Mengenal AVIAT Sebagai PSE dengan Sertifikasi ISO 27001

Sertifikasi ISO 27001 hanya dapat diberikan kepada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang memiliki manajemen keamanan data terbaik dengan kontrol keamanan komprehensif sesuai standar. Dengan kata lain, PSE seperti AVIAT yang mendapatkan sertifikasi ini terbukti telah melakukan pengembangan dan penerapan program keamanan yang tepat.

Tidak hanya itu, pemberian sertifikasi ISO 27001 juga mendasar pada pengembangan dan penerapan Information Security Management System (ISMS) yang berkaitan dengan cara PSE mengelola keamanan secara terus-menerus dan menyeluruh. Untuk dapat mempertahankan sertifikasi tersebut, PSE harus mempertahankan standar dan kode praktik sebagai bukti dari komitmennya menjaga keamanan data dan informasi yang berada di dalamnya.

AVIAT merupakan salah satu penyelenggara sistem elektronik yang berfokus pada pengembangan sistem manajemen rumah sakit. Saat ini, AVIAT telah terdaftar sebagai PSE dengan sertifikasi ISO 27001. Hal ini menunjukkan kuatnya komitmen untuk menjamin dan menjaga keamanan ruang digital yang menyimpan seluruh data yang terdapat dalam sistem rumah sakit termasuk data pasien.

Ancaman Keamanan Data di Tengah Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi tentu membawa berbagai kemudahan dalam pelayanan kesehatan, salah satunya dengan kehadiran sistem yang membuat proses dari meja pendaftaran pasien hingga kasir menjadi lebih cepat. Namun di tengah keunggulan yang hadir, terdapat pula ancaman keamanan data yang menjadi tantangan bagi para penyedia sistem.

Adapun berbagai jenis ancaman yang bisa memengaruhi keamanan data pada sistem, meliputi:

  1. Penyalinan data

Penyalinan atau transfer data merupakan proses pemindahan data yang tidak sah atau di luar domain sistem. Seseorang yang memiliki akses dapat melakukan hal ini secara manual, misalnya dengan menyalahgunakan kewenangan untuk mengakses data dan mengirimkannya ke luar atau pihak ketiga yang tidak memiliki wewenang.

  1. Kebocoran data

Kebocoran data dapat terjadi ketika ada orang yang tidak bertanggung jawab mengakses sistem rumah sakit Anda tanpa izin. Kemudian, orang tersebut mengambil data rahasia yang ada dalam sistem untuk di kirim keluar domain. 

  1. Penghapusan data

Ancaman keamanan data juga dapat berupa penghapusan data yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Ketika kondisi ini terjadi akan sulit bagi Anda untuk memulihkan kembali data yang ada di dalam sistem.

  1. Peretasan kata sandi

Biasanya untuk mengakses sistem, Anda memerlukan kata sandi. Hal ini juga dapat menjadi ancaman apabila ada orang meretas kata sandi untuk mengakses sistem dan mencuri data. Oleh karena itu untuk mencegahnya, Anda perlu menerapkan verifikasi dua langkah.

Berbagai ancaman pada keamanan data di sistem rumah sakit dapat membuat data pasien bocor. Data tersebut tidak hanya berupa data medis, tetapi juga data pribadi pasien yang dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Komitmen AVIAT untuk Menjaga Keamanan Data

Melihat besarnya ancaman yang dapat timbul, AVIAT menyadari bahwa pembatasan akses sistem saja tidak cukup untuk menjamin keamanan data. Oleh karena itu, kami hadir dengan sistem keamanan yang lengkap guna menjamin kerahasiaan data pasien.

Fitur pembatasan akses menjadi salah satu langkah yang AVIAT miliki. Fitur ini memungkinkan manajemen untuk mengatur siapa saja yang mendapatkan akses untuk melihat data medis pasien. Hal ini akan membantu menjaga data dari akses pihak-pihak yang tidak memiliki kepentingan.

Melalui fitur ini, manajemen juga dapat mengatur sejauh mana petugas atau karyawan memiliki batasan akses data. Jadi, sistem akan memastikan data pasien aman sebab petugas rumah sakit hanya dapat mengakses dokumen sesuai dengan kebutuhannya.

AVIAT memegang komitmen untuk terus menjaga keamanan data rumah sakit, kami juga selalu menghadirkan inovasi terbaru demi meningkatkan keamanan dan memastikan keberlanjutan sertifikasi ISO 27001. Semua dedikasi tersebut sebagai bukti kesungguhan AVIAT untuk menghadirkan solusi lengkap dan terbaik bagi pelayanan rumah sakit.

Tertarik untuk mempercayakan sistem manajemen rumah sakit Anda pada AVIAT? Segera hubungi tim marketing AVIAT untuk mendapatkan penawaran menarik dan informasi selengkapnya! (Sherlya)

Similar Posts