Apakah Kelebihan dan Kekurangan Telemedis?
Apakah Kelebihan dan Kekurangan Telemedis

Apakah Kelebihan dan Kekurangan Telemedis?

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Untuk memahami tentang kebutuhan sistem pengobatan jarak jauh, Anda perlu mengetahui tentang kelebihan kekurangan telemedis, sehingga nantinya Anda dapat memilih vendor yang tepat dan dapat diandalkan. Perlu Anda ketahui, praktik telemedis pun bukanlah hal baru, karena kelebihan telemedis sudah dirasakan puluhan tahun lamanya. Hanya saja, sebelum ada internet dan teknologi yang memudahkan seperti saat ini, telemedis dilakukan melalui media telepon.

Oleh karena itu, sudah saatnya Anda juga berpartisipasi dalam menghadirkan pelayanan telemedis pada rumah sakit yang Anda kelola. Maka dari itu, Anda pun perlu mengetahui apa saja sebenarnya kelebihan kekurangan telemedis, serta hal apa yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih sistem telemedis? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Mengapa harus Telemedis?

Hal pertama yang perlu Anda pahami adalah mengenai tujuan dilakukannya telemedis. Dengan adanya pandemi yang terus melanda Indonesia, tentunya keberadaan sistem konsultasi jarak jauh sangatlah dibutuhkan, sehingga masyarakat tetap dapat merasakan pelayanan kesehatan dengan kualitas yang telah terstandarisasi. Hal tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya telemedis, dengan berbagai kelebihan kekurangan telemedis, sistem ini seakan menjadi penyelamat bagi ratusan rumah sakit dan klinik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Telemedis pun tidak hanya ditujukan bagi pasien saja, tetapi dapat menjadi jembatan untuk penyebaran informasi kepada tenaga kesehatan yang berada di pelosok. Dengan begitu, informasi mengenai pencegahan dan penanganan suatu penyakit dapat diketahui dengan cepat dan efisien.

Kelebihan Telemedis

Setelah mengetahui tentang pentingnya penggunaan telemedis, Anda juga perlu mengetahui tentang kelebihan kekurangan telemedis. Adapun menurut berbagai sumber, kelebihan telemedis dapat dibedakan menjadi beberapa hal, antara lain:

  • Akses Kesehatan yang Lebih Merata dan Berkualitas

Dengan adanya telemedis, Anda dapat memperoleh akses ke spesialis dan informasi yang mungkin tidak dimiliki. Hal tersebut tentunya sangat penting, mengingat telemedis mampu membantu pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa perlu bertatap muka, sehingga dapat dilakukan dari mana saja.

  • Mempermudah Kontrol Perawatan

Kelebihan telemedis lainnya adalah pada kemampuannya dalam mengatasi kendala pada kontrol perawatan dari jarak jauh. Aktivitas seperti menjawab pertanyaan seputar pengobatan yang sedang atau sudah selesai dijalani oleh pasien dapat dilakukan dengan aplikasi atau sistem yang canggih.

  • Menghindari Terjadinya Antrean

Bagi pasien yang tetap ingin berobat langsung dengan dokter, maka aplikasi telemedis dapat digunakan untuk menghindari antrean. Nantinya, pasien akan mendapatkan semacam nomor antrean online untuk selanjutnya digunakan untuk berkonsultasi dengan dokter dari jarak jauh, sehingga pelayanan kesehatan yang Anda hadirkan menjadi lebih efisien.

  • Tambahan Pendapatan

Kelebihan telemedis lainnya adalah dapat membantu bisnis pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika sebelumnya pos pendapatan terbesar berasal dari konsultasi langsung atau tatap muka, maka Anda dapat melebarkan sayap dengan melayani lebih banyak pasien yang tersebar di berbagai wilayah.

Kekurangan Telemedis

Meskipun kelebihan telemedis yang cukup beragam, sebenarnya sistem telemedis bukanlah tanpa cela. Setidaknya ada beberapa kekurangan telemedis yang saat ini diketahui, yaitu:

  • Diagnosa yang Belum Pasti

Salah satu kekurangan telemedis yang cukup dirasakan adalah akurasi diagnosa yang dilakukan tenaga kesehatan. Dokter tidak dapat benar-benar memastikan diagnosa yang dilakukan karena tidak ada pengecekan secara langsung, khususnya bagi penyakit kronis. Hal yang paling mungkin dilakukan adalah memberikan langkah pencegahan dan treatment dasar terkait kendala yang dialami pasien.

  • Ketersediaan Sistem yang Mudah Digunakan

Tentunya kita mengetahui bahwa tidak semua orang mampu beradaptasi dengan teknologi terbaru. Maka dari itu, kekurangan telemedis lainnya terletak pada sistem yang digunakan. Tidak semua pasien memiliki kapabilitas untuk mengakses sistem telemedis, baik karena kendala perangkat yang digunakan atau sinyal internet yang tidak stabil. 

  • Ada Biaya Tambahan

Bagi pasien yang termasuk dalam kategori menengah ke bawah, tentunya biaya tambahan yang dibutuhkan untuk konsultasi telemedis menjadi kendala yang cukup besar. Oleh karena itu, untuk memastikan agar biaya yang dikeluarkan pasien tidak cukup besar, maka rumah sakit memerlukan strategi pembiayaan yang tepat, contohnya seperti bekerjasama dengan BPJS dan juga asuransi.

Jadi, setelah mengetahui tentang kelebihan kekurangan telemedis di atas, apakah Anda sudah siap untuk menerapkan praktik telemedis pada rumah sakit yang dikelola? Jika Anda memiliki kebutuhan telemedis dan khawatir memilih vendor yang tidak tepat, Anda dapat menyerahkannya pada Aviat!

Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam menghadirkan solusi teknologi bagi rumah sakit dan klinik, kini Aviat juga hadir untuk membantu Anda dalam mengembangkan sistem telemedis. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga! (Pradana)

Tinggalkan Balasan