Gunakan Aviat, Akreditasi Rumah Sakit Meningkat!
Gunakan AVIAT, Akreditasi Rumah Sakit Meningkat

Gunakan Aviat, Akreditasi Rumah Sakit Meningkat!

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Akreditasi rumah sakit sangat penting bagi penyedia layanan kesehatan, karena akreditasi menunjukkan mutu layanan yang dihadirkan oleh setiap institusi kesehatan, baik itu rumah sakit, klinik, atau tempat lain yang menyediakan layanan kesehatan.

Menurut salah satu artikel yang ditulis dalam majalah Dental & Dental pada tahun 2012 yang lalu, masyarakat tidak lagi segan untuk menanyakan kredibilitas tenaga kesehatan. Pemerintah melalui Pasal 40 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit juga menyebutkan bahwa akreditasi rumah sakit wajib dimiliki dan harus diperbarui secara berkala setiap 3 tahun sekali.

Oleh karena itu, meningkatkan akreditasi rumah sakit merupakan salah satu cara untuk menunjukkan bahwa sebuah rumah sakit atau klinik memiliki layanan terbaik. Hanya saja, tidak semua rumah sakit memiliki sumber daya manusia yang memadai untuk mendapatkan akreditasi rumah sakit yang lebih baik. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena Aviat dapat menjadi solusi untuk meningkatkan akreditasi rumah sakit!

Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar akreditasi rumah sakit dapat meningkat? Berikut adalah ulasan lengkap mengenai elemen dan tips meningkatkan akreditasi rumah sakit yang penting untuk Anda ketahui!

Elemen Penilaian dalam Akreditasi Rumah Sakit

Perlu Anda ketahui, penilaian atau asesmen untuk mendapatkan akreditasi rumah sakit pada umumnya dilakukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan sistem akreditasi rumah sakit yang dikenal dengan sebutan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS).

Pada panduan survei SNARS terbaru yang disusun pada tahun 2018 disebutkan bahwa setiap rumah sakit harus memenuhi berbagai elemen penilaian agar dapat meningkatkan akreditasi rumah sakit. Meskipun ada banyak yang perlu dipenuhi, sebenarnya elemen penilaian tersebut dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Regulasi, yaitu peraturan atau regulasi yang disusun oleh rumah sakit, baik berupa kebijakan, pedoman, prosedur, panduan, atau juga peraturan Direktur rumah sakit.
  • Dokumen, merupakan bukti proses kegiatan atau pelayanan yang dapat berbentuk berkas rekam medis, laporan dan/atau notulen rapat, dan/atau hasil audit dan/atau ijazah, serta bukti dokumen pelaksanaan kegiatan lainnya.
  • Observasi, meliputi bukti kegiatan yang didapatkan berdasarkan hasil penglihatan atau observasi yang dilakukan oleh surveyor.
  • Simulasi, merujuk kepada peragaaan kegiatan yang dilakukan oleh staf rumah sakit yang diminta oleh surveyor akreditasi rumah sakit.
  • Wawancara, termasuk yang dilakukan oleh surveyor yang ditujukan kepada pemilik atau perwakilan pemilik, direktur rumah sakit, pimpinan rumah sakit, profesional pemberi asuhan (PPA), staf klinis, staf non-klinis, pasien, keluarga, tenaga kontrak dan lainnya.

Tips Meningkatkan Akreditasi Rumah Sakit Bersama Aviat

Tahukah Anda, ternyata salah satu elemen dalam akreditasi rumah sakit terletak pada manajemen rumah sakit. Tidak semua rumah sakit telah memiliki manajemen yang baik, sehingga penumpukan antrian pasien masih sering terjadi. Per tahun 2019 saja, menurut data yang dihimpun oleh KARS masih terdapat 643 penyedia layanan kesehatan belum terakreditasi dan 45 rumah sakit belum memperpanjang akreditasi rumah sakit.

Untuk itu, tips meningkatkan akreditasi rumah sakit menggunakan Aviat dapat menjadi solusi yang dapat Anda pertimbangkan. Aviat merupakan produk sistem informasi manajemen rumah sakit yang terintegrasi, sehingga dapat menjadi solusi berbasis IT untuk rumah sakit yang tidak memiliki sumber daya manusia atau anggaran untuk menghadirkan manajemen rumah sakit terbaik. Dengan menggunakan Aviat, rumah sakit yang Anda kelola dapat menghadirkan layanan yang lebih baik dan tentunya ikut meningkatkan akreditasi rumah sakit Anda.

Ada beberapa solusi dari Aviat yang dapat membantu Anda dalam manajemen rumah sakit, baik itu manajemen kepegawaian, farmasi, aset, hingga antrian. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), yaitu layanan untuk otomatisasi untuk menyederhanakan dan mengoptimalkan fungsi administrasi dalam rumah sakit. SIMRS dapat membantu manajemen keuangan, pemesanan resep farmasi dan semua kegiatan lainnya dalam sebuah sistem yang terintegrasi.
  • Sistem Aset Manajemen Rumah Sakit (SAMRS), yaitu pemanfaatan teknologi untuk mengelola aset rumah sakit berbentuk peralatan medik, sehingga setiap peralatan dapat digunakan dengan lebih efisien dan efektif untuk pemenuhan akreditasi rumah sakit.
  • Aviat Mobile App, merupakan aplikasi smartphone untuk mengelola antrean pasien secara online, sehingga pasien dapat mendaftar tanpa perlu mengantre langsung. Aplikasi ini juga memungkinkan pasien untuk mengecek histori konsultasi dan transaksi, informasi penyakit, jadwal dokter, hingga rincian biayanya.
  • Medical Record System (SIREM), adalah solusi untuk pengelolaan rekam medis rumah sakit, mulai dari konsultasi, manajemen, pelatihan, hingga alih media digital dan aplikasi medical record yang dapat diakses rumah sakit.

Jadi, setelah mengetahui tips meningkatkan akreditasi rumah sakit menggunakan Aviat, manakah layanan yang dibutuhkan oleh rumah sakit Anda? Hubungi kami sekarang dan temukan solusi IT terbaik untuk tingkatkan mutu pelayanan rumah sakit Anda!

Tinggalkan Balasan