Strategi Wujudkan "Layanan Klinik" yang Lebih Mudah untuk Pasien

Strategi Wujudkan “Layanan Klinik” yang Lebih Mudah untuk Pasien

Baik buruknya kualitas pelayanan kesehatan klinik menjadi faktor penting yang mempengaruhi kemajuan klinik pada masa mendatang. Kualitas pelayanan yang buruk dapat menciptakan pengalaman dan penilaian negatif bagi pasien. Sebaliknya ketika klinik mampu memberikan kualitas pelayanan yang baik, hal ini dapat menghasilkan kepuasan bagi pasien. Dengan kata lain, kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur dalam mengukur kualitas layanan klinik. 

Kepuasan pasien tidak hanya berpengaruh pada pengalaman pasien itu sendiri, namun juga dapat mempengaruhi perkembangan bisnis klinik Anda secara luas. Pasien yang tidak puas, sangat mungkin untuk menceritakan pengalamannya kepada relasinya. Sebaliknya ketika pelayanan klinik memuaskan, pasien juga dapat menyebarkan informasi ini kepada orang lain. Pasien tentu akan mempertimbangkan untuk berobat di klinik yang memiliki kualitas kesehatan yang baik bukan?

Karena kepuasan pasien sangat penting dalam mempengaruhi perkembangan bisnis klinik Anda, memberikan pelayanan yang mudah, nyaman dan solutif bagi kesembuhan pasien menjadi poin penting dalam pelayanan klinik Anda. Alasannya, pasien masa kini bukan hanya mencari solusi, tapi juga kenyamanan selama menjalani pemeriksaan. Lalu apa saja strategi yang dapat dilakukan untuk mewujudkan layanan klinik yang nyaman bagi pasien? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Minimalisir Antrean Pemeriksaan

Tidak dapat dipungkiri, antrean pemeriksaan adalah salah satu hal yang tidak dapat dihindari ketika berobat. Terlebih lagi, ketika berobat di klinik yang selalu ramai dikunjungi pasien. Meskipun tampak sebagai hal yang wajar, antrean pemeriksaan justru menimbulkan pengalaman yang kurang menyenangkan bagi pasien.

Pasien yang datang berobat umumnya dalam kondisi badan yang kurang fit. Selain itu, mereka harus berkumpul dalam waktu yang cukup lama dalam satu ruangan yang sama dengan pasien yang lain. Hal ini tentu sangat tidak nyaman sekaligus berisiko meningkatkan penularan penyakit, khususnya di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Penilaian buruk dari pasien juga semakin besar potensinya, terlebih jika kinerja layanan klinik lambat dalam menangani hal tersebut.

Untuk dapat mewujudkan kualitas pelayanan klinik yang baik, manajemen harus memikirkan strategi untuk menghindari terjadinya antrean pemeriksaan yang panjang dan lama. Beberapa alternatif yang dapat dilakukan untuk menghindari antrian layanan yang panjang adalah meningkatkan kapasitas atau efisiensi layanan klinik.

Administrasi yang Praktis dan Cepat

 Meskipun terlihat sepele, administrasi layanan klinik faktanya seringkali menyebabkan pelayanan yang ribet dan bertele-tele, terutama bagi pasien. Administrasi yang rumit dan menyusahkan justru menjadi hal yang paling menjengkelkan. Pasien tentu tidak ingin direpotkan lagi dengan administrasi yang tidak efisien ketika sedang berobat dan ingin segera mendapatkan pemeriksaan bukan?

Ekspektasi masyarakat akan pelayanan administrasi yang praktis, cepat dan mudah semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Teknologi telah menawarkan berbagai kemudahan dalam kegiatan masyarakat. Hal ini tentu memunculkan ekspektasi terhadap prosedur administrasi yang jauh lebih praktis dan cepat.

Membangun Sistem Pembayaran yang Mudah

 Metode pembayaran juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam penyediaan layanan klinik. Perkembangan teknologi telah menawarkan metode pembayaran yang lebih modern, yang kini menjadi alat pembayaran favorit masyarakat. Metode pembayaran digital fintech bahkan kini menyalip transaksi pembayaran, dan menjadi opsi pembayaran utama bagi masyarakat Indonesia. Dilansir dari katadata.co.id, Standard & Poor’s mencatat bahwa penggunaan layanan fintech di Indonesia merupakan yang terbesar di Asia, yaitu  pada tahun 2019, transaksi uang elektronik di Indonesia mencapai US$ 10 miliar.

Mengadopsi metode pembayaran fintech yang kini banyak digunakan oleh masyarakat, serta menawarkan kemudahan pembayaran yang cepat dan praktis dapat menciptakan pelayanan klinik yang jauh lebih mudah bagi pasien. Pasien dapat dengan cepat melakukan pembayaran, sesuai dengan cara pembayaran yang lebih familiar dan disukai. 

Kabar baiknya, klinik dapat mewujudkan ketiga keunggulan di atas dengan menggunakan aplikasi layanan klinik seperti AVIAT SIMKlinik. Sistemnya didesain untuk menyajikan prosedur administrasi yang lebih praktis dan cepat. Antrean pasien dapat dipangkas secara signifikan dan mendukung klinik untuk melayani lebih banyak pasien setiap harinya. 

AVIAT SIMKlinik juga dilengkapi dengan fitur khusus untuk bagian kasir. Dengan sistem yang memudahkan transaksi pembayaran layanan klinik, pasien akan merasa lebih puas. Prosesnya pun akan lebih cepat dibandingkan proses administrasi manual. Konsultasikan dengan tim marketing AVIAT untuk informasi selengkapnya! (Septiani)

Similar Posts