SIREM: Jangan Gunakan Rekam Medis Elektronik Sebelum Baca ini!

SIREM: Jangan Gunakan Rekam Medis Elektronik Sebelum Baca ini!

Penggunaan SIREM atau sistem rekam medis elektronik disebut-sebut dapat menjadi solusi bagi peningkatan efisiensi dan akurasi pemeriksaan dokter. Benarkah demikian?

Sejatinya, kehadiran teknologi pada industri kesehatan benar-benar dapat membantu meningkatkan kualitas dari layanan kesehatan yang dihadirkan. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak rumah sakit, baik yang dikelola oleh pemerintah atau swasta.

Pada umumnya, fasilitas kesehatan yang di bawah standar dan tidak dilengkapi teknologi dapat berakibat pada ketidakpercayaan masyarakat pada sebuah bisnis pelayanan kesehatan, terutama jika akurasi diagnosis dokter yang bertugas dipertanyakan.

Di sinilah kehadiran aplikasi pengelolaan rekam medis elektronik seperti SIREM dari Aviat dibutuhkan, karena mampu membantu dokter dalam memberikan sesi konsultasi dan diagnosis yang lebih baik.

Kriteria Sistem Rekam Medis yang Dibutuhkan Rumah Sakit

Meskipun aplikasi rekam medis elektronik mampu membantu peningkatan kualitas pelayanan, bukan berarti Anda dapat memiliki sistem rekam medis secara sembarangan. Jika sampai salah pilih, Anda akan menghabiskan biaya yang lebih besar tetapi tidak mendapatkan output yang diharapkan.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu agar sistem rekam medis elektronik yang dipilih telah memenuhi beberapa kriteria berikut ini:

1. Mengintegrasikan data dari berbagai sumber

Pada era modern seperti saat ini, kehadiran kumpulan data yang besar dari berbagai sumber yang dikenal sebagai big data sangatlah dibutuhkan. Kompleksitas data yang semakin banyak dapat dimanfaatkan oleh kecerdasan artifisial (AI) untuk menemukan pola perilaku atau juga keluhan yang mampu membantu dokter dalam mendiagnosa gangguan kesehatan pasien dengan akurat.

Selain itu, big data ini juga dibutuhkan agar dokter yang bertugas dapat mengumpulkan data riwayat medis pasien dari berbagai pusat penyimpanan data, sehingga alergi obat-obatan atau pengobatan dapat segera diketahui.

Mengingat pentingnya data dari berbagai sumber tersebut, maka sistem rekam medis elektronik yang Anda gunakan pun harus memenuhi kriteria ini agar layak digunakan untuk jangka panjang.

2. Mengumpulkan data pada titik pelayanan

Kriteria sistem rekam medis elektronik yang perlu dipenuhi adalah kemampuan sistem aplikasi tersebut dalam mencatat, mendokumentasikan dan menyimpan data kesehatan pasien pada titik pelayanan (capture data at the point of care), yang artinya data yang dimasukkan oleh dokter pada saat pemeriksaan pasien dapat langsung dikelola.

Tidak semua aplikasi dan sistem rekam medis elektronik mampu memenuhi kriteria ini, tetapi lain halnya dengan SIREM dari Aviat, yang telah memenuhi kebutuhan pengumpulan data berkat adanya server on premise yang terletak langsung di dalam rumah sakit.

3. Mendukung pemberi pelayanan dalam pengambilan keputusan

Tidak hanya pengumpulan data saja, tetapi sistem rekam medis yang Anda gunakan pun harus benar-benar dapat membantu dokter dan tenaga medis lainnya dalam pengambilan keputusan berbasis data.

Dengan adanya backup dari data kesehatan ini, nantinya validitas pemeriksaan kesehatan pasien menjadi lebih baik. Risiko terjadinya malpraktik pun dapat diminimalisir, sehingga proses penyembuhan pasien menjadi lebih terjamin.

Tentunya hal ini tidak dapat dilakukan jika Anda tidak memiliki sistem rekam medis elektronik yang dapat diandalkan. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda berkenalan dengan solusi dari Aviat!

Apa itu SIREM dari Aviat?

SIREM merupakan sebuah aplikasi rekam medis elektronik yang dikembangkan oleh Aviat, sebuah vendor teknologi kesehatan terkemuka yang telah dipercaya banyak RS dan klinik. 

Solusi SIREM hadir sebagai bentuk dari misi Aviat untuk menghadirkan layanan teknologi yang benar-benar memenuhi kriteria dari aplikasi rekam medis yang lebih efisien dan siap digunakan (easy to deploy).

Selain itu, SIREM dari Aviat juga dapat diintegrasikan dengan Aviat SIMRS, sebuah sistem informasi manajemen rumah sakit yang dapat mengintegrasikan seluruh departemen rumah sakit, sehingga Anda dapat mewujudkan konsep smart hospital dari masa depan sedini mungkin.

Jadi, tunggu apa lagi? Temukan informasi selengkapnya mengenai Aviat SIREM sekarang juga dengan menghubungi tim marketing Aviat sekarang juga! (Pradana)

Similar Posts