Inspirasi Awal Tahun 2022 Daftar Rumah Sakit yang Hadirkan Layanan Kesehatan Digital
Perkembangan layanan kesehatan digital yang begitu pesat ditandai dengan minat masyarakat yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Jika sebelumnya internet lebih banyak dimanfaatkan sebagai media untuk mendapatkan informasi, sekarang posisinya menjadi semakin vital. Teknologi digital internet semakin banyak dimanfaatkan sebagai media layanan kesehatan seperti konsultasi dokter jarak jauh atau sering disebut Telemedis.
Dalam survei McKinsey pada April 2021, 84,4% responden yang pernah menggunakan layanan kesehatan digital (telemedis) menyatakan puas dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Baik dokter maupun pasien menyatakan minat untuk terus menggunakan layanan telemedis. Dalam survei terpisah, lebih dari 50% pengguna telemedis juga menyatakan minat untuk terus menggunakannya meskipun pandemi telah berakhir.
Banyak respon positif dari berbagai elemen, baik dokter, rumah sakit, maupun pasien mendorong penggunaan telemedis semakin meningkat. Beberapa rumah sakit melihat tren tersebut sebagai peluang untuk memperluas jangkauan layanan mereka, dengan menyediakan layanan kesehatan digital mereka sendiri. Melalui pembahasan di bawah ini, Anda akan mengetahui beberapa rumah sakit di Indonesia yang telah menerapkannya!
RSUD Ansari Saleh, Banjarmasin
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ansari Saleh yang terletak di Banjarmasin menjadikan layanan kesehatan digital sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas dan mutu layanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan digitalisasi layanan kesehatan, pasien tidak lagi harus berangkat pagi-pagi dan mengantre demi mendapatkan jatah pemeriksaan. Pasien cukup melakukan pendaftaran secara online dari rumah mereka, dan kemudian datang ke poli yang dituju sesuai jadwal pemeriksaan yang sudah dipilih.
Tidak hanya itu, integrasi layanan kesehatan digital dengan Sistem informasi Manajemen rumah sakit (SIMRS) memungkinkan akses terhadap layanan rekam medis juga dapat dilakukan secara online. Dokter dapat dengan mudah melihat catatan kesehatan, penanganan dan pengobatan, serta tindakan medis yang sudah dijadwalkan. Tidak ada lagi berbagai dokumen-dokumen kertas yang harus dibawa pasien kesana kemari. Berbagai info pemeriksaan dan rekomendasi resep dari dokter juga dapat dengan mudah dilihat oleh bagian apotek.
RSUD Blambangan, Banyuwangi
RSUD Blambangan Banyuwangi juga menjadi salah satu rumah sakit yang telah mengaplikasikan layanan kesehatan digital. Aplikasi yang digunakan memuat seluruh informasi pelayanan RSUD Blambangan, mulai dari pendaftaran online, rekam medis online, panggilan ambulan secara daring, serta berbagai layanan kesehatan lainnya.
Berbagai layanan rumah sakit yang dapat diakses melalui aplikasi memudahkan pasien untuk mencari dan mendapatkan layanan kesehatan yang mereka butuhkan. Pasien dapat dengan mudah untuk membuat akun dan mendaftarkan nomor rekam medisnya. Pasien juga dapat membuat janji pemeriksaan serta sesi konsultasi melalui video call dari rumah mereka sendiri.
Beberapa layanan kesehatan digital lainnya yang dapat didapatkan pasien adalah layanan antar obat ke rumah pasien. Pasien tanpa perlu datang ke rumah sakit untuk menebus obat yang diresepkan. Selain itu, RSUD Blambangan juga memanfaatkan platform digital untuk melayani pengurusan akta kelahiran, pembuatan Kartu Keluarga (KK), serta kartu identitas anak secara gratis bagi pasien yang dapat diambil langsung ketika pasien keluar dari rumah sakit.
RSU Tangerang
Layanan kesehatan digital di RSU Tangerang mulai dikembangkan sejak menyebarnya pandemi di Indonesia. Digitalisasi layanan kesehatan diterapkan guna memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan selama pandemi. Salah satu bentuk layanan yang diterapkan adalah anjungan pendaftaran secara mandiri. Pasien dapat dengan mudah membuat jadwal pemeriksaan tanpa harus antri panjang di ruang tunggu.
Digitalisasi informasi juga memungkinkan pemberian resep obat dan hasil pengecekan lab dapat langsung keluar melalui sistem tersebut. Bagian apoteker juga dapat dengan mudah menyiapkan obat yang dibutuhkan pasien, sehingga memotong sebagian banyak waktu untuk antri obat.
Menerapkan Layanan Kesehatan Digital
Meskipun layanan RS berbasis digital masih tergolong baru di Indonesia, namun pihak manajemen RS tidak perlu memusingkan tentang kerumitan penerapannya. Khususnya jika pihak rumah sakit menggunakan aplikasi terintegrasi seperti AVIAT, yang dalam proses penerapannya didukung oleh teknisi berkompeten. Tidak heran jika AVIAT semakin banyak diterapkan di rumah sakit besar di Indonesia seperti:
- RS Efarina Etaham Berastagi, menggunakan AVIAT SIMRS sejak 19 November 2021
- RSUD Jayapura, menerapkan AVIAT SIMRS sejak 26 Oktober 2021
- RS Jakarta, menerapkan AVIAT SIMRS sejak 23 Agustus 2021
- RSUD Tamansari, menggunakan AVIAT SIMRS sejak 1 April 2021
- RS Grand Mitra Medika Medan, menggunakan AVIAT SIMRS sejak 11 Juni 2021
- RS Pelni, menggunakan AVIAT Mobile Apps sejak 10 Agustus 2021
- RSUD Leuwiliang, menerapkan AVIAT SIREM sejak 5 Februari 2021
- PT Kartika Medika Plaza, menerapkan SIREM sejak 28 Oktober 2021
Rumah sakit Anda juga dapat mulai menggunakan teknologi AVIAT untuk mengembangkan layanan kesehatan digital. Anda dapat menghubungi tim marketing AVIAT untuk mendiskusikannya lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan! (Septiani)