Sudah Beralih ke E-MR? Digitalisasikan Rekam Medis Lama Anda dengan SIREM
Sudah Beralih ke E-MR Digitalisasikan Rekam Medis Lama Anda dengan SIREM

Sudah Beralih ke E-MR? Digitalisasikan Rekam Medis Lama Anda dengan SIREM

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Digitalisasi rekam medis merupakan topik yang seringkali memantik keingintahuan dari manajemen rumah sakit, karena dapat menjadi solusi untuk efisiensi penggunaan rekam medis. Meskipun begitu, masih ada pula pihak yang menyangsikan kegunaannya, karena dianggap membutuhkan investasi yang cukup besar atau sulitnya SDM yang dimiliki untuk adopsi lebih lanjut.

Untuk itu, bagi Anda yang berencana untuk beralih menggunakan rekam medis digital atau E-Medical Record (E-MR), maka pengetahuan tentang digitalisasi rekam medis ini penting untuk diketahui. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Mengapa Harus Melakukan Digitalisasi Rekam Medis?

Tahukah Anda, di Indonesia penggunaan E-MR sebenarnya sudah cukup luas. Bahkan salah satu rumah sakit besar di Surabaya, yaitu RSUD Dr. Soetomo sudah melakukan digitalisasi rekam medis sejak tahun 2010, tepatnya pada instalasi rawat jalan rumah sakit. Dengan adanya digitalisasi rekam medis, manajemen RSUD Dr. Soetomo mampu mengintegrasikan E-MR yang dimiliki dengan SOP yang dimiliki, sehingga data yang dihimpun lebih valid, ringkas dan siap digunakan setiap saat. Tentunya, rekam medis lama yang masih dibutuhkan pun tetap aman dari bahaya kehilangan, karena sudah disimpan dalam format digital yang tahan lama dan dapat dipindahkan melalui berbagai media.

Selain itu, pemerintah Indonesia melalui Permenkes Nomor 269 Tahun 2008 juga telah menyebutkan bahwa rekam medis yang dimiliki oleh penyelenggara kesehatan dapat disimpan melalui beberapa metode, mulai dari rekam medis tertulis hingga yang dicatat secara digital. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan aspek legalitas digitalisasi rekam medis. Dengan adopsi digitalisasi yang lebih dini, tentunya manfaat yang Anda dapatkan juga terasa lebih cepat.

Adapun beberapa manfaat digitalisasi rekam medis yang perlu Anda ketahui adalah:

  • Peningkatan efisiensi, karena tidak lagi membutuhkan SDM terlalu banyak untuk mengelola rekam medis fisik, sehingga berpengaruh pula pada efisiensi biaya.
  • Peningkatan produktivitas, karena distribusi informasi rekam medis dapat dilakukan dengan cepat dan akurat, maka tenaga kesehatan pun dapat melayani pasien dengan lebih baik.
  • Tingkat akurasi yang lebih tinggi, karena informasi direkam secara digital, maka bias informasi pun dapat dihindari,  sehingga data yang disajikan dapat lebih diandalkan.
  • Penyimpanan lebih ringkas, tidak membutuhkan ruangan yang cukup besar untuk menyimpan rekam medis lama. Apalagi jika Anda menggunakan SIREM yang berbasis website, tentunya penyimpanan data 100% dilakukan secara digital.

Berkenalan dengan SIREM, Solusi Cerdas untuk Digitalisasi Rekam Medis

Setelah mengetahui pentingnya digitalisasi rekam medis, Aviat ingin mengajak Anda untuk berkenalan dengan salah satu solusi yang dimiliki, yaitu Sistem Rekam Medis (SIREM). Perlu Anda ketahui, SIREM merupakan aplikasi yang didesain khusus oleh Aviat untuk membantu manajemen rumah sakit dan juga tenaga kesehatan dalam mengelola rekam medis secara online.

Ada beberapa kelebihan yang Anda dapatkan jika berencana melakukan digitalisasi rekam medis menggunakan solusi SIREM dari Aviat, yaitu:

  • Akses aplikasi dari mana saja, karena SIREM dilengkapi dengan aplikasi berbasis website yang memungkinkan Anda untuk memperoleh informasi rekam medis tanpa melakukan instalasi aplikasi software pada laptop atau komputer, cukup melalui browser yang biasa digunakan.
  • Keamanan lebih terjamin, dengan adanya sistem enkripsi terkini, informasi digitalisasi rekam medis lebih aman dari pihak yang bertanggung jawab.
  • Maintenance online, yaitu solusi untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi dengan berkonsultasi bersama tim ahli yang siap melayani keluhan Anda kapan saja.
  • Cakupan paket yang lebih lengkap, konsultasi permasalahan rekam medis, alih media atau digitalisasi rekam medis, penyelamatan dan pengendalian informasi rekam medis lama, hingga pembuatan aplikasi SIREM dengan fitur sesuai kebutuhan Anda.

Itulah tadi penjelasan mengenai manfaat digitalisasi rekam medis untuk rekam medis dan juga perkenalan tentang solusi SIREM bagi rumah sakit yang Anda kelola. Tertarik untuk mengenal lebih lanjut mengenai solusi termutakhir dari Aviat ini? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Tinggalkan Balasan