Revitalisasi Pelayanan Kesehatan Migrasi dari Booking Manual ke Solusi Berbasis Teknologi

Di tengah teknologi yang terus berkembang, pelayanan kesehatan modern menjadi jawaban untuk mempercepat dan mempermudah proses pelayanan pasien. Bahkan saat ini, proses pendaftaran hingga pembayaran di rumah sakit menjadi lebih mudah dengan kehadiran teknologi dari AVIAT SIMRS.

Perubahan besar kian terasa dalam industri kesehatan, berbagai inovasi hadir mengubah proses pelayanan yang sebelumnya konvensional menjadi digital. Digitalisasi dalam sektor kesehatan ini pun tidak hanya memudahkan petugas kesehatan tetapi juga memberikan dampak baik pada kemudahan akses kesehatan oleh masyarakat. 

Manfaat Teknologi dalam Pelayanan Kesehatan Modern

Teknologi telah mengubah sistem dan praktik di industri pelayanan kesehatan. Sebelumnya untuk mendapatkan layanan kesehatan pasien mungkin harus mengantre dari subuh, tetapi dengan kemajuan teknologi terjadi perubahan bentuk layanan menjadi lebih efektif, efisien, dan mudah diakses oleh masyarakat.

Hampir seluruh aspek pelayanan kesehatan kini telah tersentuh teknologi. Adapun beberapa perubahan berkat hadirnya teknologi dalam sistem pelayanan kesehatan, meliputi:

  1. Telemedisin

Masa pandemi COVID-19 yang pernah melanda Indonesia di awal tahun 2020, menjadi awal mula layanan telemedisin semakin dikenal luas. Pandemi membuat kebiasaan bertatap muka harus dibatasi, akhirnya telemedisin menjadi solusi pelayanan kesehatan modern yang dapat memudahkan pasien berkomunikasi dengan penyedia layanan kesehatan melalui platform digital.

Meskipun aktivitas saat pandemi dibatasi tapi dengan telemedisin orang masih melakukan konsultasi kesehatan secara online. Petugas kesehatan pun dapat memanfaatkan kehadiran pelayanan kesehatan modern ini untuk memantau kondisi pasien secara realtime.

  1. Big data

Hadirnya teknologi membuat penggunaan dan penyimpanan data dalam jumlah yang lebih besar menjadi lebih mudah. Dengan demikian, data yang ada dapat dimanfaatkan untuk memprediksi penyakit, menunjang diagnosis agar lebih akurat, dan memberikan perawatan terbaik.

Teknologi big data juga memegang peranan penting dalam penerapan rekam medis elektronik. Adanya sistem big data membuat seluruh riwayat pengobatan, mulai dari diagnosis, tindakan, hingga obat yang diberikan kepada pasien tercatat dengan baik. Pelayanan kesehatan modern ini juga membuat seluruh data saling terhubung dan dapat diakses demi memudahkan proses pelayanan kesehatan.

  1. Kecerdasan buatan (AI)

Teknologi kecerdasan buatan (AI) juga memiliki peran penting dalam pelayanan kesehatan modern. Saat ini, tidak sedikit instansi kesehatan yang memanfaatkan AI untuk membantu mengembangkan obat, diagnosis pasien, dan memberikan rekomendasi perawatan. 

  1. Perangkat yang saling terhubung

Beberapa rumah sakit telah mengadopsi teknologi yang dapat membantu proses pemantauan kondisi kesehatan pasien secara real time melalui perangkat pintar yang saling terhubung. Kemajuan ini merupakan langkah perubahan signifikan yang dapat membuat petugas kesehatan segera memberikan tindakan apabila kondisi pasien menurun.

Selain itu, teknologi juga memudahkan pasien untuk mendapatkan layanan medis atau melakukan pendaftaran secara online melalui gadget yang mereka miliki. Dengan demikian, pelayanan kesehatan modern tidak hanya memberikan manfaat bagi pelaku industri kesehatan, tetapi juga bagi masyarakat.

Dari berbagai teknologi yang telah diaplikasikan dalam sistem pelayanan kesehatan modern, dapat terlihat bahwa teknologi membuat akses layanan kesehatan menjadi lebih cepat dan mudah, bahkan pasien juga bisa melakukan booking secara online. Selain itu, teknologi juga mampu meningkatkan mutu rumah sakit karena pelayanan kesehatan yang lebih baik dan efisien. 

Namun, untuk mengadopsi sistem pelayanan kesehatan modern ke dalam rumah sakit yang Anda kelola tidaklah mudah. Anda perlu memilih vendor terpercaya yang telah berpengalaman untuk membangun sistem manajemen rumah sakit yang memadai.

Memilih AVIAT dapat menjadi solusi jika Anda ingin menerapkan teknologi terbaik dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di rumah sakit yang Anda kelola. Selain karena ditangani oleh vendor terpercaya, sistem ini dirancang AVIAT dengan teknologi terbaru dan tampilan yang menarik serta mudah digunakan. Tertarik untuk menghadirkan sistem pelayanan kesehatan modern di rumah sakit Anda? Segera hubungi tim marketing AVIAT untuk mendapatkan informasi selengkapnya! (Sherlya)

Similar Posts