Apa Indikator Rumah Sakit Menerapkan Smart Hospital?

Apa Indikator Rumah Sakit Menerapkan Smart Hospital?

Semakin canggihnya dunia pelayanan kesehatan membuat konsep smart hospital semakin populer. Smart hospital merupakan konsep rumah sakit yang mengolaborasikan teknologi dalam proses klinis sistem manajemen, infrastruktur, serta semua bagian pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada pasien.

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan besar dalam aktivitas pelayanan kesehatan masyarakat. Tuntutan akan pelayanan kesehatan yang semakin tinggi seiring dengan perkembangan zaman dan pertambahan penduduk membuat penggunaan teknologi menjadi kebutuhan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit. Penerapan kesehatan digital juga semakin populer ketika pandemi mewabah dunia. Teknologi mampu menciptakan berbagai solusi pelayanan kesehatan digital seperti telemedis, yang pada akhirnya semakin populer karena efektif mencegah kerumunan di rumah sakit.

Penggunaan teknologi telah membawa perubahan pada pelayanan kesehatan, menjadikannya lebih mudah diakses masyarakat, lebih cepat, efisien dan akurat. Misalnya dalam hal pendaftaran, penggunaan platform aplikasi kesehatan membuat administrasi pendaftaran lebih mudah dan cepat dilakukan, bahkan dapat dilakukan secara online. Data yang diunggah juga dapat diakses dengan mudah ke seluruh unit layanan mulai dari telemedis, ruang pemeriksaan, bahkan hingga billing atau kasir.

Apa Itu Smart Hospital?

Smart hospital merupakan upaya untuk memaksimalkan seluruh aspek pelayanan rumah sakit sehingga memberikan kepuasan dan fleksibilitas bagi pasien. Unsur-unsur penting yang dapat menciptakan terwujudnya smart hospital meliputi pengelolaan, wawasan dan akses data. Namun, meskipun perangkat digital menjadi elemen penting dalam smart hospital, Penggunaan komputer belum cukup untuk memenuhi semua konsep tersebut. Meskipun seluruh bagian rumah sakit telah menggunakan komputer, belum tentu telah menerapkan sistem smart hospital.

Konektivitas antar bagian, yang membuat sistem jauh lebih praktis dan mudah, menjadi salah satu syarat untuk terwujudnya smart hospital. Smart hospital dibangun oleh sistem yang saling terhubung satu sama lainnya, khususnya dengan teknologi internet. Koneksi yang dimaksud meliputi seluruh perangkat medis dan non medis.

Salah satu solusi untuk menciptakan konektivitas tersebut adalah dengan penerapan Sistem Manajemen Informasi Rumah Sakit (SIMRS). Platform aplikasi SIMRS memungkinkan setiap unit terhubung ke dalam satu sistem informasi terpusat dan mengakses data yang tersinkron secara otomatis setiap saat. Hal ini memungkinkan rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih efisien dan cepat karena mengurangi tuntutan pengiriman data secara manual dan koordinasi secara langsung.

Manfaat Penggunaan SIMRS

Kemampuan platform aplikasi SIMRS dalam mengintegrasikan seluruh data dan unit pelayanan rumah sakit memiliki peranan penting dalam menciptakan smart hospital. Berbagai manfaat dan kemudahan yang didapatkan dalam penerapan SIMRS meliputi:

1. Koordinasi antar unit RS

Penggunaan SIMRS memungkinkan data layanan disimpan dalam sistem penyimpanan digital yang terpusat. Hal ini memungkinkan data antar layanan tampil secara real-time dan dapat diakses kapanpun diperlukan. Selain itu, sistem juga memungkinkan proses koordinasi dapat dilakukan dengan jauh lebih mudah. Setiap unit dapat saling bertukar informasi terkait pelayanan, tanpa harus bertemu petugas di unit lainnya, karena dapat saling berkirim data secara digital.

2. Pengiriman data pasien ke unit lainnya

Integrasi informasi pelayanan rumah sakit dari penerapan platform SIMRS berdampak pada proses pengiriman data pasien yang jauh lebih cepat dan mudah, bahkan sejak bagian pendaftaran. Data pasien secara otomatis masuk ke poli pemeriksaan, dokter dapat mengirim resep pasien secara real-time, bagian laboratorium dapat mengirimkan hasil lab pasien ke dokter, bahkan setiap unit layanan dapat mengirimkan data pelayanan yang dinikmati pasien ke bagian penagihan secara langsung. Kecepatan distribusi data mengurangi waktu untuk membawa dokumen yang dibutuhkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

3. Akses pada data pendukung layanan

Selain memudahkan pengiriman data dari satu unit ke unit lainnya, SIMRS memungkinkan data layanan ditampilkan lebih cepat. Misalnya, dokter yang dapat dengan mudah mengakses data rekam medis pasien pada pemeriksaan sebelumnya, tanpa perawat mencari secara manual di gudang arsip. Hal ini tentu sangat membantu dalam proses diagnosis dan analisis tindakan medis yang paling sesuai bagi pasien.

4. Pengawasan dan pengecekan data layanan

Kemampuan platform aplikasi SIMRS dalam menghubungkan semua proses layanan, memudahkan manajemen rumah sakit dapat melakukan pengambilan keputusan strategis. Konektivitas data berada di semua departemen mulai dari administrasi, keuangan, rekam medis, hingga yang berada di luar unit medis seperti kantin. Hal tersebut memudahkan manajemen rumah sakit dalam pengawasan dan pengecekan kondisi layanan kapanpun diperlukan.

Rumah sakit di Indonesia kini dapat mewujudkan sistem smart hospital dengan dukungan platform seperti AVIAT. Selain menyediakan aplikasi SIMRS, AVIAT juga menyediakan aplikasi Sistem Manajemen Rekam Medis (SIREM), telemedis dan Artificial Intelligence (AI) pendukung radiologi. Semua aplikasi tersebut didesain dengan tampilan yang mudah dipahami dan didukung dengan server yang memadai. 

Hubungi tim marketing AVIAT untuk berdiskusi lebih banyak tentang fitur-fitur aplikasi AVIAT! (Septiani)

Similar Posts