Standarisasi Referensi Data Platform SATUSEHAT
Menetapkan standarisasi pendataan sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pertukaran data yang akan berlangsung di antara Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes), melalui SATUSEHAT.
Sudah hampir satu tahun, sejak platform tersebut pertama kali diluncurkan dan diresmikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 26 Juli 2022. Platform ini dirancang untuk menghadirkan pembaruan pelayanan kesehatan dan integrasi data di antara Fasyankes di seluruh Indonesia.
Melalui SATUSEHAT, Kemenkes menaruh harapan besar agar seluruh data kesehatan dapat saling terhubung, sehingga pelayanan yang diberikan untuk masyarakat lebih maksimal. Namun, untuk mewujudkan transformasi di bidang kesehatan ini diperlukan standarisasi data demi memudahkan petugas kesehatan di tiap Fasyankes.
Beberapa Data yang Terdapat Dalam SATUSEHAT
Terdapat beberapa data dalam platform SATUSEHAT, untuk menyelaraskan semuanya diperlukan adanya standarisasi data. Dengan standarisasi yang terbentuk, nantinya petugas kesehatan tidak lagi perlu bingung, karena sudah ada patokan mengenai da yang harus dimasukkan.
Berikut ini adalah beberapa data dalam platform SATUSEHAT yang harus sesuai dengan standar yang diberikan:
1. Data pasien
Data pasien menjadi salah satu data yang krusial karena menyangkut data pribadi seseorang. Data ini meliputi, nama, tanggal lahir, alamat, dan berbagai informasi pribadi lainnya, termasuk perjalanan penyakit dan pengobatan yang sedang dijalani oleh pasien.
Dengan sudah tercantumnya data pribadi pasien ke dalam SATUSEHAT, pasien tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang jika ingin berpindah Fasyankes, mereka cukup melakukan proses validasi karena semua data sudah saling terintegrasi.
2. Data tenaga kesehatan
Tidak hanya data pasien, keberadaan data tenaga kesehatan juga menjadi bagian yang penting dalam platform SATUSEHAT. Di mana data ini akan meliputi, nama, Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP), Surat Izin Praktik (SIP), dan lain sebagainya.
Dengan adanya data ini, pasien juga dapat mengetahui mengenai legalitas petugas kesehatan. Pasien juga bisa memantau memilih dokter yang akan menanganinya.
3. Data fasyankes
Data fasyankes menyediakan informasi pendukung terkait dengan organisasi penyedia layanan kesehatan yang akan pasien tuju. Misalnya informasi mengenai rumah sakit, puskesmas, klinik, laboratorium, dan Fasyankes lainnya.
4. Data alat kesehatan dan obat
Standarisasi data alat kesehatan dan obat dalam platform SATUSEHAT meliputi, alat kesehatan dan obat yang digunakan dalam proses pelayanan pasien. Hal ini juga termasuk obat-obatan dan alat kesehatan yang dijual serta diresepkan untuk pengobatan pasien.
5. Data pembiayaan
Data pembiayaan dalam platform SATUSEHAT berisi data yang menerangkan biaya-biaya yang timbul dan dibebankan atas penanganan medis yang dilakukan. Penetapan data pembiayaan juga bisa digunakan sebagai standar penyusunan format pembiayaan dan tindakan medis.
6. Data layanan
Standarisasi data juga meliputi data layanan yang diberikan Fasyankes dan dampak yang didapatkan dari pelayanan tersebut. Dari data yang didapatkan, nantinya Fasyankes dapat membuat standarisasi dan mengevaluasi sistem pelayanan yang telah diberikan.
Inilah 6 data di dalam SATUSEHAT, keseluruhan data tersebut telah distandarisasi demi memudahkan proses pertukaran data di antara Fasyankes. Selain itu, dengan standarisasi data ini, juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan pasien yang lebih cepat.
Apabila ingin meningkatkan pelayanan di rumah sakit yang Anda kelola dan menghubungkannya dengan SATUSEHAT, Anda dapat menerapkan aplikasi SIMRS yang dimiliki oleh Aviat. Aplikasi ini telah didukung oleh teknologi Application Programming Interface (API) yang bisa terhubung dengan berbagai aplikasi lain.
Jadi, jika menerapkan Aviat SIMRS, sistem rumah sakit yang Anda kelola dapat langsung saling bertukar data dengan Fasyankes lain dan menjalankan pelayanan kesehatan dengan lebih efektif.
Tertarik untuk mengetahui detail aplikasi Aviat SIMRS? Segera hubungi tim marketing Aviat dan dapatkan informasi selengkapnya! (Sherlya)