Sesuaikan Modul SIMRS dengan Tipe Rumah Sakit Anda

Memilih Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) tidak bisa asal, Anda perlu melihat terlebih dahulu seperti apa tipe rumah sakit yang dikelola sebelum menentukan modul SIMRS yang sesuai. Hal ini merupakan langkah kunci demi memaksimalkan manfaat dari modul yang ada, sehingga baik rumah sakit umum, rumah sakit khusus, ataupun rumah sakit dengan fokus pelayanan tertentu dapat memberikan layanan kesehatan secara maksimal.

Setidaknya ada beberapa panduan yang dapat Anda gunakan sebelum menentukan pilihan terkait modul SIMRS. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat yang terdapat dalam sistem tersebut. Berikut ini beberapa panduan yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penyesuaian modul dengan tipe rumah sakit:

  1. Identifikasi kebutuhan unik

Berdasarkan jenis pelayanannya, rumah sakit memiliki 2 kategori, yaitu rumah sakit umum dan rumah sakit khusus. Rumah sakit umum adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit, sementara rumah sakit khusus hanya memberikan pelayanan kesehatan pada satu bidang atau satu jenis penyakit tertentu, berdasarkan jenis penyakit, golongan usia, spesialisasi organ, dan lain sebagainya.

Dengan perbedaan tersebut, setiap rumah sakit tentu memiliki masing-masing kebutuhan yang berbeda dan unik. Misalnya bagi rumah sakit umum, dapat fokus pada manajemen pasien dan pelayanan umum, di sisi lain rumah sakit khusus mungkin memiliki fokus spesifikasi yang berbeda, seperti manajemen laboratorium tertentu atau spesialisasi medis lainnya. Mengetahui kebutuhan rumah sakit Anda adalah kunci untuk menentukan modul SIMRS yang tepat.

  1. Pilih modul yang relevan

Rumah sakit khusus, misalnya rumah sakit ibu dan anak, rumah sakit jiwa, rumah sakit kanker, hingga rumah sakit ketergantungan obat tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus memilih modul yang dapat memenuhi kebutuhan rumah sakit, seperti modul SIMRS yang dapat menghadirkan fitur untuk mendukung manajemen pelayanan kesehatan pasien anak-anak.

  1. Integrasi dengan sistem lain

Selain kedua hal di atas, apabila rumah sakit memerlukan sistem atau perangkat medis khusus, pastikan modul SIMRS yang hendak Anda gunakan mampu terintegrasi dengan sistem lain. Kemampuan integrasi antar sistem akan memudahkan proses pertukaran data serta meningkatkan efisiensi dan akurasi data.

  1. Fleksibilitas dan skalabilitas

Dalam perjalanannya, rumah sakit tentu akan terus berkembang untuk semakin maju, sehingga sangat penting bagi Anda untuk memilih modul SIMRS yang bersifat fleksibel dan dapat ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan dan perubahan rumah sakit. Kemampuan sistem untuk menyesuaikan diri menjadi pertimbangan penting agar ketika rumah sakit berkembang, Anda dapat langsung meningkatkan kemampuan sistem yang ada tanpa perlu berganti sistem atau beralih ke vendor lain.

  1. Keamanan dan kepatuhan regulasi

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi, berbagai data yang terdapat dalam rekam medis elektronik, seperti nomor identitas, informasi medis, alamat lengkap, foto dokumen, dan identitas keluarga termasuk ke dalam data pribadi yang tidak boleh disalahgunakan dan disebarluaskan. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memilih modul SIMRS yang memenuhi standar keamanan dan memiliki kepatuhan terhadap regulasi lain yang berlaku.

Temukan Modul SIMRS yang Sesuai dengan AVIAT 

Melihat adanya kebutuhan yang berbeda pada masing-masing tipe rumah sakit, AVIAT menghadirkan 3 versi modul SIMRS yang dapat menjadi pilihan bagi Anda. Ketiganya didukung dengan fitur yang berbeda-beda, mulai dari fitur paling sederhana yang ada pada modul light, fitur menengah pada modul standard, dan fitur paling lengkap pada modul enterprise.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur apa saja yang terdapat pada masing-masing modul, Anda dapat mengunjungi link ini. Tertarik untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai modul SIMRS milih AVIAT? Segera hubungi tim marketing kami!

Similar Posts