Artificial Intelligence, Sistem Teknologi Terkini bagi Rumah Sakit Anda
Artificial Intelligence, Sistem Teknologi Terkini bagi Rumah Sakit Anda

Artificial Intelligence, Sistem Teknologi Terkini bagi Rumah Sakit Anda

Penggunaan artificial intelligence untuk rumah sakit marak menjadi perbincangan pada beberapa tahun ke belakang, karena dinilai mampu meningkatkan kualitas pelayanan RS. Sayangnya, topik ini masih menjadi bahan untuk diskusi semata dan dianggap sebagai masa depan dari industri pelayanan kesehatan. Padahal keberadaan AI bukan lagi cuma angan-angan, karena implementasi di industri lainnya sudah terlihat jelas.

Oleh karena itu, penting rasanya agar Anda mengetahui bagaimana sebenarnya peran serta artificial intelligence untuk rumah sakit dan juga implementasinya untuk membantu peningkatan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya yang tidak ingin Anda lewatkan!

Mengenal Artificial Intelligence

Mengingat konsep artificial intelligence untuk rumah sakit masih baru, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu artificial intelligence yang sebenarnya.

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) adalah sebuah konsep otomasi menggunakan simulasi kecerdasan manusia melalui mesin program yang dapat meniru kegiatan manusia dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu, konsep ini erat kaitannya dengan machine learning yang memungkinkan AI digunakan pada banyak lini, mulai dari ekonomi, pengeboran minyak bumi, hingga pelayanan kesehatan.

Implementasi artificial intelligence untuk rumah sakit sebenarnya sudah mulai dilakukan oleh beberapa negara besar seperti Amerika Serikat dan juga Kanada. Industri pelayanan kesehatan di negara ini telah mengadopsi kecerdasan buatan untuk Internet of Medical Things (IoMT).

Apakah Artifcial Intelligence untuk Rumah Sakit di Indonesia Memungkinkan?

Pertanyaan ini mungkin akan pertama kali muncul setelah Anda mengenal konsep dasar dari AI atau kecerdasan buatan. Jawabannya adalah sangat memungkinkan!

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan banyak sekali potensi yang dapat digali. Dengan ratusan rumah sakit dan juga klinik yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, artificial intelligence untuk rumah sakit dapat mulai diadopsi dari beberapa hal dasar, yaitu:

  • AI sebagai asisten dokter untuk diagnosis pasien

Tahukah Anda? Salah satu perusahaan raksasa teknologi di Amerika Serikat, IBM, telah mengembangkan sebuah sistem yang bernama Watsons for Health. Fungsi utama dari sistem ini adalah untuk membantu dokter dalam mendiagnosa keluhan pasien berdasarkan jutaan data dan informasi yang dikumpulkan dan dipelajari melalui machine learning

Google pun telah mengembangkan solusi serupa bernama DeepMind Health yang memungkinkan kerjasama antara dokter, periset, dan pasien untuk menyelesaikan masalah kesehatan dunia.

Oleh karena itu, adopsi artificial intelligence untuk rumah sakit dapat dimulai dari sini. Dengan menjadikan kecerdasan buatan sebagai asisten dokter yang dapat memberikan pandangan kedua yang dapat menjamin validitas diagnosa pasien.

  • Integrasi dengan sistem rumah sakit

Sejatinya, artificial intelligence untuk rumah sakit tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pelayanan pasien. Anda pun dapat memanfaatkannya untuk membantu pengambilan keputusan dengan mengintegrasikannya dengan aplikasi SIMRS. Dengan adanya fitur kecerdasan buatan, nantinya Anda dapat membuat laporan kinerja dan juga keuangan dengan lebih efisien, sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan juga potensi pendapatan rumah sakit yang dikelola.

  • Bertindak sebagai front office rumah sakit

Dengan adanya artificial intelligence untuk rumah sakit, Anda juga dapat meningkatkan efisiensi pada proses registrasi pasien. Anda dapat membuat chatbot yang bertugas untuk membalas pertanyaan dan juga melayani registrasi pasien secara online.

Contohnya dengan aplikasi antrean online dari Aviat, yang dapat Anda tambahkan dengan chatbot untuk membantu registrasi pasien yang lebih efisien dan efektif. Dengan begitu, karyawan Anda dapat difokuskan pada pelayanan offline di rumah sakit.

Solusi Pengembangan Artificial Intelligence untuk Rumah Sakit

Saat ini, Aviat juga telah mengembangkan solusi untuk pengembangan artificial intelligence untuk rumah sakit yang dapat Anda jadikan pilihan. Setelah sebelumnya hadir dengan aplikasi SIMRS dan SIREM yang telah digunakan banyak rumah sakit dan klinik, kini keberadaan kecerdasan buatan yang dapat diintegrasikan dengan layanan yang dimiliki Aviat juga dapat membantu Anda untuk naik ke level selanjutnya. 

Anda dapat mengembangkan smart hospital yang lebih efisien dan mengedepankan teknologi yang menjadikan setiap jenis pelayanan kesehatan yang Anda hadirkan menjadi lebih cepat dan akurat.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai solusi artificial intelligence untuk rumah sakit yang dimiliki Aviat? Hubungi tim marketing kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Tinggalkan Balasan