Teknologi API AVIAT SIMRS Mungkinkan Integrasi Data dengan Platform Appointment Lama di Faskes Anda
Layanan yang mudah diakses dan efisien adalah kunci mewujudkan kepuasan pasien di era modern yang serba cepat. Karena itulah, AVIAT SIMRS menambahkan Fitur Appointment pada Modul Patient Management. Dengan fitur ini, sistem fasilitas kesehatan (faskes) dapat terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN dan JakSehat Dinkes DKI Jakarta. Memungkinkan pendaftaran layanan faskes melalui aplikasi dari smartphone pasien. Integrasi data juga memungkinkan proses administrasi pendaftaran pasien yang jauh lebih mudah dan efisien Fitur ini bisa didapatkan pada seluruh versi SIMRS, baik versi light, standard, serta enterprise
Dengan berbagai manfaatnya, Fitur Appointment dapat menjadi solusi modern atas kebutuhan layanan yang cepat dan efisien. Namun, muncul kekhawatiran bagaimana Jika faskes sudah memiliki platform appointment yang terpasang. Manajemen faskes sering khawatir jika penerapan SIMRS yang baru tidak dapat terintegrasi dengan sistem lama mereka. Pada akhirnya faskes harus mencatat ulang seluruh data yang sangat merepotkan
Anda tidak perlu khawatir dengan permasalahan tersebut, karena AVIAT SIMRS telah didukung dengan teknologi Application Programming Interface (API). Apa itu?
Pengertian API dan Manfaatnya
Teknologi API merupakan sekumpulan aturan dan protokol yang memungkinkan berbagai aplikasi dan sistem untuk saling berkomunikasi. Secara sederhana, API bertindak sebagai perantara yang memungkinkan dua atau lebih perangkat lunak saling bertukar data satu sama lain. API memiliki dampak besar dalam dunia teknologi modern. API memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan layanan atau data dari satu aplikasi dengan aplikasi lain tanpa mencatat semua data yang ada di sistem lama dari awal.
API juga memperluas fungsi aplikasi. Dengan menggunakan API, pengguna dapat mengakses berbagai layanan dan fitur tambahan yang mungkin tidak tersedia secara bawaan dalam aplikasi tertentu. Terakhir, API memungkinkan interoperabilitas antar platform. Ini berarti aplikasi yang berjalan di berbagai sistem operasi atau perangkat dapat berbagi data dan fungsi, menciptakan pengalaman yang seragam bagi pengguna, terlepas dari perangkat yang mereka gunakan.
Apa Manfaat Teknologi API pada AVIAT SIMRS?
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, API memungkinkan sistem baru untuk terintegrasi dengan sistem lama yang sudah terpasang. Dalam konteks faskes, ini berarti bahwa AVIAT SIMRS dapat diintegrasikan dengan sistem appointment yang sudah ada tanpa harus menghilangkan sistem lama yang telah digunakan. Faskes dapat menikmati fitur-fitur modern pada Modul Patient Management AVIAT tanpa harus membangunnya dari awal lagi.
Dengan fungsinya tersebut, teknologi API pada AVIAT dapat menjadi jawaban dalam memperluas layanan faskes Anda tanpa mengakibatkan perubahan yang merepotkan bagi pasien. Teknologi API memberikan keleluasaan untuk terus memajukan sistem kesehatan tanpa harus mengganggu rutinitas pelayanan faskes Anda yang sudah mapan.
Kesimpulan
Inovasi Fitur Appointment pada Modul Patient Management dapat menjadi solusi bagi faskes Anda untuk mewujudkan layanan pendaftaran pasien BPJS yang mudah dan cepat. Sudah diterapkannya platform appointment lain di faskes Anda tidak bisa menghambat faskes Anda untuk mendapatkan manfaat dari inovasi canggih ini. Dengan dukungan teknologi API, penerapan AVIAT SIMRS bukan berarti perubahan total pada sistem appointment di faskes Anda.
Teknologi API dalam AVIAT SIMRS membuatnya sangat fleksibel untuk dihubungkan dengan aplikasi lain, termasuk sistem appointment lama faskes Anda. Hal ini memungkinkan faskes Anda dapat merasakan manfaat dari Fitur Appointment AVIAT tanpa memerlukan penggantian atau pengembangan dari awal. Staf faskes pun tidak dituntut untuk melakukan input ulang data, karena sistem akan terintegrasi secara komprehensif. Teknologi API juga memberikan keleluasaan bagi faskes Anda untuk melakukan pengembangan dikemudian hari. Anda dapat menambahkan platform lain yang dibutuhkan dalam meningkatkan mutu layanan di faskes Anda, dan mengintegrasikannya dengan AVIAT SIMRS.
Dengan desain tampilan yang mudah dipahami dalam AVIAT SIMRS, implementasi Fitur Appointment pada Modul Patient Management menjadi lebih mulus bagi staf faskes. Kemudahan adaptasi ini menciptakan lingkungan kerja yang lebih efisien, karena petugas kesehatan dapat dengan cepat mengintegrasikan fitur-fitur baru tanpa mengalami kesulitan. Dengan demikian, AVIAT SIMRS tidak hanya menjadi solusi yang memudahkan pengelolaan pendaftaran pasien BPJS, tetapi juga memberikan keleluasaan strategis bagi faskes Anda untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Hubungi tim marketing AVIAT untuk request demo aplikasi! (Septiani)