Temukan Nomor Rekam Medis Pasien Lebih Cepat dengan SIREM!
Temukan Nomor Rekam Medis Pasien Lebih Cepat dengan SIREM

Temukan Nomor Rekam Medis Pasien Lebih Cepat dengan SIREM!

Untuk membantu kinerja rumah sakit, menghadirkan solusi yang tepat untuk menemukan nomor rekam medis pasien yang lebih mudah perlu Anda pertimbangkan. Apalagi mengingat nomor tersebut sangatlah dibutuhkan untuk mengetahui informasi rekam medis yang dibutuhkan untuk pengambilan tindakan medis, tentunya kemudahan dalam temu kembali informasi dapat membantu Anda dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan.

Apa itu nomor rekam medis pasien dan bagaimana pula SIREM dari Aviat dapat membantu Anda dalam manajemen rekam medis yang lebih baik? Berikut adalah ulasan selengkapnya!

Pengertian Nomor Rekam Medis Pasien

Sebelum Anda mengetahui cara untuk temukan nomor rekam medis pasien yang lebih cepat, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertiannya.

Secara sederhana, nomor rekam medis pasien adalah serangkaian nomor yang diberikan oleh tenaga kesehatan seperti dokter umum atau spesialis kepada setiap pasien yang menjalani rawat jalan, rawat inap, atau juga tindakan gawat darurat yang mengharuskan pengambilan tindakan medis yang berhubungan dengan kesehatan pasien.

Setiap pasien yang pertama kali mendaftar di rumah sakit atau klinik akan mendapatkan nomor tersebut, yang nantinya akan tersimpan di dalam sistem rekam medis, sehingga informasi mengenai riwayat perawatan dan penyakit dapat ditemukan kembali jika sewaktu-waktu pasien menderita keluhan lainnya.

Tujuan dari Dibuatnya Nomor Rekam Medis Pasien

Selain memiliki fungsi utama sebagai nomor yang digunakan untuk menemukan informasi terkait riwayat kesehatan pasien, sebenarnya nomor rekam medis pasien juga memiliki tujuan lain yang tidak kalah pentingnya. Beberapa tujuan tersebut meliputi:

  • Menghindari duplikasi nomor rekam medis pasien, yang dapat berakibat pada kesalahan dalam pemberian tindakan sesuai dengan prosedur medis yang semestinya.
  • Memudahkan pembacaan riwayat kesehatan pasien, sehingga dokter yang bertugas dapat menghadirkan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi pasien.
  • Meningkatkan kecepatan temu kembali informasi, khususnya untuk kasus yang sangat darurat dan membutuhkan perhatian khusus agar dapat segera ditangani.

Mengenal Perbedaan Nomor Rekam Medis Konvensional dan Digital

Untuk menghadapi perkembangan zaman yang semakin canggih, banyak manajemen rumah sakit yang telah beralih menggunakan sistem informasi berbasis aplikasi untuk pengelolaan rekam medis. Akan tetapi, belum semua bisnis pelayanan kesehatan melakukan hal serupa. Masih ada beberapa klinik yang menggunakan cara konvensional untuk pengelolaan rekam medis.

Oleh karena itu, Anda pun perlu mengetahui perbedaan cara menemukan nomor rekam medis pasien secara konvensional dan juga digital. Dengan begitu, Anda dapat menemukan solusi yang tepat untuk membantu peningkatan efisiensi dan efektivitas pengelolaan informasi rekam medis. Beberapa perbedaan tersebut antara lain:

  • Perangkat yang digunakan

Pada pengelolaan rekam medis fisik, biasanya manajemen rumah sakit atau klinik biasanya telah mengenal penggunaan teknologi. Hanya saja, penggunaannya hanya sebatas scanning rekam medis menggunakan perangkat scanner lalu memberikan nomor rekam medis pasien pada nama dokumen.

Sedangkan pada pengelolaan rekam medis digital, biasanya scanner tidak lagi dibutuhkan, karena rekam medis telah tersimpan melalui sistem informasi berbasis aplikasi atau perangkat lunak yang dapat diakses dengan mudah.

  • Proses pencarian informasi

Dari segi pencarian nomor rekam medis pasien juga kita dapat melihat perbedaan yang cukup signifikan. Pada pengelolaan rekam medis secara fisik, biasanya staf kesehatan harus memintanya kepada bagian kearsipan yang menyimpan informasi terkait rekam medis.

Sementara itu, pada pengelolaan menggunakan sistem informasi khusus, tenaga kesehatan dapat mengaksesnya secara langsung melalui aplikasi, sehingga pencarian rekam medis menjadi lebih cepat. Apalagi jika Anda menggunakan aplikasi SIREM dari Aviat, tentunya pengelolaan rekam medis menjadi lebih optimal.

  • Media penyimpanan dokumen

Layaknya dokumen lainnya, rekam medis merupakan jenis dokumen yang harus disimpan dengan baik. Oleh karena itu, biasanya rumah sakit atau klinik yang masih mengelola rekam medis secara konvensional akan menyimpan dokumen rekam medis melalui perangkat komputer, laptop, atau juga media seperti hard disk atau flash drive.

Sedangkan pada pengelolaan secara digital, penyimpanan dokumen dilakukan pada server atau juga media penyimpanan berbasis cloud. Dengan begitu, dokumen tersebut lebih aman dari risiko kerusakan atau juga kehilangan.

Solusi SIREM dari Aviat

Saat ini, Aviat hadir dengan solusi sistem rekam medis bernama SIREM, yang dapat membantu Anda dalam menemukan nomor rekam medis pasien dengan lebih cepat dan akurat. Solusi ini dilengkapi dengan berbagai kelebihan, mulai dari kehadiran aplikasi berbasis web browser yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, fitur lengkap yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi Aviat SIMRS, dan masih banyak lagi.

Banyak rumah sakit yang telah mempercayakan pengelolaan rekam medisnya pada Aviat. Sekarang giliran Anda! Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang solusi untuk temu kembali nomor rekam medis pasien dari Aviat? Hubungi tim marketing kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Tinggalkan Balasan