Tips Mengoptimalkan Telemedis dengan Interasi Omnichannel

4 Tips Mengoptimalkan Efektivitas Telemedis dengan Integrasi Omnichannel

Perkembangan teknologi mendorong transformasi digital di berbagai bidang industri, tidak terkecuali dalam industri layanan kesehatan. Pengelola fasilitas kesehatan masyarakat kini berbondong-bondong mulai mengintegrasikan layanan kesehatan dengan teknologi digital yang memungkinkan pemeriksaan jarak jauh (telemedis).

Meningkatnya penggunaan layanan telemedis tidak lepas dari pandemi Covid-19 yang mewabah dunia beberapa tahun belakang. Menurut Survei Wawasan Kesehatan Konsumen yang dilakukan McKinsey pada Juni 2021, sekitar 40 hingga 60 persen masyarakat menyatakan ketertarikan dan minat terhadap layanan telemedis yang lebih luas di masa mendatang. Masih dalam penelitian yang sama, penggunaan telemedis setelah pandemi juga menunjukkan peningkatan hingga 38 kali lipat dibanding sebelum pandemi.

Tingginya antusias dan ekspektasi masyarakat terhadap layanan telemedis di masa mendatang harus direspon oleh penyedia layanan kesehatan dengan dengan meningkatkan kepraktisan dan efektivitas telemedis. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk memenuhi ekspektasi tersebut adalah menerapkan integrasi telemedis dengan sistem omnichannel. Itulah sebabnya kami mengulas secara khusus melalui artikel ini, 4 tips yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan efektivitas integrasi telemedis dengan omnichannel.

Pilih Aplikasi yang Mudah Diintegrasikan

 Prinsip utama dalam penerapan sistem omnichannel adalah memberikan kemudahan dan kecepatan akses data sehingga mampu menciptakan customer experience. Dalam aplikasinya, aspek kecepatan akses data dan integrasi informasi menjadi hal yang penting. Tanpa dukungan platform omnichannel yang mendukung hal tersebut, efektivitas telemedis sulit dicapai. Pelanggan justru merasakan pengalaman negatif karena lambatnya akses data.

Untuk mendukung efektivitas telemedis yang terintegrasi dengan omnichannel, salah satunya dilakukan dengan memilih platform aplikasi yang mudah diintegrasikan dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Berbagai fitur pendukung layanan rumah sakit juga perlu diperhatikan sebagai nilai tambah yang akan meningkatkan efektivitas telemedis. Dengan pilihan aplikasi yang tepat, seluruh data pemeriksaan dapat disimpan secara online dalam satu tempat, dan memudahkan akses data ketika pasien mengunjungi rumah sakit secara langsung.

Sistem dengan Berbagai Pilihan Channel

Fungsi utama yang ditawarkan oleh sistem omnichannel adalah berbagai tawaran channel komunikasi bagi pasien. Setiap pasien memiliki preferensi channel layanan yang berbeda-beda. Sebagian lebih suka untuk mendapatkan layanan kesehatan melalui fitur chat, sebagian lainnya mungkin lebih suka dengan layanan melalui channel telepon maupun video call.

Keberagaman preferensi masyarakat terhadap channel komunikasi dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti umur, kebiasaan hingga pengetahuan teknologi. Untuk dapat memperluas jangkauan pasar, menyediakan berbagai alternatif channel komunikasi menjadi hal yang krusial untuk dapat meningkatkan efektivitas telemedis. Itulah sebabnya, dalam memilih aplikasi telemedis, pahami dengan baik setiap alternatif channel yang disediakan di dalamnya.

Menawarkan Berbagai Metode Pembayaran

 Di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat, mendorong munculnya berbagai perusahaan fintech yang menyediakan metode pembayaran yang praktis dan cepat. Hal ini mendorong masyarakat memiliki preferensi metode pembayaran yang sangat beragam. Terlebih lagi kondisi pandemi lalu yang ‘memaksa’ masyarakat untuk lebih banyak bertransaksi secara cashless.

Menanggapi banyaknya metode pembayaran yang kini dapat dipilih masyarakat, menggunakan aplikasi telemedis yang dapat mengelola berbagai metode pembayaran juga menjadi salah satu kunci untuk mengoptimalkan efektivitasnya. Pasien dapat lebih cepat dalam melakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang sudah biasa digunakan.

Terintegrasi Dengan Berbagai Layanan Asuransi

Memperluas jaringan dengan perusahaan asuransi kesehatan juga menjadi salah satu cara untuk dapat meningkatkan efektivitas telemedis yang terintegrasi dengan sistem omnichannel. Beberapa pasien memiliki layanan asuransi yang mereka harap dapat menutup biaya perawatan. Sayangnya, banyak pasien yang merasakan sulitnya mengajukan klaim asuransi mereka karena pengurusan yang ribet, ataupun rumah sakit yang tidak bekerjasama dengan perusahaan asuransi.

Mengaplikasikan sistem omnichannel yang terhubung dengan berbagai perusahaan penyedia asuransi dapat memberikan kemudahan dan prosedur yang lebih praktis bagi pasien untuk menggunakan asuransi mereka. Hal ini akan meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan aplikasi telemedis. Terlebih lagi jika rumah sakit menerapkan sistem telemedis yang didukung dengan beragam fitur seperti AVIAT. 

Selain menyediakan layanan konsultasi online, rumah sakit juga dapat menyediakan fitur pendaftaran online. Pasien akan merasa lebih diperhatikan kebutuhannya karena fitur tersebut memungkinkan mereka untuk mendapatkan pemeriksaan lebih cepat. Tidak perlu lagi mengantri seperti halnya saat mendaftar secara online. Dengan demikian, pasien tidak segan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan karena prosesnya yang lebih mudah.

Anda dapat menanyakan lebih banyak tentang aplikasi AVIAT telemedis dan mengkonsultasikan kebutuhan rumah sakit Anda dengan tim marketing AVIAT! (Septiani)

Similar Posts