Wujudkan Pelayanan Kesehatan Modern dan Efisien dengan AVIAT SIMRS

Disrupsi teknologi yang begitu besar telah membawa perubahan besar pada industri pelayanan kesehatan. Berbagai inovasi teknologi kesehatan digital telah dikembangkan dan terbukti memberikan berbagai dampak positif baik bagi manajemen, pelayanan rumah sakit, hingga pasien itu sendiri. Teknologi kesehatan digital telah membuktikan dampak yang dibawanya selama pandemi Covid-19 mewabah dunia. Ketika kunjungan rumah sakit memberikan resiko bagi pasien dan tenaga medis, layanan telemedis dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan medis pasien.

Dengan berbagai dampak dan manfaat yang dibawanya, digitalisasi sektor kesehatan dianggap menjadi wujud dari pelayanan kesehatan modern. Dengan keberhasilan teknologi kesehatan digital memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan selama pandemi dengan kepraktisan dan efisiensinya, kini setiap fasilitas kesehatan dituntut untuk dapat menyediakan layanan kesehatan modern berbasis digital.

Mengapa Pelayanan Kesehatan Modern di butuhkan?

Pandemi Covid-19 tidak dapat dipungkiri memberikan pengaruh yang begitu besar pada perkembangan sektor kesehatan. Penyebaran pandemi yang dapat dengan mudah terjadi, bahkan pada lingkungan rumah sakit mendorong pemerintah dan penyedia layanan kesehatan mencari inovasi untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang adaptif. Permasalahan kesehatan modern menuntut solusi pelayanan kesehatan modern pula.

Untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal, rumah sakit harus berinovasi guna dapat memberikan layanan kesehatan yang praktis, mudah diakses dan efisien. Tantangan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan modern bukan hanya sekedar mengikuti tren yang terjadi, namun lebih pada tantangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sesuai perkembangan yang terjadi. Untuk dapat mencapainya, implementasi teknologi kesehatan digital menjadi satu hal yang wajib dipertimbangkan oleh manajemen.

Pandemi Covid-19 menjadi contoh nyata bagaimana pelayanan kesehatan modern menjadi satu-satunya pilihan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di era modern ini. Digitalisasi sektor kesehatan terbukti mampu menciptakan layanan kesehatan yang mudah diakses, praktis dan cepat. Pasien bahkan dapat melakukan konsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke rumah sakit. Fakta ini pada akhirnya membuat pasien mempertimbangkan kemudahan dan efisiensi layanan yang diberikan fasilitas kesehatan dalam memilih tempat berobat.

Bagaimana AVIAT Menciptakan Pelayanan Kesehatan Modern?

AVIAT memiliki beberapa platform aplikasi yang dapat mendukung layanan kesehatan modern. Pertama, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang terintegrasi dan mampu mendukung keseluruhan proses yang ada dalam pelayanan rumah sakit. Selain SIMRS, AVIAT Healthcare Information System juga memiliki platform lainnya seperti Sistem Rekam Medis Elektronik (SIREM), telemedis, serta AVIAT AI for Health

  1. AVIAT SIMRS

AVIAT SIMRS merupakan platform aplikasi yang dapat mengintegrasikan seluruh proses manajemen rumah sakit mulai dari  informasi pasien, pelayanan diagnosis, rekam medis, apotek, gudang farmasi, penagihan, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi, dan lain-lain. Integrasi informasi di setiap unit layanan sangat penting dalam menciptakan efisiensi administrasi dan menciptakan layanan yang praktis. Mulai dari data rekam medis pasien yang dapat diakses melalui komputer di ruang pemeriksaan, hingga kontrol manajemen secara realtime tanpa harus menunggu laporan tercetak dari setiap unit layanan rumah sakit.

  1. AVIAT SIREM

Rekam medis merupakan salah satu arsip penting dalam pelayanan kesehatan, salah satunya dalam membantu dokter melakukan diagnosis dan pengambilan keputusan perawatan. Sayangnya, disamping proses penyimpanan dan distribusi yang tidak efisien rekam medis yang dicetak dalam bentuk kertas seringkali kurang teroptimalkan karena menimbulkan lembaran kertas yang banyak, sehingga lebih sulit dalam mencari informasi spesifik.

AVIAT SIREM menawarkan pelayanan kesehatan modern bagi rumah sakit melalui sistem penyimpanan rekam medis berbasis digital. Pengelolaan dokumen rekam medis pasien berbasis digital dapat mempercepat akses dan pencarian rekam medis pasien.

  1. AVIAT Telemedis 

Telemedis merupakan salah satu jenis pelayanan kesehatan modern yang mengalami peningkatan pesat akibat wabah Covid-19. Namun meskipun pandemi sudah mulai mereda, kemudahan akses dan layanan yang praktis membuat masyarakat tetap menggunakan telemedis. Dilansir dari mckinsey.com, pemanfaatan telemedis tetap stabil pada angka 38 kali lipat dibanding sebelum pandemi, bahkan ketika fasilitas kesehatan telah membuka pelayanan secara normal.

AVIAT Telemedis merupakan platform yang memungkinkan rumah sakit menyediakan pelayanan kesehatan modern sesuai kebutuhan masyarakat. AVIAT Telemedis dilengkapi oleh beragam fitur seperti pendaftaran dan layanan konsultasi dokter online. Selain itu juga didukung dengan fitur pembayaran cashless untuk menciptakan layanan kesehatan jarak jauh yang sangat fleksibel.

  1. AVIAT AI for Health

Aplikasi ini merupakan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan akurasi diagnosis radiologi pada patah tulang, pneumonia, patologi, paru-paru, jantung dan hati. Dengan dukungan teknologi artificial Intelligence yang sudah diakui, AVIAT AI for Health dapat menjadi solusi modern untuk pelayanan kesehatan modern di rumah sakit Anda.

Berbagai platform aplikasi di atas dapat dimanfaatkan oleh rumah sakit untuk mewujudkan layanan kesehatan modern yang lebih cepat, efektif dan praktis. Bagi Anda yang tertarik untuk memahami lebih banyak tentang fitur dari platform aplikasi AVIAT, dapat menghubungi tim marketing AVIAT untuk berdiskusi lebih lanjut. (Septiani)

Similar Posts