Tingkatkan Kunjungan Pasien Lebih Banyak dengan Cara Ini!
Tingkatkan Kunjungan Pasien Lebih Banyak dengan Cara Ini

Tingkatkan Kunjungan Pasien Lebih Banyak dengan Cara Ini!

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Bagi bisnis pelayanan kesehatan, kunjungan pasien meningkat akan berdampak langsung pada peningkatan pendapatan dan juga kesejahteraan tenaga medis dan non-medis. Sayangnya, belum semua rumah sakit atau juga klinik mengetahui cara yang tepat dalam mendorong kunjungan pasien meningkat. Oleh karena itu, informasi berikut ini penting untuk Anda ketahui.

Apa saja sebenarnya cara agar kunjungan pasien meningkat? Berikut adalah ulasan selengkapnya!

Mengenal Telemedis sebagai Solusi Kunjungan Pasien yang Meningkat

Dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan, sebenarnya ada beberapa cara agar kunjungan pasien meningkat. Salah satunya melalui keberadaan telemedis yang berfungsi untuk melayani konsultasi kesehatan secara online. Dengan adanya telemedis, Anda dapat memperluas jangkauan layanan tidak hanya sebatas pada wilayah sekitar saja, tapi juga menjangkau pasien dari wilayah lainnya, bahkan hingga wilayah yang terpencil sekalipun. 

Perlu Anda ketahui, sebenarnya keberadaan telemedis sudah cukup lama dikenal dalam dunia medis. Bahkan sejarahnya dapat ditilik kembali pada era 1920-an. Pada masa itu, telemedicine telah digunakan oleh beberapa rumah sakit melalui jejaring radio, khususnya untuk kapal yang mengalami kondisi mendesak yang mengharuskan respon cepat yang berhubungan dengan nyawa awak kapal. Meskipun begitu, bukan berarti proses telemedicine pada saat itu berjalan mulus. Ada banyak kendala yang akhirnya harus dihadapi, mengingat radio dapat mengaburkan kejelasan informasi yang disampaikan. Hingga akhirnya, teknologi pun mulai berkembang dan internet membantu penyebaran informasi dengan cepat.

Aplikasi telemedis pun dapat lebih diandalkan. Salah satunya adalah solusi telemedis yang dikembangkan oleh Aviat, yang didesain khusus bagi rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan telemedis yang lebih baik. Informasi mengenai cara kerja telemedis dapat Anda temukan di sini.

Apakah Telemedis hanya Sebatas Konsultasi Dokter?

Banyak yang masih beranggapan bahwa peran telemedis dalam membantu kunjungan pasien meningkat hanya sebatas hanya bagi konsultasi dengan dokter semata. Padahal fungsinya lebih besar dari itu, karena peluang dalam telemedis sudah terbuka lebar. Ada beberapa pelayanan yang dapat dihadirkan bagi pasien dengan perantara aplikasi telemedis, yaitu:

1. Telefarmokologi

Pada dasarnya, praktik farmasi sebenarnya telah berlangsung sejak waktu yang lama. Bahkan profesi apoteker telah dikenal ribuan tahun lamanya. Dengan adanya telemedis, kunjungan pasien meningkat tidak hanya dapat ditujukan pada konsultasi dokter, tetapi juga membantu dokter dalam memberikan resep kepada apoteker melalui sistem yang telah terkomputerisasi, dengan beberapa fungsi antara lain:

  • Review pesanan resep dokter dari jarak jauh
  • Kontrol stok obat bersama manajemen rumah sakit
  • Konsultasi pengobatan dengan pasien
  • Penebusan obat secara online

2. Teleradiologi

Peluang lain dalam pengaplikasian telemedis juga dapat diperluas dalam praktik radiologi. Dengan perkembangan radiologi yang dapat menggunakan data digital dengan alat yang disebut digitizer, kunjungan pasien meningkat juga dapat diarahkan para laboratorium radiologi pada rumah sakit yang Anda kelola. Bahkan staf radiologi sudah mempromosikan penggunaan standar Digital Imaging and Communications in Medicine (DICOM), yang dapat disampaikan kepada pasien secara online hanya dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Dengan begitu, distribusi informasi dengan departemen rumah sakit lainnya dapat berlangsung lebih cepat.

3. Telepatologi

Dibandingkan dengan teleradiologi, keberadaan telepatologi masih jarang diketahui. Adapun telepatologi merujuk pada kegiatan yang berhubungan dengan digitalisasi pencitraan patologi bagi kebutuhan perawatan pasien. Tentunya hal ini juga dapat membantu penelitian suatu penyakit, contohnya seperti COVID-19 yang masih terus diteliti lebih lanjut. Dengan adanya telepatologi, gambar atau citra patologi dapat didistribusikan dengan lebih cepat dan akurat, tanpa adanya kompresi data yang dapat mengaburkan informasi yang terkandung di dalamnya. Lewat cara ini pula penelitian terhadap pandemi dapat dilakukan lebih luas dan cepat, yang berujung pada ditemukannya vaksin hanya dalam kurun waktu setahun saja.

Aplikasi Telemedis yang Tepat untuk Meningkatkan Kunjungan Pasien

Selain mengetahui pentingnya peran dan peluang telemedis dalam membantu kunjungan pasien meningkat, tentunya Anda juga perlu mengetahui tentang aplikasi telemedis yang tepat. Dengan adanya banyak vendor yang menyediakan sistem telemedis, tentunya tidak semua dapat Anda andalkan. Oleh karena itu, percayakan saja pengembangan sistem dan aplikasi telemedis yang Anda butuhkan pada Aviat.

Aviat merupakan solusi satu atap yang telah lebih dahulu dikenal dengan solusi SIMRS, SAMRS, SIREM, dan juga aplikasi antrean online yang dapat membantu rumah sakit dan klinik dalam meningkatkan efisiensi pelayanan. Kini, Aviat juga hadir dengan solusi telemedis, agar kunjungan pasien meningkat drastis. Kelebihan dari solusi telemedis dari Aviat adalah kemampuan dalam akses yang dapat dilakukan dari mana saja, dengan memanfaatkan aplikasi berbasis website atau juga smartphone, sehingga jangkauan layanan menjadi lebih luas. Selain itu, Aviat juga menyediakan kemampuan kustomisasi sesuai kebutuhan. Dengan begitu, biaya investasi yang dikeluarkan lebih terjangkau.

Tertarik mengetahui lebih lanjut tentang solusi telemedis dari Aviat? Temukan informasi selengkapnya dengan menghubungi tim marketing Aviat sekarang juga! (Pradana)

Tinggalkan Balasan