Data Rekam Medis Lebih Akurat dengan SIREM
Data Rekam Medis Lebih Akurat dengan SIREM

Data Rekam Medis Lebih Akurat dengan SIREM

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Proses penomoran rekam medis yang rumit dapat menghambat produktivitas manajemen rumah sakit, sehingga dibutuhkan sistem yang agar penomoran rekam medis lebih akurat. Apalagi jika rumah sakit memiliki banyak cabang, tentunya proses data sharing yang terlambat juga dapat berdampak pada kualitas pelayanan yang Anda hadirkan.

Oleh karena itu, Anda perlu menemukan solusi untuk membantu pengelolaan rekam medis lebih akurat. Bagaimana caranya? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Mengapa Sistem Rekam Medis Lebih Akurat Dibutuhkan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sejatinya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa peran dari sistem rekam medis yang sebenarnya. Dengan begitu, Anda dapat benar-benar merasakan manfaat dari rekam medis yang lebih akurat bagi rumah sakit yang dikelola. Adapun beberapa peran tersebut meliputi:

  • Memperlancar komunikasi antar departemen

Tentunya kita mengetahui bahwa sebuah rumah sakit tidak dapat berfokus pada sebuah departemen saja. Dibutuhkan sinergi antar departemen agar sebuah bisnis pelayanan kesehatan mampu menghadirkan pelayanan yang lebih berkualitas. Di sinilah perannya rekam medis lebih akurat dengan bantuan sistem informasi

Dengan adanya sistem informasi yang mampu diandalkan, nantinya setiap departemen dapat menggunakan informasi yang terkandung di dalam rekam medis dengan lebih optimal. Pada akhirnya, komunikasi yang lebih lancar juga dapat menunjang produktivitas kerja dari tenaga medis maupun non-medis di rumah sakit yang Anda kelola.

  • Menjadi dasar pembelaan atas tindakan malapraktik

Selain untuk komunikasi yang lebih lancar, kehadiran sistem yang mampu menampilkan informasi rekam medis lebih akurat juga dapat menjadi landasan bagi rumah sakit yang diduga melakukan malpraktik. Dengan adanya informasi yang lebih akurat, nantinya manajemen rumah sakit pun dapat menghindari jeratan hukum yang dapat merugikan bisnis yang dikelola, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Tidak hanya itu, tingkat akurasi informasi pada rekam medis yang Anda gunakan juga dapat digunakan untuk membantu pemberian tindakan yang tepat, sehingga risiko terjadinya malpraktik tersebut dapat diminimalisir.

  • Mencegah terjadinya penyebaran wabah penyakit

Kehadiran rekam medis lebih akurat juga dapat menjadi landasan bagi rumah sakit yang Anda kelola untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit yang menular. Dengan adanya informasi yang lebih akurat, nantinya para tenaga kesehatan dan juga peneliti mampu mengidentifikasi adanya lonjakan kasus pada rumah sakit. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat saja, tetapi juga membantu rumah sakit dalam mempertahankan kredibilitas RS di mata pasien.

  • Mempermudah pencarian nomor rekam medis

Untuk kebutuhan administrasi, biasanya rekam medis disimpan berdasarkan kode nomor tertentu. Jika Anda masih menggunakan rekam medis fisik, tentunya proses penemuan kembali informasi juga menjadi lebih sulit. Apalagi dengan adanya risiko lokasi dokumen rekam medis yang tertukar atau tercecer, sehingga kehadiran sistem untuk menjamin penomoran rekam medis lebih akurat mampu membantu Anda dalam menjaga keutuhan informasi pasien.

Bagaimana Solusi untuk Menghadirkan Rekam Medis yang Lebih Akurat?

Tahukah Anda? Dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, pengelolaan rekam medis tidak perlu lagi dilakukan secara konvensional. Kehadiran Sistem Rekam Medis (SIREM) dari Aviat adalah salah satu solusi yang dapat Anda pertimbangkan. Dengan adanya SIREM, Anda dapat melakukan pengelolaan informasi rekam medis secara digital.

Selain itu, SIREM juga hadir dalam bentuk aplikasi web based, yaitu sebuah aplikasi yang dapat diakses oleh manajemen rumah sakit dan juga tenaga kesehatan hanya dengan bermodalkan web browser biasa. Anda tidak perlu lagi bergantung pada software yang harus diinstal pada perangkat laptop atau juga komputer. Dengan begitu, pengelolaan dan monitoring rekam medis menjadi lebih akurat dan juga dapat dilakukan dari mana saja.

Aviat juga menyediakan aplikasi demo yang dapat Anda coba terlebih dahulu, sehingga Anda dapat memastikan agar penggunaan SIREM untuk rekam medis lebih akurat di rumah sakit yang dikelola menjadi lebih optimal. 

Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat menghubungi tim marketing Aviat sekarang juga! (Pradana)

Tinggalkan Balasan