Fitur dan Manfaat Modul Patient Management pada AVIAT SIMRS

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) telah menjadi bagian penting bagi setiap fasilitas kesehatan (faskes) di era digital. SIMRS membantu rumah sakit dalam mencatat, mengumpulkan dan mengelola data keseluruhan proses manajemen rumah sakit secara terintegrasi. Salah satu modul penting dalam SIMRS adalah Modul Patient Management. Modul ini berfungsi untuk membantu rumah sakit dalam mengelola informasi pasien secara keseluruhan, meliputi data pasien rawat inap, rawat jalan, layanan gawat darurat, dan rekam medis.

Untuk memberikan dukungan yang semakin lengkap, AVIAT SIMRS telah menambahkan fitur baru pada Modul Patient Management, yaitu Fitur Medical Check Up (MCU) dan Fitur Appointment. Melalui penambahan fitur ini, AVIAT SIMRS berharap dapat memberikan dukungan yang semakin optimal terhadap rumah sakit guna mewujudkan pelayanan kesehatan yang semakin baik dan efisien.

Fitur Medical Check Up pada AVIAT SIMRS

Seleksi karyawan merupakan aktivitas rutin bagi setiap perusahaan. Salah satu tahapan penting dalam seleksi karyawan adalah pemeriksaan kesehatan atau MCU. Pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk memastikan karyawan yang direkrut dalam kondisi fisik dan kesehatan yang baik, sehingga dapat berkontribusi secara maksimal. Untuk memudahkan proses ini, perusahaan seringkali meminta rumah sakit atau faskes untuk melakukan MCU kepada calon karyawan.

Dalam melayani permintaan MCU dari perusahaan, faskes seringkali dihadapkan dengan ratusan atau bahkan ribuan data calon karyawan. Mencatat data pasien secara manual bukan hanya memakan waktu lama, tetapi juga meningkatkan risiko kesalahan. Fitur Medical Check Up pada Modul Patient Management memungkinkan impor data karyawan dalam file excel dari perusahaan. Dengan demikian, informasi karyawan dapat diunggah ke sistem secara otomatis dengan cepat tanpa harus mencatatnya secara manual.

Fitur Appointment

Saat ini, pemerintah mewajibkan pasien untuk melakukan pendaftaran pemeriksaan melalui JKN mobile BPJS. Fitur Appointment pada Modul Patient Management AVIAT SIMRS membantu rumah sakit untuk menerima pendaftaran pelayanan dari pasien, terutama untuk rawat jalan. Fitur ini mengintegrasikan sistem pendaftaran layanan pada rumah sakit dengan aplikasi Mobile JKN BPJS dan Jaksehat Dinkes. Dengan integrasi ini, proses pendaftaran pasien dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Manfaat Modul Patient Management pada AVIAT SIMRS

Dalam era modern, pengelolaan data pasien yang efisien dan akurat menjadi aspek penting dalam menentukan kepuasan pasien. Ditambahkannya dua fitur baru pada Modul Patient Management, yaitu Fitur Medical Check Up dan Fitur Appointment bertujuan untuk menciptakan administrasi MCU dan pendaftaran pasien lebih efisien, terorganisir, modern dan dapat memuaskan semua pihak.

Dengan fitur yang semakin lengkap, modul ini memungkinkan proses administrasi pasien yang menyeluruh dan cepat melalui sistem terintegrasi. Data pasien dapat dengan mudah diakses dan diperbarui oleh berbagai departemen atau tenaga medis yang terlibat dalam perawatan pasien. Informasi yang terintegrasi memungkinkan tim kesehatan untuk bekerja dengan lebih cepat dan memberikan perawatan yang lebih terkoordinasi, termasuk dalam merespon permintaan MCU perusahaan ataupun pendaftaran pemeriksaan pribadi.

Selain mewujudkan efisiensi, sistem yang terintegrasi juga mampu meminimalisir human error dalam mencatat dan mengelola data pasien, terutama ketika dihadapkan pada pencatatan ribuan data MCU calon karyawan perusahaan. Kesalahan dalam mencatat atau memproses informasi medis dapat menyebabkan kerugian bagi pasien atau perusahaan yang mengadakan MCU. Dengan Modul Patient Management ini, proses pencatatan dan pengelolaan data dilakukan secara otomatis, sehingga meningkatkan akurasi data dan mengurangi risiko kesalahan manusia.

Keuntungan lain yang didapat dari Modul Patient Management adalah terwujudnya manajemen data yang lebih teratur. Modul ini memungkinkan penyimpanan dan pengelolaan data pasien secara terstruktur dan terorganisir. Informasi medis seperti riwayat kesehatan, diagnosis, rencana perawatan, hingga hasil MCU dapat dikelola dengan cepat dan tepat. Hal ini memungkinkan tim medis untuk membuat keputusan yang lebih informasional dan mendukung dalam perawatan pasien, serta memberikan hasil pemeriksaan kesehatan pasien dengan cepat dan akurat. Dengan keuntungan-keuntungan ini, rumah sakit dapat mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan tanggap.

AVIAT SIMRS juga didukung dengan tampilan yang user-friendly, memastikan bahwa para tenaga kesehatan dapat dengan mudah beradaptasi dengan sistem sejak awal implementasi. Kemudahan dalam navigasi antarmuka sistem membantu meminimalisir hambatan atau gangguan yang mungkin timbul selama proses transformasi sistem. Dengan antarmuka yang intuitif, tenaga medis dapat dengan cepat memanfaatkan fitur-fitur baru seperti Fitur Medical Check Up dan Fitur Appointment pada Modul Patient Management tanpa mengalami kesulitan. AVIAT SIMRS tidak hanya menjadi solusi pengelolaan data pasien yang canggih, tetapi juga memprioritaskan pengalaman pengguna yang optimal untuk tenaga kesehatan, membantu mereka fokus pada pelayanan pasien yang lebih baik. Tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang cara kerja AVIAT SIMRS? Hubungi tim marketing AVIAT untuk request demo aplikasi! (Septiani)

Similar Posts