Rekam Medis Elektronik Membuka Pintu Keputusan Medis Terinformasi

Rekam Medis Elektronik Membuka Pintu Keputusan Medis Terinformasi

Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, tidak hanya itu kemudahan akses juga merupakan aspek penting yang menjadi target pemerintah. Demi mewujudkan keinginan tersebut, pemerintah memanfaatkan kehadiran teknologi digital yaitu Rekam Medis Elektronik (RME).

Rekam medis elektronik merupakan peralihan dari sistem sebelumnya, di mana ketika masih menggunakan sistem rekam medis konvensional rumah sakit memerlukan kertas dan ruang penyimpanan yang besar. Saat ini dengan RME, data dan informasi kesehatan yang pernah dijalani pasien akan tersimpan dalam bentuk digital.

Perubahan sistem rekam medis elektronik memberikan banyak kemudahan bagi para dokter dan tenaga kesehatan, terutama dalam hal mengelola dan mengakses data. Tidak hanya itu, sistem ini juga memungkinkan pasien untuk mendapat akses pada data kesehatannya sehingga pasien tidak perlu lagi meminta data fisik riwayat kesehatan. 

Rekam Medis Elektronik Tetap Mengedepankan Keamanan Data

Kemudahan akses menjadi keutamaan dari rekam medis elektronik, meski demikian sistem ini tetap memerhatikan keamanan data medis pasien. Hal tersebut sesuai dengan isi Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP), dalam isi UU tersebut dijelaskan bahwa negara harus menjaga hak privasi dan keamanan informasi dari setiap individu termasuk data yang berada dalam rekam medis.

Tidak hanya dari segi UU, pemerintah juga meningkatkan keamanan data melalui platform SATUSEHAT. Masyarakat yang memiliki aplikasi ini harus melakukan verifikasi profil terlebih dahulu untuk dapat mengakses informasi data kesehatan pribadinya. 

Cara Mengoptimalkan Penggunaan Rekam Medis Elektronik

RME merupakan sumber data informasi penting yang digunakan tenaga kesehatan untuk mengambil keputusan berkaitan dengan tindakan medis atau pengobatan yang akan dijalani pasien. Oleh karena itu, petugas kesehatan harus memaksimalkan pemanfaatan rekam medis dengan demi mendapatkan informasi yang akurat dalam proses pengambilan keputusan. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan RME:

  1. Pengadaan SDM berkompeten

Untuk dapat mengoptimalkan penggunaan rekam medis elektronik, rumah sakit harus memiliki sumber daya manusia yang berkompeten. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan tenaga kesehatan di masing-masing poliklinik yang mengerti dan bertanggung jawab secara khusus untuk memasukkan data rekam medis untuk menghindari terjadinya kesalahan.

Selain itu, rumah sakit juga dapat menambah jumlah tenaga kerja di bidang IT yang bertugas untuk menjaga dan memelihara sistem manajemen rumah sakit. Sebagai sebuah sistem digital, kehadiran IT sangatlah diperlukan agar ketika terjadi masalah dapat segera tertangani dengan baik dan cepat.

  1. Meningkatkan kualitas jaringan internet

Dalam pengoperasiannya, RME memerlukan jaringan internet yang stabil agar pertukaran data antara bagian di rumah sakit dapat berlangsung dengan cepat. Apabila Anda ingin proses penyebaran informasi di rumah sakit berjalan optimal, sebaiknya tingkatkan kapasitas jaringan internet di lingkungan rumah sakit sehingga proses pengambilan keputusan pun dapat berjalan lebih cepat.

  1. Menambah jumlah hardware

Rekam medis elektronik merupakan sistem yang mengandalkan perangkat keras hardware dalam pengoperasiannya. Pengadaan komputer, laptop, dan tablet menjadi cara untuk mengoptimalkan sistem ini. Meskipun merupakan sebuah investasi yang mahal, tetapi sistem ini terbukti mampu meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.

  1. Mengoptimalkan penggunaan SIMRS

Berbicara tentang cara mengoptimalkan RME, tidak dapat dilepaskan dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang baik. SIMRS merupakan sistem yang menghubungkan seluruh bagian di rumah sakit, sehingga data yang terdapat dalam rekam medis dapat diakses langsung mulai dari meja pendaftaran, poli pemeriksaan, ruang rawat inap, hingga meja kasir. 

Peran penting SIMRS inilah yang membuka jalan agar informasi dalam RME dapat diakses oleh seluruh bagian di rumah sakit. Dengan demikian proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan keselamatan dan upaya pengobatan pasien dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat.

Sebagai sebuah terobosan di industri kesehatan, rekam medis elektronik terbukti mampu menjawab tantangan untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Penerapannya pun kini lebih mudah melalui vendor terpercaya yang terbiasa melayani sistem serupa.

Ingin menghadirkan sistem yang dapat memudahkan akses informasi rekam medis elektronik? Hubungi tim marketing AVIAT dan segera terapkan RME di rumah sakit yang Anda kelola! (Sherlya)

Similar Posts