Ingin Meningkatkan Pendapatan Rumah Sakit pada Masa Pandemi? Ketahui Solusinya!
Ingin Meningkatkan Pendapatan Rumah Sakit pada Masa Pandemi Ketahui Solusinya

Ingin Meningkatkan Pendapatan Rumah Sakit pada Masa Pandemi? Ketahui Solusinya!

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Dampak pandemi ternyata juga dapat mempengaruhi cash flow RS. Oleh karena itu, Anda membutuhkan solusi meningkatkan pendapatan rumah sakit yang tepat. Sayangnya, belum semua orang mengetahui solusi tersebut. Untuk itu, Anda perlu mengetahui lebih lanjut tentang apa solusi yang tepat agar pendapatan rumah sakit yang Anda kelola tetap stabil atau meningkat.

Apa saja solusi untuk meningkatkan pendapatan rumah sakit? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Mengenal Sumber Pendapatan Utama Rumah Sakit

Sebelum Anda mengetahui solusi yang tepat untuk meningkatkan pendapatan rumah sakit, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang beberapa sumber pendapatan utama dari rumah sakit atau juga klinik. Dengan begitu, nantinya Anda memperoleh solusi yang tepat sesuai dengan peluang yang tersedia selama masa pandemi seperti saat ini. Adapun sumber pendapatan rumah sakit dapat dibedakan menjadi 3 pos pendapatan  dan pendukungnya yaitu:

  • Instalasi rawat jalan, dikenal sebagai gerbang utama bagi pasien sebelum dirujuk untuk mendapatkan proses perawatan lebih lanjut. Rata-rata instalasi rawat jalan mampu melayani sekitar 70% sampai 80% dari keseluruhan pasien.
  • Instalasi rawat inap, merupakan utama rumah sakit yang berkontribusi cukup besar pada keseluruhan pendapatan rumah sakit, karena biasanya pasien rawat inap berasal dari instalasi rawat jalan yang dirujuk untuk mendapat perawatan intensif.
  • Ruang operasi, dengan pendapatan yang cukup variatif, tergantung dari tindakan yang dilakukan. Jika diprediksi sekitar 40% dari total pasien membutuhkan tindakan operasi, maka dipastikan bahwa penggunaan ruang operasi membawa pendapatan yang cukup besar.
  • Klaim dari JKN, yang dikenal pula dengan sebutan peserta BPJS Kesehatan, yang berkontribusi cukup besar pada pendapatan rumah sakit melalui klaim pada perusahaan penyelenggara.
  • Non-core business, yaitu pendapatan di luar pelayanan kesehatan yang diselenggarakan rumah sakit, contohnya seperti coffee shop, kafetaria, atau juga laundry yang ditujukan bagi pasien dan juga pengantar pasien yang berjaga di rumah sakit.

Cara Meningkatkan Pendapatan Rumah Sakit

Setelah mengetahui beberapa pos pendapatan rumah sakit, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk meningkatkan pendapatan rumah sakit. Adapun beberapa cara yang dapat Anda manfaatkan antara lain:

  • Meningkatkan Kualitas Customer Care

Bagi rumah sakit, pelayanan customer care merupakan elemen penting yang harus diperhatikan. Dengan meningkatnya kualitas layanan, kepuasan pasien dapat tercipta. Dengan begitu, tentunya dapat berdampak langsung pada peningkatan pendapatan rumah sakit.

Perlu Anda ketahui, ketika pasien Anda merasa puas pada saat komunikasi dengan para staf rumah sakit yang Anda kelola, mereka cenderung memiliki persepsi positif terhadap seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang Anda miliki, sehingga Anda kemungkinan mereka akan menjadi konsumen loyal yang ikut membantu promosi rumah sakit.

  • Mengurangi Pengujian yang Tidak Dibutuhkan

Tahukah Anda, ternyata keuntungan rumah sakit malah cenderung meningkat jika mengurangi mengurangi jumlah tes atau pengujian yang tidak diperlukan. Bahkan menurut laporan dari Center for Healthcare Quality & Payment Reform bahwa pengujian tambahan dapat menghabiskan hingga $5 miliar setiap tahunnya. Oleh karena itu, jika Anda dapat mengurangi tes yang tidak dibutuhkan, maka pengeluaran pun dapat ditekan, yang berdampak pada tambahan pendapatan.

  • Mengetahui Performa Revenue Cycle

Cara lainnya untuk meningkatkan pendapatan rumah sakit adalah dengan analisa terhadap revenue cycle pada rumah sakit yang Anda kelola. Dengan mengetahui jenis layanan yang menghasilkan pendapatan paling banyak, nantinya Anda dapat menemukan peluang untuk meningkatkan pendapatan rumah sakit. Contohnya, dengan menambah ketersediaan bed, laboratorium, dan lainnya.

  • Menggunakan Telemedis

Telemedis merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang ingin meningkatkan pendapatan rumah sakit dengan menambah kapasitas dan jangkauan pelayanan kesehatan. Salah satu tujuan dari dihadirkannya telemedis adalah untuk mengurangi waktu kunjungan kembali (readmissions) dari pasien, yang merupakan salah satu indikator dari kualitas pelayanan kesehatan. Dengan penurunan readmissions, maka kualitas pelayanan pasien juga ikut meningkat. Dengan begitu, menghadirkan telemedis sebagai solusi untuk meningkatkan pendapatan rumah sakit adalah pilihan yang tepat.

Itulah tadi penjelasan singkat untuk membantu manajemen dalam meningkatkan pendapatan rumah sakit. Jika saat ini Anda berencana untuk menambah jangkauan layanan kesehatan melalui aplikasi telemedis, Aviat dapat membantu Anda dalam mengembangkan aplikasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit. Dengan fitur kustomisasi dan juga kemampuan aplikasi yang dapat diakses dari mana saja, tentunya rumah sakit yang Anda kelola akan memperoleh manfaat yang optimal dari penggunaan solusi telemedis dari Aviat.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai solusi ini? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Tinggalkan Balasan