SIMRS Permudah Proses Bisnis, Modal Keuntungan Bisnis

SIMRS Permudah Proses Bisnis, Modal Keuntungan Bisnis

SIMRS – Lembaga Pelayanan Kesehatan seperti rumah sakit, klinik, laboratorium dan lainnya merupakan bagian dari sektor industri yang cukup berkembang di Indonesia. Tentu saja memiliki proses bisnis yang kompleks, apalagi bagi yang memiliki cabang di beberapa wilayah. Kebutuhan terhadap sebuah sistem yang terintegrasi menjadi cukup tinggi. Pemerintah pun telah mewajibkan penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dan memberikan akreditasi atas penerapannya.

Penerapan SIMRS tentunya untuk menunjang proses bisnis yang lebih optimal dan keutamaan layanan terhadap pasien. Contohnya, kebutuhan kecepatan saat bertransaksi dan dan pengambilan keputusan merupakan hal yang harus dijaga dalam memberikan sebuah pelayanan. Untuk itu, kebutuhan aplikasi SIMRS menjadi utama. Solusi SIMRS, dapat Anda peroleh melalui Aviat. Aviat  merupakan Sistem Manajemen Rumah Sakit yang terintegrasi dan mampu mendukung keseluruhan proses yang ada dalam pelayanan Rumah Sakit.

Produk Aviat terdiri atas:

  • Aviat SIMRS

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit merupakan solusi yang komprehensif yang mencakup seluruh aspek dalam bisnis rumah sakit. cakupan sistem yang lengkap meliputi informasi pasien, tagihan, keuangan dan akuntansi, informasi sumber daya, penjadwalan pertemuan, pemesanan resep farmasi, manajemen persediaan, kegiatan diagnostik yang berhubungan dengan laboratorium, radiologi dan lainnya secara terintegrasi yang pada akhirnya dapat menghasilkan peningkatan kualitas pelayanan.

Layanan Aviat

  • Aviat SAMRS

Dalam rangka membantu pihak manajemen rumah sakit untuk mengelola aset peralatan medik dengan baik, efektif dan efisien maka perlu adanya dukungan baik dari sarana dan prasarana, berupa software maupun hardware, dalam kaitannya dengan hal tersebut maka dengan ini kami memperkenalkan suatu Software Aplikasi bernama “Sistem Aset Manajemen Rumah Sakit” atau dikenal dengan nama (SAMRS) 

  • Mobile Apps (Antrean Online)

Dengan menghadirkan Mobile Apps, pasien kini tidak perlu bolak-balik ke rumah sakit untuk mengurus pendaftaran yang sering memakan waktu lama. Dengan terhubungnya aplikasi antrean online, setiap tahapan pendaftaran pasien, seperti verifikasi dan konfirmasi, dapat diproses dengan lebih cepat. Dengan tersimpan dan tercatatnya setiap histori konsultasi dan transaksi, pasien dapat lebih mudah untuk mengetahui informasi lengkap dari setiap aktivitas, mulai dari informasi penyakit, jadwal dokter, hingga rincian biaya

  • SIREM

SIREM adalah solusi total untuk rekam medis rumah sakit. Jika pengelolaan rekam medis di dalam rumah sakit dapat diselenggarakan dengan baik, maka peningkatan kualitas dan layanan rumah sakit akan tercapai.

Desain Proses Bisnis

Setiap Rumah Sakit tentunya memiliki prosedur yang berbeda beda di dalamnya, tentunya sistem yang dimiliki oleh Aviat akan mendukung proses bisnis yang berjalan dan disesuaikan dengan strategi, serta memasukkan unsur yang terlibat dalam komponen seperti manusia, prosedur, sarana dan peralatan, material, data, software, infrastruktur, dll.

Aviat tentunya juga dapat diterapkan  sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peraturan atau regulasi yang ada sebagaimana dipersyaratkan pemerintah untuk sistem di rumah sakit secara  jangka panjang.

Aplikasi yang terdapat dalam sistem Aviat sudah mencakup ruang lingkup dari proses bisnis pelayanan utama (front office) mulai dari pendaftaran dan penjadwalan dokter via aplikasi, integrasi data dari pelayanan dan tindakan untuk pasien, e-medical record hingga pelayanan administratif rumah sakit (back-office) serta pelayanan Sistem Aset Manajemen Rumah Sakit yang membantu dalam mengelola aset peralatan medik secara efisien melalui aplikasi.

Kelebihan dari aplikasi Aviat

  • Integrated System

Sistem yang terintegrasi secara keseluruhan dalam proses bisnis dari mulai proses bisnis pelayanan utama (front office) hingga pelayanan administratif rumah sakit (back-office).

  • Less Paper

Tentunya dengan menggunakan Aviat, akan berkurang juga penggunaan kertas karena semua diinput by system secara langsung serta data yang dihasilkan mudah didistribusikan secara menyeluruh. Dengan menggunakan layanan Aviat, Anda juga akan dibantu dalam  mengelola rekam medis rumah sakit  apabila belum dilakukan pembuatan rekam medis digital, yaitu dengan melakukan alih media dan memasukannya kedalam aplikasi sistem Rekam Medis. 

  • Computerized Physician Order Entry

Dokter dapat dengan mudah melakukan order entry data melalui aplikasi, seperti proses dokter meresepkan obat-obatan secara langsung melalui aplikasi dan pesanan tersebut akan langsung masuk ke bagian farmasi. Selain itu dapat melakukan  instruksi kepada perawat secara langsung untuk perawatan selanjutnya ke bagian laboratorium, mengurangi penggunaan kertas dan mempercepat pengambilan keputusan.

  • Early Warning System

Early Warning system dalam proses di rumah sakit, contohnya adalah pemberitahuan atau notifikasi di bagian Inventori Rumah sakit saat habisnya persediaan obat-obatan, secara langsung aplikasi akan muncul sebagai sebuah peringatan. 

  • Casemix Monitoring Based On Clinical Pathway

Aplikasi yang akan membantu rumah sakit untuk mengambil keputusan sesuai aturan, biaya, dan kontrol yang resumenya akan ditampilkan dalam bentuk grafik pada aplikasi. Sistem akan memonitor dan merangkum setiap langkah yang diberikan kepada pasien berdasarkan standar pelayanan medis dan asuhan keperawatan yang berbasis bukti dengan hasil yang terukur dan dalam jangka waktu tertentu selama di rumah sakit.

  • Scheduling, Online Registration

Pasien dengan mudahnya melakukan registrasi secara online dan apabila ada penjadwalan yang dilakukan oleh dokter dan akan diinfokan juga secara langsung melalui aplikasi. 

Selain memudahkan pasien, hal ini akan memudahkan tenaga medis dalam mengatur jadwal.

Keamanan Aplikasi

  • Akses IP local

Hanya pengguna yang dalam gedung rumah sakit tersebutlah yang dapat mengakses aplikasi dan distribusi data aplikasi

  • Menggunakan username & password

Setiap aplikasi didesain dengan menggunakan hak akses username & password masing-masing user.Proses bisnis rumah sakit ataupun lembaga pelayanan kesehatan lainnya akan lebih mudah dijalankan dan dikontrol menggunakan sistem yang ada dalam aplikasi Aviat ini. Selain itu, manajemen juga akan dipermudah dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan performansi layanan dan pencapaian bisnis. Bukan untuk memilih, tapi yakinlah hanya Aviat yang akan menjadi The Best Solution for Your Health Care Information System untuk Anda.

Similar Posts