Optimalkan Akurasi Radiologi Rumah Sakit dengan Kecerdasan Buatan
Artificial Intelligence, Sistem Teknologi Terkini bagi Rumah Sakit Anda

Optimalkan Akurasi Radiologi Rumah Sakit dengan Kecerdasan Buatan

Sudahkan laboratorium radiologi rumah sakit yang Anda kelola dilengkapi dengan sistem yang tepat agar pelayanan pasien lebih efisien? Jika belum, maka Anda perlu mempertimbangan implementasi kecerdasan buatan (artificial intelligence), yang kini mulai diadopsi oleh banyak bisnis pelayanan kesehatan untuk membantu manajemen layanan secara otomatis.

Meskipun begitu, belum semua orang mengenal tentang cara yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan dengan menggunakan kecerdasan buatan, khususnya bagi laboratorium radiologi rumah sakit. Berikut adalah penjelasan tentang implementasi kecerdasan buatan bagi rumah sakit yang perlu Anda ketahui!

Apa itu Layanan Radiologi?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang implementasi kecerdasan buatan bagi sistem manajemen informasi yang Anda miliki, kita perlu menyamakan persepsi terlebih dahulu tentang apa itu layanan radiologi rumah sakit. Secara sederhana, radiologi merupakan proses yang digunakan oleh tenaga kesehatan untuk mengetahui kondisi internal dari tubuh pasien, yang dibutuhkan untuk pengambilan tindakan medis yang lebih akurat.

Saat ini, ada banyak metode yang dapat dilakukan dalam pelayanan radiologi rumah sakit, mulai dari gelombang suara, penyinaran dengan x-ray, hingga zat radioaktif. Meskipun begitu, metode rontgen dengan memanfaatkan x-ray adalah yang paling diminati.

Implementasi Kecerdasan Buatan bagi Radiologi Rumah Sakit

Mengingat prosesnya yang cukup krusial bagi pengambilan tindakan medis, tentunya kehadiran teknologi yang tepat untuk mendukung proses radiologi rumah sakit sangatlah dibutuhkan. Di sinilah peran kecerdasan buatan dapat membantu Anda.

Sebenarnya implementasi kecerdasan buatan atau AI pada industri pelayanan kesehatan bukanlah hal yang baru. Bahkan kita mulai dapat menemukan penggunaan AI pada beberapa rumah sakit di Indonesia, meskipun implementasi yang lebih masif belum dapat kita temukan.

Pada dasarnya, kehadiran AI pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang ditujukan untuk laboratorium radiologi rumah sakit mampu membantu peningkatan akurasi diagnosa. Secara sederhana, prosesnya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Pengumpulan data dengan menggunakan AI

Sebelum dapat digunakan, AI atau kecerdasan buatan akan digunakan untuk mengumpulkan data yang kompleks terlebih dahulu. Dengan begitu, machine learning dapat dilakukan untuk membantu AI dalam menghadirkan prediksi untuk setiap data yang dimasukkan ke dalam sistem.

  • Menggunakan predictive tool untuk mengakses data

Setelah data dikumpulkan dan dipelajari oleh AI, selanjutnya Anda membutuhkan semacam perangkat software agar data yang dikumpulkan oleh AI dapat Anda memanfaatkan untuk memberikan prediksi diagnosis berdasarkan kumpulan data yang kompleks.

Anda pun dapat mengimplementasikan AI pada aplikasi SIMRS yang digunakan, sehingga sistemnya menjadi terintegrasi dan dapat diakses oleh laboratorium radiologi rumah sakit dan departemen lainnya yang berhubungan langsung dengan pelayanan pasien.

  • Prediksi dari AI menjadi tambahan informasi bagi petugas

Petugas laboratorium radiologi rumah sakit dapat memanfaatkan AI selayaknya asisten yang dapat memberikan pandangan kedua (second opinion) terhadap hasil radiologi dari pasien. Dengan adanya informasi ini, nantinya petugas radiologi di rumah sakit yang Anda kelola dapat memastikan apakah diagnosa yang diberikan sudah tepat atau perlu penyesuaian kembali. Hal ini dapat menjadikan informasi yang dihadirkan kepada pasien menjadi lebih akurat dan dapat meminimalisir terjadinya malpraktik.

Solusi Pembuatan AI bagi Laboratorium Radiologi Rumah Sakit

Saat ini, Aviat selaku salah satu vendor penyedia teknologi untuk industri pelayanan kesehatan juga telah hadir dengan solusi kecerdasan buatan (AI) yang dapat Anda manfaatkan untuk mengelola laboratorium radiologi rumah sakit dengan lebih akurat.

Dengan kemampuan kustomisasi, solusi AI dari Aviat dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tentunya hal tersebut tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan semata, tetapi juga kualitas dari pelayanan kesehatan bagi pasien.

Tertarik lebih lanjut untuk mengetahui tentang solusi ini? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk temukan informasi selengkapnya tentang AI untuk radiologi rumah sakit! (Pradana)

Tinggalkan Balasan