lebih yakin dengan solusi yang ditawarkan oleh Aviat. Berikut adalah ulasan selengkapnya!

Apakah Digitalisasi Rekam Medis Berbeda dengan Rekam Medis Elektronik?

Pertanyaan ini mungkin sering terpikirkan jika mengingat keduanya berhubungan erat dengan teknologi untuk mempermudah penggunaan rekam medis dalam format digital. Akan tetapi, baik digitalisasi rekam medis dan juga rekam medis elektronik memiliki perbedaan, baik dari cara proses dokumen hingga pencarian informasi. Lebih detail mengenai perbedaan tersebut dijelaskan sebagai berikut:

  • Cara produksi dokumen

Perlu Anda ketahui, digitalisasi rekam medis biasanya dilakukan dengan cara mengubah format data rekam medis dari bentuk fisik menjadi bentuk digital. Cara ini dikenal pula dengan sebutan alih media arsip atau dokumen. Sementara itu, rekam medis elektronik merupakan kumpulan informasi mengenai riwayat pasien yang tersimpan dan dapat diakses melalui aplikasi atau software tertentu.

  • Alur penyimpanan dokumen

Perbedaan lain dari digitalisasi rekam medis dan rekam medis elektronik terlihat melalui alur penyimpanannya. Pada digitalisasi rekam medis, biasanya tenaga kesehatan perlu mengisi formulir tertentu untuk mencatat keluhan dan tindakan yang diberikan pasien, baru selanjutnya formulir tersebut melalui proses scanning sebelum akhirnya disimpan di pusat data. Sementara pada rekam medis elektronik, tenaga kesehatan hanya perlu mengisi kolom pada aplikasi seperti SIREM dari Aviat untuk selanjutnya tersimpan pada server.

  • Tingkat efisiensi penggunaan

Mengingat digitalisasi rekam medis membutuhkan perangkat tambahan seperti scanner dan juga dokumen fisik yang tentunya membutuhkan kertas dan printer, tentunya biaya yang dibutuhkan lebih besar. Dengan adanya sistem informasi khusus untuk memproduksi rekam medis elektronik tentunya hal tersebut mampu diminimalisir. Akan tetapi, biaya yang dibutuhkan untuk investasi di awal untuk membuat aplikasi pengelolaan rekam medis elektronik memang lebih besar, walaupun lebih terukur dan dapat digunakan untuk jangka panjang.

Solusi yang Lebih Baik untuk Digitalisasi Rekam Medis

Setelah mengetahui perbedaan yang cukup signifikan antara digitalisasi rekam medis dan juga rekam medis elektronik, tentunya Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih di antara kedua metode pengelolaan dokumen pasien tersebut, sehingga dapat digunakan dengan lebih optimal untuk menghadirkan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas bagi pasien.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir jika ternyata saat ini sudah terlanjur menerapkan sistem digitalisasi rekam medis untuk dokumen fisik yang dimiliki. Aviat hadir dengan solusi sistem rekam medis bernama SIREM, yang telah mencakup beberapa layanan sekaligus, yaitu:

  • Alih media arsip rekam medis

Bagi Anda yang telah memiliki dokumen rekam medis yang menumpuk, maka kehadiran layanan ini mampu menyelamatkan Anda dari beban biaya yang cukup besar untuk melakukan digitalisasi rekam medis. Prosesnya pun lebih cepat dan biayanya lebih kompetitif.

  • Konsultasi dan pelatihan rekam medis

SIREM juga dilengkapi dengan layanan konsultasi dan juga pelatihan penggunaan sistem rekam medis bagi staf rumah sakit Anda. Dengan begitu, Anda dapat menentukan fitur yang tepat agar penggunaan rekam medis elektronik menjadi lebih optimal.

  • Perawatan dokumen rekam medis

Jika Anda masih membutuhkan rekam medis fisik untuk dikelola, SIREM dari Aviat juga hadir dengan layanan penyelamatan informasi rekam medis dan juga pengendalian hama. Dengan menggunakan layanan ini, nantinya informasi rekam medis dapat digunakan untuk jangka panjang.

  • Sarana dan prasarana aplikasi

SIREM juga hadir dalam bentuk aplikasi sistem informasi yang dapat Anda manfaatkan untuk mengelola rekam medis secara digital, yang telah terintegrasi dengan Aviat SIMRS untuk penggunaan yang lebih optimal. Selaku vendor, Aviat juga menyediakan layanan untuk pengadaan sarana dan prasarana untuk membangun server penyimpanan rekam medis digital sesuai kebutuhan.

Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan solusi digitalisasi rekam medis dan juga sistem rekam medis elektronik dari Aviat. Hubungi tim marketing kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Tinggalkan Balasan