Implementasi SIMRS Terintegrasi Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Layanan Medis
Produktivitas dan efisiensi layanan kesehatan merupakan dua hal yang sangat penting dalam sektor pelayanan kesehatan. Semakin cepat dan efisien layanan kesehatan dapat diberikan kepada pasien, maka semakin banyak pasien yang dapat ditangani. Penggunaan teknologi Sistem Informasi Manajemen (SIMRS) menjadi salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi layanan fasilitas kesehatan (faskes). Dengan SIMRS terintegrasi, data dan informasi medis dapat diakses dengan cepat dan lengkap.
Dengan SIMRS, seluruh departemen di rumah sakit seperti administrasi, pendaftaran, keuangan, perawatan pasien, laboratorium, radiologi, dan farmasi dapat saling terhubung dan berbagi data dan informasi medis secara terintegrasi. Hal ini memungkinkan tenaga medis untuk dapat menyelesaikan tugas administratif mereka dengan cepat.
Administrasi Habiskan Waktu Kerja Tenaga Medis
SIMRS terintegrasi mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi layanan faskes melalui otomatisasi proses administrasi. Dengan begitu, pekerjaan administrasi dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Dampaknya, waktu yang biasa dihabiskan untuk tugas-tugas administratif dapat berkurang dan dialihkan ke layanan medis yang lebih penting.
Administrasi merupakan salah satu aspek penting dalam pengelolaan faskes dan pelayanan kesehatan. Namun, administrasi faskes justru terkadang menjadi faktor yang menghambat produktivitas dan efisiensi layanan kesehatan. Petugas medis justru dibebankan dengan berbagai pekerjaan administrasi yang memakan waktu, seperti pengisian formulir, pengarsipan dokumen, dan tugas-tugas administratif lainnya.
Dilansir dari www.ncbi.nlm.nih.gov, setiap harinya perawat menghabiskan 147,5 menit (35,3%) waktu kerjanya untuk melakukan pekerjaan dokumentasi. Hasil yang serupa juga dipaparkan dalam Laporan Kompensasi Dokter Medscape pada tahun 2018, dimana hampir sepertiga dokter menghabiskan 20 jam atau lebih waktu kerja mereka dalam seminggu hanya untuk mengelola dokumen dan tugas administrasi.
Bagaimana SIMRS Dalam Mewujudkan Efisiensi Layanan?
Dengan menerapkan SIMRS terintegrasi, semua data faskes baik yang berhubungan dengan pasien maupun operasional layanan faskes disimpan secara digital pada sistem penyimpanan yang terpusat. Hal ini memudahkan tenaga medis dalam mengakses berbagai data yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga mampu menghemat waktu dalam mengumpulkan dan mencari data layanan yang diperlukan.
SIMRS terintegrasi juga dapat meringankan pekerjaan administratif tenaga medis. Dengan dukungan berbagai fitur pengelolaan data, SIMRS akan mengotomatisasi tugas-tugas administratif seperti penginputan data pasien, pembuatan janji temu pasien, manajemen inventaris obat, pembuatan tagihan, dan lain-lain. Hal ini memungkinkan pelayanan pasien dapat dilakukan dengan lebih cepat.
Ketika tenaga medis dapat menyelesaikan pekerjaan administrasi dengan lebih cepat, itu berarti lebih banyak waktu yang tersisa untuk melakukan pekerjaan lainnya. Hal ini secara otomatis akan meningkatkan produktivitas dan kapasitas kerja mereka, saat petugas medis dapat melayani lebih banyak pasien dalam waktu kerja yang sama. Di sisi lain, otomatisasi proses yang diwujudkan dari penerapan SIMRS terintegrasi juga akan mengurangi kesalahan dalam pengelolaan data dan pekerjaan administratif lainnya.
Manfaat SIMRS Bagi Faskes
Selain memungkinkan tenaga medis untuk bekerja dengan lebih cepat, SIMRS terintegrasi juga dapat meningkatkan akurasi dan efektifitas pelayanan. Dengan data yang terintegrasi, dokter dapat mengakses data riwayat medis pasien secara lengkap, cepat dan akurat. Dengan begitu, dokter dan perawat juga dapat melakukan proses diagnosis dan pengobatan dengan lebih cepat, memperbaiki pengambilan keputusan klinis yang lebih baik, serta memastikan pasien mendapat perawatan yang tepat dan cepat.
Implementasi SIMRS terintegrasi juga memberikan manfaat pada sisi manajemen. SIMRS dapat menghasilkan laporan dan analisis yang berguna bagi manajemen rumah sakit dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Hal ini dapat membantu manajemen untuk memonitoring kinerja layanan faskes dan menemukan titik layanan yang masih dapat diperbaiki. Selain itu, ketersediaan data yang lengkap dan akurat juga akan mempermudah manajemen dalam melakukan perbaikan layanan secara tepat dan efektif.
Untuk memastikan implementasi SIMRS terintegrasi yang sukses, faskes harus memilih aplikasi SIMRS yang handal dan aman seperti AVIAT SIMRS. AVIAT SIMRS didesain dengan dukungan berbagai fitur canggih terkini dan sistem keamanan yang memadai, seperti fitur pembatasan hak akses dan enkripsi data. Selain itu, AVIAT SIMRS juga didukung dengan layanan pelanggan yang responsif dan berpengalaman, sehingga dapat membantu faskes dalam proses implementasi dan penggunaan aplikasi SIMRS. Dengan memilih AVIAT SIMRS, faskes dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kualitas layanan kesehatan, serta memastikan privasi dan keamanan data pasien tetap terjaga.
Untuk memahami cara kerja AVIAT SIMRS lebih lanjut, segera hubungi tim marketing AVIAT dan request demo aplikasi! (Septiani)