Digitalisasi Rekam Medis Anda Sebelum Data Hilang
Digitalisasi Rekam Medis Anda Sebelum Data Hilang

Digitalisasi Rekam Medis Anda Sebelum Data Hilang

Keberadaan digitalisasi rekam medis tidak hanya dapat membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi, tetapi juga meminimalisir risiko kehilangan data rumah sakit, baik akibat bencana alam, pencurian atau peretasan, hingga kerusakan fisik pada rekam medis yang Anda kelola.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan solusi digitalisasi rekam medis untuk menjamin keamanan data yang dimiliki. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari tuntutan pidana atau juga perdata yang dapat merugikan bisnis pelayanan kesehatan yang Anda kelola untuk jangka pendek dan juga panjang.

Jika Anda masih ragu, maka informasi lebih lengkap mengenai pentingnya penggunaan rekam medis digital ini perlu untuk disimak. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Dampak Kehilangan Data Rekam Medis

Mungkin tidak semua orang menyadari bahwa kehilangan rekam medis dapat berakibat fatal bagi manajemen rumah sakit. Setidaknya ada beberapa dampak yang dapat ditimbulkan oleh hilangnya informasi akibat tidak adanya digitalstasi rekam medis, yaitu:

  • Tenaga medis sulit memberikan tindakan yang tepat

Perlu Anda ketahui, rekam medis umumnya mengandung informasi penting mengenai riwayat penyakit yang diderita pasien sebelumnya. Informasi ini sangat penting, sehingga dokter dapat memberikan diagnosa yang akurat dan memberikan resep dokter yang tidak berpotensi menyebabkan alergi pada pasien. Tanpa adanya rekam medis, tentunya dokter akan kesulitan memberikan pelayanan yang lebih berkualitas.

  • Risiko sanksi hukum

Kehilangan rekam medis bukannya tanpa akibat hukum sama sekali. Pemerintah Indonesia menyebutkan dalam ​​Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 269 Tahun 2008 bahwa hilangnya data milik pasien dapat berakibat pada dicabutnya izin praktik dokter, klinik, hingga rumah sakit, mengingat informasi yang terkandung di dalam rekam medis bersifat rahasia. Tentunya hal ini dapat merugikan Anda dari sisi bisnis, karena rumah sakit atau klinik yang dikelola berpotensi untuk ditutup akibat kelalaian dalam pengelolaan dokumen.

  • Sulitnya menentukan biaya berobat pasien

Selain kesulitan dalam memberikan tindakan yang akurat, hilangnya data rekam medis juga dapat berakibat pada sulitnya menentukan biaya yang ditagihkan kepada pasien, karena rekam medis berfungsi sebagai sumber data primer untuk memberikan penanganan dan penebusan obat yang dibutuhkan untuk kesembuhan pasien.

Digitalisasi Rekam Medis sebagai Solusi Kehilangan Data

Kehilangan data rekam medis dapat terjadi kapan saja, khususnya jika Anda masih menggunakan sistem pengelolaan dokumen secara konvensional. Keberadaan digitalisasi rekam medis mampu menyelamatkan Anda dari berbagai risiko yang telah disebutkan di atas.

Teknologi ini memungkinkan agar informasi terkait riwayat penyakit dan perawatan pasien dapat diakses melalui sebuah sistem informasi yang terintegrasi antar departemen, baik pada tingkat operasional oleh dokter atau staf laboratorium maupun tingkat manajemen untuk kebutuhan administrasi dan pengembangan bisnis.

Ada banyak manfaat yang akan Anda peroleh dari digitalisasi rekam medis, tidak hanya untuk mencegah kehilangan data rekam medis saja. Beberapa di antaranya seperti:

  • Menjadi dasar untuk tindakan medis, mengingat di dalamnya terkandung informasi terkait riwayat pasien, maka rekam medis digital dapat digunakan sebagai pedoman untuk memberikan tindakan yang lebih tepat dan akurat.
  • Kebutuhan statistik, khususnya untuk mendokumentasikan fenomena kolektif dari suatu penyakit dalam periode tertentu di wilayah Anda, sehingga dapat mencegah terjadinya pandemi yang dapat berpengaruh pula pada kesehatan masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan, karena rekam medis digital mampu menampilkan informasi yang dibutuhkan dokter dalam hitungan detik, tentunya pelayanan dapat diberikan dengan kualitas yang tetap sama, sehingga peningkatan efisiensi pun dapat tercapai.

Solusi Digitalisasi Rekam Medis dari Aviat

Saat ini, Aviat juga menyediakan solusi yang tepat untuk kebutuhan digitalisasi rekam medis Anda. Dengan solusi sistem informasi yang diberi nama SIREM, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengelola rekam medis secara online. Tidak perlu lagi tumpukan kertas yang sulit dicari, tinta printer yang membutuhkan biaya yang besar, atau ruang penyimpanan yang luas.

Selain itu, SIREM juga dilengkapi dengan beberapa kelebihan, antara lain:

  • Aplikasi web based, yang dapat Anda gunakan tanpa perlu melakukan instalasi khusus pada perangkat laptop atau komputer.
  • Layanan online maintenance, yang siap sedia membantu Anda dari jarak jauh agar proses perawatan menjadi lebih efisien.
  • Semua data tersimpan di server, sehingga ruangan yang dibutuhkan untuk pengelolaan dan digitalisasi rekam medis tidak terlalu besar.
  • Fitur lengkap dan terintegrasi, yang dapat membantu Anda untuk menggunakan SIREM secara bersamaan dengan Aviat SIMRS, sehingga pelayanan kesehatan Anda lebih optimal.

Jadi, siap untuk digitalisasi rekam medis milik bisnis pelayanan kesehatan yang Anda kelola? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Tinggalkan Balasan