Pendaftaran Lebih Praktis dengan Aplikasi Klinik Praktik Mandiri

Pendaftaran Lebih Praktis dengan Aplikasi Klinik Praktik Mandiri

Perkembangan peradaban berdampak pada banyak perubahan pola konsumsi pasar. Bagaimana pola konsumsi generasi milenial yang saat ini mendominasi populasi pasar Indonesia dan ikut mengubah sebagian besar kebiasaan berbelanja masyarakat? Hal tersebut terlihat dari cara mereka mengakses layanan publik, transportasi, berbelanja kebutuhan sehari-hari hingga layanan kesehatan dan pendidikan. Bisnis indonesia mulai beralih ke layanan yang serba online karena dianggap cepat dan praktis, salah satunya terlihat dari penggunaan aplikasi klinik praktik mandiri.. 

Aplikasi klinik praktik mandiri dibuat sebagai jawaban untuk kebutuhan pasar yang sedang berubah. Biasanya pasien perlu mengantre di lokasi klinik dan menjalani setiap prosedur administrasi secara manual. Melalui aplikasi klinik praktik mandiri ini, pendaftaran dapat dilakukan dengan lebih praktis dan mudah. Selain itu, terdapat juga banyak keuntungan lainnya yang dapat diperoleh melalui aplikasi klinik praktik mandiri ini, baik dari sisi pasien maupun dokter dan staf kliniknya. Apa sajakah itu? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Aplikasi Bagi Pasien 

Penggunaan aplikasi klinik memberikan beberapa manfaat bagi pasien. Hal ini dapat memperbesar peluang pasien untuk memeriksakan dirinya kembali di kemudian hari. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh pasien dari penggunaan aplikasi klinik:

1. Pendaftaran Digital

Beberapa aplikasi klinik praktik mandiri didesain untuk dapat aktif selama 24 jam penuh, tidak seperti pendaftaran offline yang terikat jam kerja. Dengan sistem yang online 24 jam, calon pasien dapat mengakses dan mendaftar ke klinik kapanpun melalui aplikasi klinik praktik mandiri ini melalui smartphone masing-masing. Tidak hanya itu, pasien pun dapat mencari berbagai informasi terbaru dari aplikasi tersebut tanpa menunggu staf klinik menjawab pertanyaannya. 

2. Jadwal Janji dengan Dokter 

Pada beberapa kondisi, pasien membuat janji dengan dokter pada jam tertentu untuk menghindari menunggu antrean yang terlalu lama. Namun, kadang mendekati waktu janji justru muncul agenda mendadak atau kesibukan lain yang membuat pasien melupakan jadwal konsultasi dengan dokter. Beberapa aplikasi klinik praktik mandiri dapat mengatasi masalah tersebut karena pasien mendapatkan pengingat secara berkala mengenai waktu janji temu dengan dokter. Adanya notifikasi ini dapat mengurangi peluang gagal temu dan waktu yang terbuang. 

3. Pembayaran Lebih Praktis

Saat pembayaran dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi klinik praktik mandiri seperti halnya saat berbelanja online, maka sistem pembayaran berobat menjadi sangat efisien dan efektif. Pembayaran berbasis digital akan memudahkan pasien maupun pihak klinik karena seluruh transaksi akan terdata secara otomatis dan prosesnya transparan. Selain itu, proses pencatatan dan perhitungan pun dapat dilakukan secara akurat, sehingga meminimalisir human error. 

4. Memantau Jadwal Pemeriksaan 

Pada beberapa aplikasi, pasien juga dapat memantau kondisi pendaftaran klinik tersebut, saat antrean sedang penuh atau masih menyisakan kuota pemeriksaan. Informasi tersebut dapat diketahui secara real-time melalui aplikasi klinik praktik mandiri ini. 

Manfaat Aplikasi Bagi Petugas Klinik

Selain memberikan manfaat bagi pasien, penggunaan aplikasi juga memberikan berbagai kemudahan bagi petugas medis dan staf klinik. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Efisiensi Administrasi 

Menerapkan aplikasi untuk layanan klinik adalah sebuah investasi yang sangat menguntungkan. Memang akan diperlukan biaya pada awal pengadaan aplikasi. Namun saat dihubungkan dengan penghematan biaya operasional pada bulan-bulan berikutnya, aplikasi ini justru memberikan keuntungan yang lebih besar. Rekam medis maupun resep dokter dapat diolah secara langsung masih dalam bentuk digital. Administrasi klinik menjadi lebih paperless dan secara otomatis menghemat biaya untuk pengadaan kertas, alat tulis dan gudang penyimpanan rekam medis.  

2. Manajemen Antrean Pasien 

Tidak hanya pasien yang merasakan kemudahan dan manfaat dari aplikasi klinik praktik mandiri saja, pihak klinik juga sangat terbantu dari sisi manajemen pasien. Pihak klinik dapat memantau kapan saja jadwal temu penuh, lengkap bersama identitas pasien dan bahkan mengetahui sejak awal keluhan yang dirasakan pasien. Dengan mengetahui keluhan dan kondisi pasien, petugas medis dapat menyiapkan tindakan sebelum pasien masuk ruang konsultasi. Lebih jauh lagi, klinik juga dapat mengelola antrean menurut urgensitas kondisi pasien, misalnya memprioritaskan pasien korban kecelakaan atau lanjut usia.   

3. Pembayaran Digital

Kasir klinik dengan metode manual cukup merepotkan sebab harus melakukan rekap ulang dengan sangat teliti dan mengumpulkan banyak struk pembayaran. Proses ini pun rentan dengan kesalahan karena seluruh pencatatan dan perhitungan dilakukan secara manual. Itulah sebabnya, penggunaan fitur kasir pada aplikasi klinik praktik mandiri dapat menjadi solusi untuk kemudahan rekapitulasi transaksi klinik dengan proses yang lebih transparan dan praktis. 

Dengan berbagai manfaat di atas, Anda mungkin mulai mempertanyakan tentang bagaimana penerapan aplikasi klinik di Indonesia. Kabar baiknya, kini telah tersedia AVIAT SIMKlinik yang siap digunakan untuk mendukung layanan klinik di Indonesia. AVIAT SIMKlinik dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan administrasi, mulai dari pendaftaran, rekam medis, kasir hingga farmasi. Untuk informasi selengkapnya tentang AVIAT SIMKlinik, Anda dapat menghubungi tim marketing AVIAT dan mendiskusikannya lebih lanjut! (Septiani)

Similar Posts