Mengurangi Kelelahan Kerja Petugas Klinik dengan Aplikasi Layanan Klinik
Petugas medis merupakan pekerjaan yang meskipun terlihat santai, namun sebenarnya cukup melelahkan dan menuntut kondisi fisik yang selalu prima. Petugas medis harus selalu sigap dan siap untuk dapat memberikan pelayanan kepada setiap pasien yang datang berobat. Bahkan ketika masih belum ada pasien, petugas medis harus tetap berjaga dan bersiap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Itulah sebabnya, penggunaan aplikasi layanan klinik semakin banyak dipertimbangkan. Mengapa demikian? Pelajari selengkapnya di bawah ini!
Bahaya Kelelahan pada Tenaga Medis
Tenaga kerja yang lebih banyak memperhatikan kesehatan pasien, justru seringkali lupa akan kesehatan dan kondisi fisiknya sendiri. Menjaga klinik hampir seharian nyatanya seringkali membuat petugas kelelahan. Jika hal ini terjadi dan dibiarkan, dapat menjadi masalah yang lebih besar pada waktu mendatang. Kelelahan tenaga medis sedikit banyak akan berpengaruh pada kinerja dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien.
Permasalahan lainnya yang dapat terjadi adalah masalah kesehatan tenaga medis itu sendiri. Terlebih lagi mereka setiap hari melakukan interaksi langsung dengan pasien yang sedang sakit, sehingga tenaga medis harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Berkaca pada pandemi Covid-19, tenaga medis banyak yang kelelahan karena beban kerja sangat tinggi, yang pada akhirnya justru tertular dan jatuh sakit. Ini membuat mereka tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan dalam beberapa waktu selama pemulihan. Dengan berbagai kondisi tersebut, manajer klinik perlu mulai mempertimbangkan solusi untuk menghadapinya.
Aplikasi Layanan Klinik Untuk Mengurangi Kelelahan Petugas Klinik
Ketika kebutuhan akan pelayanan klinik sedang tinggi, tuntutan kerja petugas medis juga akan tinggi. Dengan kondisi seperti itu, mengurangi jam kerja petugas bukanlah pilihan bijak untuk menjaga mereka dari kelelahan kerja. Lalu bagaimana cara untuk mengurangi kelelahan petugas klinik?
Aplikasi layanan klinik dapat menjadi solusi untuk mengurangi beban kerja petugas medis. Otomatisasi sebagian proses administrasi serta berbagai fitur yang ditawarkan aplikasi layanan klinik membuat beban pekerjaan administrasi yang awalnya berat dapat menjadi jauh lebih ringan. Digitalisasi arsip akan mempermudah proses administrasi mulai dari bagian pendaftaran, rekam medis, catatan pemeriksaan, pembuatan resep, hingga pembayaran (kasir). Ketika beban kerja petugas menjadi lebih ringan, faktor kelelahan pada tenaga medis juga akan berkurang. Berikut merupakan keunggulan dari aplikasi layanan klinik yang dapat meringankan beban kerja tenaga medis:
1. Penjadwalan
Penjadwalan pasien merupakan salah satu hal yang penting dalam mengatur jadwal pemeriksaan masing-masing pasien. Hal ini bertujuan untuk meratakan beban kerja agar tidak berkumpul pada satu waktu saja. Sebagian aplikasi layanan klinik menawarkan fitur penjadwalan pasien yang akan memudahkan pengecekan jadwal pasien yang sudah ada, serta slot waktu yang tersedia. Data jadwal dan status pasien yang ditampilkan aplikasi layanan klinik dapat dilihat secara real-time, sehingga memudahkan pengaturan penjadwalan pasien agar lebih berimbang sesuai beban layanan.
2. Berikan apresiasi
Memberikan apresiasi bagi petugas medis Anda bukan hanya dengan memberikan gaji saja. Menyediakan fasilitas kerja yang mendukung dan menyenangkan juga dapat menjadi apresiasi tersendiri bagi mereka agar semakin menikmati pekerjaannya. Aplikasi layanan klinik membuat petugas klinik dapat bekerja dengan lebih mudah dan praktis. Saat mereka merasa senang dan menikmati tugasnya, rasa lelah akan berkurang.
3. Pengelolaan data transaksi
Aplikasi layanan klinik juga memiliki fitur pengelolaan data transaksi melalui fitur kasir, yang memudahkan pengelolaan transaksi setiap pasien. Petugas kasir tidak perlu repot melakukan perhitungan manual menggunakan kalkulator, fitur kasir akan melakukannya secara otomatis. Setiap transaksi pun tercatat dan terdata dengan jumlah yang selaras dengan biaya layanan dan obat. Transparansi ini akan mendukung keuangan klinik tetap terkelola dengan baik karena pengawasannya lebih mudah.
4. Penerapan teknologi
Melakukan pekerjaan administrasi secara konvensional menyebabkan beban pekerjaan yang berat dan melelahkan. Penggunaan aplikasi layanan klinik dapat meringankan beban tersebut secara signifikan. Pekerjaan administrasi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat, yang pada akhirnya memungkinkan petugas untuk menyelesaikan lebih banyak tugas dengan durasi kerja yang sama.
Saat ini telah tersedia AVIAT SIMKlinik yang dapat diterapkan oleh klinik di seluruh Indonesia. Aplikasinya dapat membantu petugas medis maupun staf klinik untuk bekerja lebih mudah dan cepat. Dilengkapi dengan fitur untuk mendukung pendaftaran, pengelolaan rekam medis pasien, farmasi dan kasir. Untuk klinik yang tidak dilengkapi dengan apotik, juga tersedia modul AVIAT SIMKlinik Light yang didesain tanpa fitur farmasi. Tentukan pilihan untuk kebutuhan Anda dan hubungi tim marketing AVIAT untuk informasi selengkapnya! (Septiani)