Begini Cara Tepat Memulai Digitalisasi Rumah Sakit!
Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan strategi transformasi digital kesehatan tahun 2024. Dalam kebijakan tersebut, fokus manajemen fasilitas kesehatan dalam pengelolaan arsip rumah sakit berubah, dari yang awalnya hanya untuk pelaporan menjadi berorientasi pelayanan. Strategi transformasi digital yang telah ditetapkan pemerintah bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
Kebijakan tersebut menjadi tantangan bagi manajemen rumah sakit untuk mencari cara, agar arsip rumah sakit tidak hanya menumpuk di ruang penyimpanan saja, namun dapat dimanfaatkan dalam pelayanan kesehatan. Solusi untuk dapat mengoptimalisasi arsip layanan kesehatan adalah dengan melakukan digitalisasi rumah sakit. Strategi ini juga menjadi bagian dalam merespon tantangan era industri 4.0 sudah di depan mata
Cara Memulai Digitalisasi Rumah Sakit
Era industri 4.0 telah mendorong banyak industri untuk melakukan digitalisasi, tidak terkecuali bagi pada sektor kesehatan. Tidak dapat dipungkiri, digitalisasi rumah sakit merupakan hal yang baru. Meskipun demikian, sebenarnya digitalisasi di sektor kesehatan telah terjadi di sekitar kita. Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh besar dalam mendorong percepatan digitalisasi layanan kesehatan. Beberapa contoh bentuk dari digitalisasi ini adalah adanya aplikasi peduli lindungi, meningkatnya minat masyarakat terhadap layanan telemedis, dan tidak sedikit fasilitas kesehatan yang telah menerapkan digitalisasi pada layanannya.
Untuk menyambut strategi transformasi digital di tahun 2024 mendatang, jajaran manajemen rumah sakit perlu mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan mulai dari sekarang. Apabila manajemen masih menunda-nunda untuk melakukan digitalisasi rumah sakit, maka rumah sakit Anda akan tertinggal dari mereka yang sudah mulai bergerak mulai dari sekarang. Terlebih lagi jika rumah sakit ternyata belum siap ketika strategi transformasi digital kesehatan ini sudah mulai dijalankan, tentu akan menjadi kemunduran besar bagi manajemen.
Meskipun beberapa bentuk digitalisasi layanan kesehatan sudah dilakukan, digitalisasi rumah sakit tetaplah suatu hal yang baru. Tidak heran jika pada akhirnya manajemen masih bingung bagaimana cara untuk memulai transformasi digital ini. Apakah cukup dengan penggunaan komputer dan printer, atau dengan menggunakan teknologi yang serba canggih, atau ada cara yang lainnya?
Kini manajemen tidak perlu bingung lagi untuk memulai digitalisasi rumah sakit. Manajemen dapat bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan digital, misalnya AVIAT. AVIAT menyediakan berbagai sistem yang dapat mendukung keseluruhan digitalisasi rumah sakit yang terintegrasi, baik pada tataran manajemen maupun pelayanan kesehatan.
Mengapa AVIAT?
AVIAT telah didukung dengan berbagai layanan dan fitur yang lengkap. Berikut ini adalah beberapa platform AVIAT yang siap mendukung kebutuhan manajemen rumah sakit Anda:
1. Sistem Informasi Manajemen RS (SIMRS)
AVIAT SIMRS merupakan platform aplikasi yang dapat mendukung digitalisasi rumah sakit dengan integrasi semua informasi rumah sakit pada setiap unit layanan. Platform AVIAT SIMRS memungkinkan semua informasi layanan rumah sakit dapat diakses dengan mudah, cepat, dan menyeluruh. AVIAT SIMRS juga didukung dengan teknologi informasi terbaru dan interface yang menarik sehingga mudah digunakan.
2. Sistem Penyimpanan Digital Dokumen Rekam Medis (SIREM)
Rekam medis merupakan arsip yang sangat penting dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Rekam medis berisi tentang informasi riwayat medis pasien, yang dapat digunakan dalam melakukan diagnosis dan keputusan pengobatan pasien. Selama ini, rekam medis kertas kurang teroptimalkan dan cenderung tersimpan di gudang arsip. Dengan AVIAT SIREM, dokter dapat dengan mudah mencari data rekam medis maupun menambahkan rekam medis baru dari perangkat komputer di ruang pemeriksaan.
3. AVIAT Telemedis
Salah satu bentuk dari digitalisasi rumah sakit adalah dengan memberikan pilihan layanan pemeriksaan jarak jauh melalui perangkat digital atau yang biasa disebut dengan telemedis. Faktanya, layanan telemedis terus mengalami peningkatan sejak pandemi Covid-19 lalu. AVIAT Telemedis dapat menjadi solusi bagi rumah sakit untuk mengadakan layanan kesehatan jarak jauh.
4. Alat Antrean KIOSKA
KIOSKA merupakan aplikasi antrean digital. AVIAT KIOSKA dapat disesuaikan dengan kebutuhan rumah sakit. Proses instalasi yang mudah juga memungkinkan proses setting dapat dilakukan mandiri tanpa teknisi khusus.
Tidak perlu membayangkan proses implementasi yang terlalu rumit dan membingungkan karena platform AVIAT tidak menuntut proses instalasi dan siap digunakan. Bahkan AVIAT juga menyediakan layanan pendampingan bagi staf rumah sakit untuk membantu mempercepat proses pemahaman terhadap cara kerja aplikasi dan adaptasi sistem.
Tertarik untuk berdiskusi lebih banyak tentang digitalisasi rumah sakit dengan dukungan platform AVIAT? Hubungi tim marketing AVIAT untuk berkonsultasi lebih lanjut! (Septiani)