Rahasia Tingkatkan Kapasitas Layanan Klinik Tanpa Rekrutmen
Seiring berkembangnya bisnis klinik yang Anda kelola, Anda harus semakin siap untuk dapat melayani lebih banyak pasien setiap harinya. Meskipun semakin banyak jumlah pasien mengindikasikan semakin banyak pemasukan bagi klinik Anda, di sisi lain hal tersebut menjadi tantangan dalam memberikan pelayanan klinik, khususnya untuk meningkatkan kapasitas layanan klinik.
Ketidakmampuan kapasitas layanan klinik mengimbangi jumlah pasien dapat mengakibatkan berbagai masalah. Salah satu diantaranya adalah menyebabkan antrean pemeriksaan yang panjang. Kondisi tersebut akan menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi pasien, terutama bagi mereka yang dalam kondisi badan yang sangat tidak fit.
Lebih buruknya lagi, kapasitas layanan klinik yang tidak mumpuni dan mengakibatkan penolakan pasien. Hal ini tentu menjadi masalah serius bagi klinik, serta menyebabkan rasa tidak puas bagi pasien. Dampak paling buruk, citra klinik di mata pasien menjadi negatif dan hal tersebut menghambat perkembangan klinik kedepannya.
Apakah Menambah Karyawan Merupakan Satu-Satunya Solusi?
Ketika dihadapkan dengan permasalahan kapasitas layanan klinik yang kurang, mayoritas mungkin berpikir untuk menambah jumlah staf. Bertambahnya staf medis secara otomatis akan meningkatkan kapasitas layanan klinik. Padahal, penambahan dokter atau staf klinik tidak selalu menjadi solusi yang paling efektif. Alih-alih mengembangkan kapasitas layanan, hal tersebut justru berpotensi menimbulkan beban pengeluaran yang tidak sepadan.
Ketika klinik menghadapi jumlah pasien yang semakin meningkat, pengembangan kapasitas klinik akan menjadi salah satu yang dipertimbangkan. Sayangnya, menambah tenaga medis dan staf baru tidak sesederhana itu. Manajemen harus menghitung besarnya kapasitas manajemen, koordinasi, ruang kerja, serta tentunya beban pengeluaran. Jika pemasukan yang didapatkan ternyata tidak sepadan dengan beban pengeluaran untuk semua staf, menambah karyawan justru menimbulkan permasalahan baru bagi klinik Anda. Jadi, apakah Anda masih meyakini bahwa menambah staf medis merupakan satu-satunya solusi untuk meningkatkan kapasitas layanan klinik?
Mewujudkan Efisiensi Layanan
Menciptakan efisiensi merupakan strategi yang diterapkan pada setiap perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan. Ketika sebuah perusahaan berhasil menciptakan efisiensi bisnis, berarti perusahaan tersebut dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk menghasilkan output yang seoptimal mungkin.
Efisiensi juga dapat menjadi solusi bagi klinik untuk dapat meningkatkan kapasitas layanan klinik meskipun tanpa melakukan rekrutmen staf tambahan. Ketika sebuah klinik berhasil menerapkan efisiensi layanan, durasi waktu yang dibutuhkan untuk melayani satu pasien akan menjadi lebih cepat. Hal ini otomatis dapat meningkatkan jumlah pasien yang dapat dilayani setiap harinya, meski dengan jam operasional dan jumlah staf medis yang sama.
Digitalisasi Tingkatkan Kapasitas Layanan Klinik
Perkembangan teknologi telah membawa perubahan dunia industri di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Berbagai sektor telah berbondong-bondong mempersiapkan diri untuk menghadapi era industri 4.0 dengan melakukan transformasi digital. Berbagai sektor bisnis mulai mengaplikasikan teknologi dalam operasional perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan.
Bagi penyedia layanan kesehatan, era 4.0 telah menghadirkan aplikasi layanan klinik, yang solutif namun lebih efisien. Kapasitas klinik dapat meningkat, tanpa memunculkan biaya untuk gaji staf medis baru. Dengan menggunakan aplikasi layanan klinik, manajemen klinik dapat meningkatkan kapasitas layanan klinik tanpa harus pusing tentang perekrutan petugas baru.
Aplikasi klinik dapat meningkatkan efisiensi proses kerja administrasi klinik. Berbagai pekerjaan administrasi mulai dari pendaftaran, rekam medis, pemeriksaan, hingga pembayaran dapat dipersingkat dengan sistem arsip digital yang jauh lebih cepat dan mudah, baik oleh petugas maupun dokter. Kemudahan dokter dalam mengakses data medis pasien juga dapat membuat penanganan pasien juga menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Dokter dapat langsung melihat data rekam medis pasien dari ruang pemeriksaan, serta mengirimkan resep pasien ke bagian farmasi secara langsung.
Efisiensi proses ini akan membuat waktu pelayanan menjadi jauh lebih cepat dan memudahkan pasien. Dengan durasi pemeriksaan yang lebih cepat, secara otomatis klinik dapat menangani jumlah pasien yang lebih banyak, tanpa harus memikirkan tentang penambahan petugas atau staf. Terlebih jika klinik menggunakan aplikasi yang juga dilengkapi dengan fitur pendukung untuk unit farmasi seperti AVIAT SIMKlinik. Hal tersebut akan meningkatkan efisiensi administrasi dari awal pendaftaran hingga penebusan resep.
Bagaimana jika klinik tidak dilengkapi dengan bagian farmasi? Maka Anda dapat menggunakan modul AVIAT SIMKlinik versi light. Modul ini didesain tanpa bagian farmasi, sehingga akan memberikan dukungan secara efektif sesuai kebutuhan klinik. Diskusikan lebih lanjut kebutuhan Anda dengan tim marketing AVIAT untuk informasi selengkapnya! (Septiani)