Lengkapi SIMRS Anda dengan Telemedis
Lengkapi SIMRS Anda dengan Telemedis

Lengkapi SIMRS Anda dengan Telemedis

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Tahukah Anda? Telemedis yang melengkapi penerapan SIMRS yang Anda miliki karena dapat membantu rumah sakit dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dengan adanya SIMRS dan juga aplikasi telemedis, tentunya Anda dapat menggunakannya dengan lebih maksimal, termasuk untuk mengoptimalkan laba pada rumah sakit Anda. Dengan SIMRS, Anda dapat memaksimalkan layanan kepada pasien dan melengkapinya dengan aplikasi telemedis akan  memperluas jangkauan layanan Anda.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat menerapkan  SIMRS sekaligus melengkapi dengan penerapan sistem telemedis dari sisi bisnis dan juga pelayanan kesehatan? Untuk informasi selengkapnya, simak penjelasan berikut ini!

Pentingnya Melengkapi penerapan SIMRS dengan Telemedis

Perlu Anda ketahui, keberadaan telemedis sangat membantu manajemen rumah sakit dan juga pasien dalam menghadapi kondisi yang tidak menentu, contohnya seperti pandemi COVID-19 yang masih belum usai di seluruh dunia. Telemedis mampu membantu pasien yang berada pada wilayah terpencil dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Sementara itu, bagi manajemen rumah sakit tambahan aplikasi telemedis pada pelayanan yang dimiliki dapat menambah nilai jual rumah sakit yang berdampak pada penambahan pendapatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Selain itu, penerapan SIMRS dan melengkapinya dengan penerapan telemedis juga dapat  mempermudah kinerja tenaga kesehatan, karena mereka tidak perlu membuka banyak aplikasi untuk melaksanakan tugasnya. Contohnya, jika dokter membutuhkan rekam medis pasien, maka dokter yang bertugas dapat melengkapi kemampuan konsultasinya bersamaan dengan keberadaan aplikasi telemedis, agar solusi yang ditawarkan lebih lengkap. Tentunya hal ini dapat berdampak pada kualitas dan efisiensi pelayanan yang Anda hadirkan.

Aspek Legalitas Telemedis di Indonesia

Bagi Anda yang masih khawatir dengan legalitas penggunaan telemedis di tanah air, maka perlu dipahami bahwa pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga telah mengatur penggunaannya secara khusus melalui Permenkes Nomor 20 Tahun 2019. Pada peraturan tersebut disebutkan tentang tata cara penyelenggaraan pelayanan telemedicine antar fasilitas pelayanan kesehatan.

Adapun poin-poin penting pada Permenkes Nomor 20 Tahun 2019 yang perlu Anda pahami meliputi beberapa hal, yaitu:

  • Pelayanan telemedicine meliputi konsultasi untuk memberikan diagnosa terhadap gejala, terapi, dan/atau pencegahan penyakit bersama dokter.
  • Pelayanan telemedicine harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang dapat menunjukkan izin praktik pada fasilitas pelayanan kesehatan yang Anda kelola.
  • Wajib memenuhi persyaratan sumber daya manusia, aplikasi, sarana, prasarana, dan juga peralatan yang telah ditentukan.
  • Penyelenggara pelayanan kesehatan dapat menggunakan sistem telemedis yang dimiliki pemerintah atau yang dikembangkan sendiri. Dalam hal penggunaan yang dikembangkan sendiri, maka sistem tersebut harus dapat diintegrasikan dengan Kementerian Kesehatan.

Memilih Vendor yang Menyediakan Aplikasi Telemedis

Mengingat penerapannya yang semakin meningkat sejak pertama kali dikenalkan pada tahun 2005, kini aplikasi telemedis telah banyak digunakan oleh banyak bisnis pelayanan kesehatan pada berbagai skala, mulai dari puskesmas, klinik, hingga rumah sakit. Akan tetapi, tidak selamanya memilih sistem telemedis milik pemerintah menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Jika saat ini Anda sedang mencari vendor yang menyediakan pengembangan aplikasi telemedis yang dapat melengkapi solusi SIMRS yang Anda gunakan, maka Aviat dapat menjadi solusinya.

Perlu Anda ketahui, Aviat merupakan vendor yang menyediakan solusi pengembangan aplikasi telemedis bagi rumah sakit dan juga klinik. Sebelumnya, Aviat telah terlebih dahulu dikenal sebagai penyedia solusi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang terpercaya. Oleh karena itu, Anda dapat mempercayakan kebutuhan aplikasi SIMRS dan juga telemedis kepada Aviat.

Bagi Anda yang belum memiliki SIMRS, maka Aviat tersedia dalam beberapa paket yang dapat Anda pilih sesuai anggaran dan juga kebutuhan untuk melengkapi aplikasi telemedis, yaitu:

  • Paket light, merupakan paket starter bagi Anda yang ingin mencoba penerapan SIMRS pada skala yang lebih kecil dengan biaya yang lebih hemat. Paket ini dilengkapi dengan 19 modul utama, mulai dari registrasi pasien, farmasi, pelaporan keuangan, dan masih banyak lagi.
  • Paket standard, merupakan paket lanjutan yang cocok digunakan oleh klinik pratama atau rumah sakit dengan jumlah layanan yang lebih banyak, karena dilengkapi dengan 28 modul yang lebih lengkap, mulai dari manajemen aset, manajemen rekam medis digital, hingga mobile app yang dapat digunakan untuk mengelola antrean online.
  • Paket enterprise, merupakan paket SIMRS bagi rumah sakit dengan jumlah data yang lebih kompleks. Sangat cocok bagi rumah sakit yang memiliki banyak cabang di wilayah lain, karena dilengkapi dengan 37 modul, mulai dari human resources, anatomi patologi, customer satisfaction dan masih banyak lagi. 

Jadi, jika saat ini Anda sedang mencari vendor yang menyediakan solusi SIMRS dan juga aplikasi telemedis, percayakan saja pada Aviat. Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya!(Pradana)

Tinggalkan Balasan