Dampak RME pada Ketepatan Keputusan Medis

Demi meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan, para pengelola industri kesehatan berkomitmen untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru demi menghadirkan kecepatan dan ketepatan pelayanan medis. Salah satu inovasi yang kini terasa sangat memudahkan proses layanan medis adalah rekam medis elektronik.

RME merupakan sistem pengelolaan data rekam medis pasien yang meliputi riwayat kesehatan, catatan medis, hasil tes, dan resep obat yang tersimpan secara digital. Sistem ini hadir sebagai pengganti dari sistem rekam medis sebelumnya yang masih menggunakan kertas dan memerlukan ruang penyimpanan besar.

Sistem RME biasanya terdiri dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses informasi medis pasien. Rangkaian perangkat ini membentuk sistem digital yang akan memberikan kemudahan akses data rekam medis pada pihak yang berwenang, seperti dokter, perawat, dan petugas kesehatan lainnya.

Sejauh ini, dampak RME sangatlah positif pada sistem pelayanan kesehatan di seluruh fasyankes di Indonesia. RME memberikan kemudahan akses data yang membuat dokter lebih cepat dan tepat melakukan diagnosis dan mengambil keputusan untuk pengobatan serta penanganan pasien.

Melihat dampak RME yang begitu besar, tidak heran apabila rumah sakit, klinik, puskesmas, dan berbagai penyedia layanan kesehatan lainnya ingin segera menerapkan sistem ini. Bahkan pemerintah dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 24 Tahun 2022 telah mewajibkan seluruh fasyankes menjalankan sistem RME paling lambat pada 31 Desember 2023.

Kebijakan pemerintah atas kewajiban penerapan RME hadir untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang cepat dan tepat. Harapannya, transformasi dari sistem manual ke digital ini akan membawa perubahan yang lebih baik pada sistem pelayanan kesehatan.

Mengintip Dampak RME pada Perbaikan Sistem Pelayanan Kesehatan Indonesia

Penerapan RME semakin marak dilakukan sejalan dengan keinginan pemerintah untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan menjadi lebih cepat, mudah, dan transparan. RME akan menjadi standar proses pertukaran data kesehatan sehingga akses data menjadi lebih mudah dan mengurangi ketidakseimbangan informasi yang menyebabkan biaya kesehatan meningkat.

Nantinya, seluruh data RME yang telah tersimpan akan terkumpul dalam sebuah platform big data, yaitu SATUSEHAT. Ekosistem data kesehatan yang tercipta inilah yang akan memudahkan proses pertukaran data. Namun, dalam praktiknya digitalisasi data kesehatan tetap mengedepankan protokol keamanan data dan protokol standar pertukaran data. 

Setidaknya hingga akhir tahun 2023, terdapat lebih dari 60.000 fasyankes di Indonesia yang terdiri dari 10.000 fasilitas perawatan primer, 17.000 klinik swasta, 3.000 rumah sakit, 1.000 laboratorium, dan lebih dari 30.000 apotek telah masuk dalam SATUSEHAT. Diharapkan seluruh fasyankes tersebut akan segera menerapkan RME sehingga data yang ada dapat saling terhubung dan memudahkan pasien ketika ingin berpindah fasyankes.

Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara juga sudah merasakan dampak RME. Hasil penelitian menunjukkan penerapan RME dapat meningkatkan produktivitas SDM, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, mengurangi efek samping pemberian obat pada pasien rawat jalan dan rawat inap, serta membantu menangani penyakit kronis.

Peningkatan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan menjadi salah satu bukti positif dari dampak RME. Kemudahan bagi dokter, tenaga kesehatan, dan pihak lain yang berwenang untuk mengakses data menjadi kunci dari kecepatan dan ketepatan pengambilan keputusan medis yang terkait dengan keselamatan pasien.

Meski sebagian pihak merasa penerapan RME sulit untuk dilakukan, tetapi kenyataannya dampak RME sudah banyak terbukti di beberapa fasyankes yang menerapkan sistem ini. Bahkan saat ini, AVIAT sebagai vendor yang memiliki pengalaman dan terpercaya telah menyediakan layanan untuk memudahkan proses penerapan RME di rumah sakit yang Anda kelola.

Tertarik untuk merasakan dampak RME pada rumah sakit yang Anda kelola? Hubungi tim marketing AVIAT untuk mendapatkan penawaran terbaik dan informasi selengkapnya! (Sherlya)

Similar Posts