Mengenal Fitur Appointment AVIAT

Kemajuan teknologi membuat pelayanan kesehatan kini bisa diakses dengan semakin cepat. Salah satunya ditunjukkan dengan kehadiran fitur appointment AVIAT yang dapat menjadi solusi untuk memesan layanan kesehatan di rumah sakit.

Seiring dengan perkembangan zaman, terjadi pergeseran dalam proses pemberian pelayanan kesehatan. Hal ini pun dapat dilihat sejak awal tahun 2020,  ketika pandemi COVID-19 melanda, terjadi reformasi dalam sistem kesehatan nasional yang mendorong terjadinya inovasi teknologi layanan kesehatan.

Beberapa langkah pun dihadirkan pemerintah untuk memudahkan akses kesehatan masyarakat, seperti dengan menghadirkan mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Sejak awal kemunculan hingga Januari 2022, tercatat sebanyak 1.560 rumah sakit telah mengimplementasikan antrean online yang terkoneksi langsung dengan mobile JKN.

Tidak hanya melalui mobile JKN,  khusus untuk warga DKI Jakarta layanan kesehatan juga dapat diakses melalui aplikasi Jaksehat yang dikembangkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan sudah dapat diakses sejak tanggal 30 Maret 2022. Melalui aplikasi-aplikasi tersebut, masyarakat dapat langsung membuat janji temu dan memantau antrean.

Kenali Berbagai Fitur Appointment AVIAT 

Kehadiran aplikasi yang dibuat pemerintah untuk memudahkan akses layanan kesehatan perlu didukung dengan sistem rumah sakit yang memadai agar dapat langsung menerima booking yang dilakukan, baik melalui mobile JKN maupun Jaksehat. Mendukung hal tersebut, hadir fitur appointment AVIAT yang mampu menerima booking rumah sakit.

Adapun fitur appointment AVIAT yang dapat mendukung proses booking pelayanan kesehatan, antara lain:

  1. Terhubung dengan aplikasi Mobile JKN dan Jaksehat

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang dimiliki AVIAT telah dilengkapi dengan modul yang dapat terhubung langsung, baik dengan mobile JKN dan Jaksehat. Keberadaan modul ini, memungkinkan fitur appointment AVIAT untuk mengakses beberapa layanan yang aplikasi tersebut sediakan, antara lain:

  • Referensi, digunakan untuk mencari data hasil pemeriksaan, data poli klinik, dan data fasilitas kesehatan.
  • Peserta, untuk melakukan verifikasi peserta JKN-KIS berdasarkan nomor induk kependudukan.
  • Surat Eligibilitas Peserta (SEP), mampu melakukan pengecekan SEP yang dimiliki calon pasien, mulai dari update data SEP, tanggal pulang SEP, hingga data riwayat pasien.
  • Antrean online, aplikasi mampu terkoneksi dengan antrean online yang dilakukan melalui Jaksehat atau mobile JKN sehingga bisa mencegah antrean yang mengular.
  • Rujukan, dapat digunakan untuk mengecek data rujukan calon pasien berdasarkan nomor rujukan yang ada di kartu kepesertaan.

Dengan kemudahan akses tersebut, fitur appointment AVIAT dapat menjadi solusi untuk rumah sakit yang ingin terhubung dengan aplikasi-aplikasi yang dihadirkan oleh pemerintah. Jadi, seluruh sistem sudah saling terhubung dan membuat pelayanan kesehatan lebih mudah dilakukan.

  1. Tersedia layanan pengembangan Application Programming Interface (API)

Selain itu, AVIAT juga menyediakan layanan yang dapat membantu rumah sakit untuk mengembangkan Application Programming Interface (API) yang dapat menghubungkan sistem Anda dengan sistem miliki JakSehat dan mobile JKN. Pengembangan API dapat membuat kedua sistem saling terhubung dan berkomunikasi.

Dengan demikian, pendaftaran atau booking online yang dilakukan pasien melalui mobile JKN dan Jaksehat dapat langsung diakses oleh sistem rumah sakit, termasuk juga data yang dimiliki pasien. Hal ini tentu dapat membantu rumah sakit meningkatkan mutu pelayanan dan efektivitas dalam proses pendaftaran.

Kehadiran mobile JKN dan Jaksehat sudah tidak asing lagi di banyak rumah sakit, bahkan ada beberapa fasilitas kesehatan yang mengharuskan pasien melakukan pendaftaran online melalui kedua aplikasi tersebut jika ingin membuat janji temu. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan sistem yang dapat terhubung langsung dengan keduanya

Kemudahan akses yang dihadirkan oleh fitur appointment AVIAT dapat menjadi solusi untuk menerima janji temu yang dilakukan melalui Jaksehat dan mobile JKN. Temukan berbagai kemudahan dan informasi lainnya dengan menghubungi tim marketing AVIAT sekarang juga! (Sherlyana)

Similar Posts