Tingkatkan Koordinasi Antar Unit RS dengan Sistem Rekam Medis yang Baik
Tingkatkan Koordinasi Antar Unit RS dengan Sistem Rekam Medis yang Baik

Tingkatkan Koordinasi Antar Unit RS dengan Sistem Rekam Medis yang Baik

Perlukah sebuah rumah sakit menemukan sistem rekam medis yang baik untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional bisnisnya? Pertanyaan ini mungkin sering muncul, khususnya bagi Anda yang belum yakin mengenai cara yang paling optimal untuk menggunakan sistem berbasis teknologi untuk pengelolaan rekam medis.

Untuk menjawab pertanyaan mengenai pentingnya sistem rekam medis yang baik, berikut adalah penjelasan selengkapnya yang perlu Anda pahami!

Pentingkah Menghadirkan Sistem Rekam Medis yang Baik?

Pada era disrupsi seperti saat ini, kehadiran teknologi yang tepat untuk mendukung kinerja manajemen rumah sakit sangatlah dibutuhkan. Tidak hanya bagi kepentingan sebuah bisnis pelayanan kesehatan, tetapi juga bagi pelayanan pasien yang lebih berkualitas. Setidaknya ada 4 hal yang menjadikan sebuah sistem rekam medis yang baik menjadi penting, yaitu:

  • Sistem rekam medis meningkatkan kecepatan

Dalam industri pelayanan kesehatan, sistem rekam medis yang baik mampu membantu tenaga kesehatan untuk memberikan tindakan medis yang tepat dan cepat. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko yang tidak diinginkan yang berpotensi mengganggu kesehatan pasien.

  • Integrasi antar unit yang lebih mudah

Selain bagi kebutuhan pasien, sistem rekam medis yang baik juga dapat membantu koordinasi antar unit di dalam sebuah RS menjadi lebih baik. Budaya kolaborasi berbasis integrasi data mampu menghadirkan peningkatan produktivitas bagi setiap karyawan. Contohnya, koordinasi dari meja registrasi dengan ruangan dokter atau juga integrasi rekam medis di ruangan dokter dengan laboratorium yang dapat dilakukan secara otomatis.

Tentunya, terciptanya budaya kolaborasi dan koordinasi yang lebih baik ini mampu membantu operasional bisnis yang Anda kelola juga menjadi lebih lancar dan memberikan efek positif untuk jangka panjang.

  • Tingkat akurasi pelayanan yang lebih tinggi

Dengan adanya sistem rekam medis yang baik, Anda juga mampu menghadirkan pelayanan yang tepat bagi pasien yang berkunjung, mengingat rekam medis memuat riwayat penyakit pasien yang sebelumnya diderita. Dengan begitu, nantinya pemberian tindakan oleh dokter atau tenaga kesehatan menjadi lebih akurat berkat adanya informasi rekam medis yang lebih akurat dan cepat.

  • Melengkapi kebutuhan rumah sakit

Setiap rumah sakit tentunya memiliki kerumitan pengelolaan informasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kehadiran sistem rekam medis yang baik mampu mempermudah pengelolaan tersebut dan melengkapi kebutuhan rumah sakit akan efisiensi dan efektivitas pelayanan.

Solusi Sistem Rekam Medis yang Baik untuk Koordinasi RS

Setelah Anda mengetahui tentang pentingnya menghadirkan sistem rekam medis yang baik untuk rumah sakit, selanjutnya Anda pun perlu mengetahui tentang solusi yang tepat bagi kebutuhan sistem informasi yang mampu membantu Anda dalam mengelola rekam medis dengan lebih efisien.

Salah satu solusi tersebut adalah aplikasi Sistem Rekam Medis (SIREM) yang diluncurkan oleh Aviat. Aplikasi ini memungkinkan pengelolaan rekam medis secara digital menjadi lebih mudah dan terukur. 

Apalagi dengan kehadiran aplikasi berbasis web browser yang dapat diakses dengan mudah oleh dokter, meja registrasi, staf laboratorium, dan unit kerja lainnya di rumah sakit yang Anda kelola. Tentunya aplikasi ini mampu membantu Anda untuk menciptakan koordinasi yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien yang dihadirkan.

Selain itu, SIREM juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat melengkapi kebutuhan Anda, dengan kemampuan kustomisasi fitur sesuai dengan yang Anda inginkan. Dengan begitu, penggunaan sistem rekam medis yang baik juga menjadi lebih optimal dan efisien.

Bagaimana sebenarnya SIREM mampu membantu sebuah rumah sakit untuk berkembang lebih jauh? Temukan jawabannya dengan menghubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya mengenai solusi ini. (Pradana)

Tinggalkan Balasan