4 Alasan Mengapa Faskes Perlu Memiliki Dashboard Jadwal Operasi yang Terintegrasi dengan JKN Mobile BPJS
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mewajibkan setiap mitranya untuk memiliki dashboard jadwal operasi dan jadwal operasi. Fasilitas kesehatan (faskes) juga diharuskan mengintegrasikan sistem internal mereka dengan aplikasi JKN Mobile BPJS sehingga data jadwal operasi tersebut dapat dapat dilihat serta dimonitor oleh pengguna melalui aplikasi di smartphone mereka. Sebagai mitra layanan, faskes harus segera membangun platform dashboard jadwal operasi yang dapat diakses melalui aplikasi JKN Mobile sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.
Meskipun menjadi sebuah persyaratan wajib yang harus dipatuhi, menyediakan informasi jadwal operasi yang transparan dan terintegrasi dengan aplikasi JKN Mobile tidak boleh dipandang sebagai upaya untuk memenuhi kewajiban saja. Pasalnya, implementasi dari kebijakan ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar, baik bagi faskes itu sendiri, BPJS, maupun pasien. Berikut alasan-alasan mengapa faskes perlu mengembangkan dashboard jadwal operasi yang terintegrasi dengan JKN Mobile BPJS.
Menjaga Hubungan Kemitraan yang Baik dengan BPJS
Melansir data dari cnbcindonesia.com, data per 1 September 2023 menunjukan jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mencapai lebih dari 262,74 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, pemanfaatan layanan BPJS pada tahun 2022 mencapai 502,8 juta kunjungan. Data tersebut menunjukan tingginya potensi pasien BPJS.
Kehilangan hubungan kemitraan dengan BPJS bisa saja mengakibatkan penurunan jumlah pasien yang sangat signifikan. Ini berdampak buruk pada bisnis faskes. Sedangkan, untuk menjaga hubungan kemitraan yang baik dengan BPJS, faskes perlu memenuhi persyaratan dan peraturan yang ditetapkan BPJS. Dalam hal ini, faskes perlu memiliki dashboard jadwal operasi yang terintegrasi dengan JKN Mobile BPJS. Ketidakpatuhan terhadap kebijakan tersebut dapat berakibat buruk pada hubungan kemitraan yang telah terjalin dengan baik. Anda tidak ingin hal seperti ini terjadi bukan?
Meningkatkan Kecepatan Respon Layanan
Memenuhi kewajiban untuk memberikan informasi tentang jadwal operasi yang transparan melalui aplikasi JKN Mobile BPJS membawa dampak positif dalam meningkatkan kecepatan respon layanan faskes. Dengan adanya akses langsung melalui aplikasi, faskes dapat memberikan informasi secara lebih cepat dan akurat kepada peserta BPJS. Petugas operasi juga bisa melihat jadwal pasien yang akan menjalani operasi, sehingga bisa segera dipersiapkan dengan baik. Hal ini tidak hanya membantu perencanaan perawatan mereka\dengan lebih efektif, tetapi juga memacu faskes untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka.
Kecepatan respon menjadi kunci dalam memberikan pelayanan yang responsif dan memenuhi kebutuhan pasien. Dengan demikian, inisiatif transparansi jadwal operasi yang bisa diakses pasien melalui aplikasi JKN Mobile BPJS tidak hanya menjadi kewajiban formal, melainkan juga dorongan positif bagi faskes agar lebih tanggap dan efisien dalam menyediakan layanan kesehatan bagi peserta BPJS. Sebagai hasilnya, hubungan antara BPJS dan faskes dapat diperkuat, menciptakan ekosistem kesehatan yang lebih responsif dan bermanfaat bagi masyarakat.
Meningkatkan Keterbukaan dan Kepuasan Pasien
Memenuhi kewajiban memberikan informasi tentang jadwal operasi secara transparan melalui aplikasi JKN Mobile BPJS bukan hanya tugas rutin, melainkan juga langkah signifikan untuk meningkatkan keterbukaan dan kepuasan pasien. Dengan akses mudah melalui aplikasi, pasien dapat dengan cepat mengakses jadwal operasi, memungkinkan mereka untuk merencanakan perawatan dengan lebih baik, serta menghilangkan kekhawatiran akan jadwal operasi yang tidak pasti. Keterbukaan ini akan membangun kepercayaan pasien kepada faskes. Keterbukaan informasi juga berdampak langsung pada meningkatnya kepuasan pasien, menciptakan pengalaman perawatan yang lebih positif.
Meningkatkan Kredibilitas Faskes
Memenuhi kewajiban memberikan informasi tentang jadwal operasi melalui aplikasi JKN Mobile BPJS juga dapat menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kredibilitas faskes. Transparansi jadwal operasi memberikan gambaran yang jelas kepada peserta BPJS tentang ketersediaan layanan medis, dan kepastian pelayanan yang akan mereka dapatkan. Dengan akses mudah melalui aplikasi, peserta dapat memverifikasi informasi dengan cepat, meningkatkan kepercayaan pasien, dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan kredibilitas faskes.
AVIAT SIMRS yang didesain dengan teknologi modul bridging, memungkinkannya untuk diintegrasikan secara langsung dengan Mobile JKN BPJS. Dengan kemampuan ini, tenaga kesehatan dapat mengelola jadwal operasi pasien BPJS langsung melalui dasbor SIMRS. Integrasi langsung ini tidak hanya memastikan akurasi data antara faskes dan BPJS, tetapi juga memungkinkan pengelolaan jadwal yang lebih efisien dan transparan bagi pasien, memenuhi kebutuhan akan informasi yang lengkap dan terkini. Faskes pun dapat meningkatkan kredibilitas layanan dengan citra sebagai faskes modern dan progresif.
Ingin mengetahui lebih banyak tentang AVIAT SIMRS? Hubungi tim marketing AVIAT untuk berdiskusi lebih lanjut!