Faskes Anda Masih Memproses Antrean Pendaftaran Pasien Secara Manual? Segera Tinggalkan!

Loket pendaftaran merupakan bagian penting dalam sebuah sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit. Loket pendaftaran menjadi tempat untuk mendokumentasikan identitas pasien serta informasi lain yang diperlukan selama perawatan pasien di rumah sakit. Proses pendaftaran di loket mencakup pengumpulan informasi dasar tentang pasien, seperti nama, usia, alamat, dan keluhan medis yang dihadapi. Banyaknya data yang dicatat menyebabkan pelayanan yang lama. Hal ini seringkali mengakibatkan antrean pendaftaran pasien yang panjang.

Antrean pasien di loket pendaftaran telah menjadi pemandangan yang umum di berbagai fasilitas kesehatan (faskes) mulai dari puskesmas, klinik, hingga rumah sakit. Meskipun sudah menjadi hal yang biasa ditemui, pandangan ini tidak seharusnya dianggap sebagai sesuatu yang biasa dan dibiarkan begitu saja. Antrean panjang di loket pendaftaran merupakan sebuah masalah layanan faskes yang perlu segera ditangani.

Bagaimana Antrean Panjang di Loket Pendaftaran Terjadi

Pelayanan di loket pendaftaran faskes melibatkan kegiatan administrasi pasien dan layanan kesehatan yang dibutuhkan. Hal ini mengharuskan petugas loket untuk mencatat berbagai data pribadi, keluhan dan layanan kesehatan yang dibutuhkan oleh pasien. Melihat fakta bahwa layanan di loket pendaftaran didominasi pekerjaan administrasi, kecepatan petugas faskes dalam mencatat seluruh informasi yang dibutuhkan sangat mempengaruhi kecepatan layanan pendaftaran pasien.

Sayangnya, berdasarkan data cetak biru strategi transformasi digital kesehatan 2024, 80% fasyankes di Indonesia belum memanfaatkan teknologi digital. Rendahnya pemanfaatan teknologi menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan terjadinya antrean pendaftaran pasien yang panjang dan melelahkan. Petugas faskes harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencatat seluruh data pasien secara manual. Padahal, setiap harinya ada puluhan atau bahkan ratusan pasien yang mendaftar layanan kesehatan.

Dampak Lambatnya Layanan di Loket Pendaftaran

Permasalahan antrean panjang di loket pendaftaran memiliki dampak yang serius. Antrean pendaftaran pasien yang tidak dikelola dengan baik menyebabkan pasien harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan layanan medis yang mereka butuhkan. Ini bisa mengakibatkan penundaan dalam diagnosis dan pengobatan, sehingga berpotensi memperburuk kondisi kesehatan pasien.

Antrean lama di loket pendaftaran juga dapat menyebabkan pasien menjadi bosan, frustrasi, bahkan cemas mengenai kondisi kesehatan mereka. Apalagi jika proses administrasi rumit. Dampak psikologis tersebut secara langsung mempengaruhi persepsi terhadap layanan kesehatan yang diberikan oleh faskes Anda. Mereka akan memiliki kesan yang buruk terhadap pelayanan faskes Anda, sehingga lebih memilih untuk berobat di tempat lain.

Antrean pendaftaran pasien yang terlalu lama juga berdampak pada efisiensi sistem kesehatan secara keseluruhan. Antrean yang panjang dapat menghambat proses perawatan, mengakibatkan penumpukan pasien, dan mengganggu jadwal pelayanan medis. Ini dapat mempengaruhi ketersediaan sumber daya, termasuk waktu tenaga medis yang seharusnya dapat dialokasikan untuk memberikan perawatan kepada pasien.

Oleh sebab itu, penting untuk mengatasi permasalahan antrean pendaftaran pasien  guna memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pasien sertai mewujudkan efisiensi dan ketersediaan sumber daya yang memadai bagi kelancaran layanan kesehatan faskes.

Solusi Mengatasi Antrean Pendaftaran Pasien

Dalam era modern, pemanfaatan teknologi telah terbukti mampu menjadi solusi atas berbagai permasalahan, termasuk dalam menghadapi antrian panjang di loket pendaftaran faskes. Penggunaan teknologi self registration (pendaftaran mandiri) yang memungkinkan pasien melakukan pendaftaran layanan kesehatan secara mandiri dapat membantu mengurangi antrean di loket pendaftaran. Dengan meminimalisir jumlah pasien yang mengantre di loket pendaftaran, penumpukan antrean pendaftaran pasien juga dapat dihindari.

Solusi ini tidak hanya efektif dalam mengurangi antrean pasien di loket pendaftaran, namun juga adaptif bagi pasien. Penggunaan teknologi self registration seperti AVIAT KIOSKA memberikan alternatif pendaftaran yang lebih cepat, mudah dan praktis. Pasien dapat mendaftar langsung di mesin tanpa perlu mengantre. Mengurangi waktu tunggu layanan, serta memberikan pengalaman berobat yang modern dan memuaskan. 

AVIAT KIOSKA menjadi solusi unggul untuk mengatasi antrean pendaftaran pasien dengan teknologi self-registration yang inovatif. Dengan mengadopsi AVIAT KIOSKA, faskes dapat mengimplementasikan sistem pendaftaran mandiri yang tidak hanya efektif mengurangi antrean, tetapi juga memberikan pengalaman berobat yang modern dan efisien. AVIAT KIOSKA menonjol dengan solusi yang dapat disesuaikan, mulai dari paket minimalis hingga tinggi, sesuai dengan kebutuhan dan budget faskes. Dengan menggunakan AVIAT KIOSKA, faskes dapat memajukan layanan pendaftaran, meningkatkan kepuasan pasien, dan membawa inovasi teknologi ke dalam pengelolaan antrean kesehatan.

Tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang AVIAT KIOSKA? Hubungi tim marketing AVIAT untuk bertanya lebih lanjut!

Similar Posts