Mengapa SIMRS harus Diterapkan di Rumah Sakit?

Mengapa SIMRS harus Diterapkan di Rumah Sakit?

Terlepas dari diwajibkannya aplikasi Sistem Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) oleh Kemenkes pada setiap rumah sakit, kehadirannya memang benar-benar dapat membantu manajemen RS menjadi lebih baik. Manfaat dari penggunaan aplikasi tersebut bagi rumah sakit pun sudah diketahui oleh banyak orang, terutama yang berhubungan pada pelayanan pasien yang lebih baik dan meningkatnya citra baik RS di hadapan masyarakat.

Meskipun begitu, ada yang masih luput dari pemberitaan mengenai maraknya penggunaan aplikasi sistem informasi untuk manajemen rumah sakit ini, yaitu kaitannya dengan well being atau kesejahteraan karyawan medis dan non-medis yang bekerja di rumah sakit.

Apa saja dampak yang dihasilkan oleh aplikasi SIMRS bagi karyawan yang menjadikannya sangat penting untuk Anda adopsi hari ini juga? Berikut penjelasan selengkapnya!

4 Dampak Penggunaan Aplikasi SIMRS bagi Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan tidak selamanya berarti gaji yang lebih tinggi atau juga fasilitas yang lebih lengkap bagi karyawan, tetapi juga kenyamanan dan budaya kerja yang dapat mendukung setiap karyawan agar dapat berkembang.

Di sinilah potensi aplikasi SIMRS yang masih belum disadari oleh banyak manajemen RS. Aplikasi ini mampu memudahkan karyawan untuk mengelola beberapa aktivitas sulit yang acapkali menjadi penyebab stres berlebih bagi karyawan.

Beberapa aktivitas yang dapat terbantu berkat adanya aplikasi SIMRS meliputi:

1. Menghindari kekosongan stok peralatan dan obat-obatan

Kekurangan stok peralatan dan obat-obatan yang mampu mendukung kesembuhan pasien merupakan ‘momok’ bagi rumah sakit, karena  hal ini dapat menurunkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan.

Peran aplikasi SIMRS sangat dibutuhkan untuk menghindari kekosongan tersebut, karena umumnya aplikasi sistem informasi manajemen rumah sakit seperti yang dimiliki Aviat telah dilengkapi dengan fitur notifikasi jika stok peralatan medis dan obat-obatan sudah di bawah ambang batas rata-rata, sehingga karyawan dapat segera memesan stok baru tanpa perlu menunggu adanya komplain dari pasien atau juga dokter.

2. Pencarian rekam medis menjadi lebih cepat dan mudah

Pencarian rekam medis yang terhambat juga tidak jarang membuat dokter atau staf medis yang bertugas kewalahan. Bahkan jika dibiarkan terus-menerus, risiko human error yang mengakibatkan menurunnya akurasi diagnosis dokter dapat terjadi.

Hal ini tidak akan terjadi seandainya Anda menggunakan aplikasi SIMRS yang telah dilengkapi modul pengelolaan e-rekam medis, yang memungkinkan verifikasi data dan pencarian riwayat kesehatan pasien hanya dalam hitungan detik.

Informasi terkait kesehatan dan juga alergi pasien sebelumnya dapat menjadi ‘amunisi’ utama agar dokter atau staf medis yang bertugas dapat memberikan treatment yang tepat, sehingga tingkat kesembuhan pasien dapat meningkat.

3. Meringankan pekerjaan administrasi dan manajemen

Meskipun jarang terlihat, nyatanya pekerjaan pada bidang administrasi dan manajemen RS juga sama beratnya dengan karyawan medis yang bertugas di lapangan. Mereka harus memastikan agar anggaran dan pengaturan jadwal dokter dan elemen rumah sakit lainnya sesuai dengan porsinya.

Di sinilah kehadiran aplikasi SIMRS dibutuhkan agar aktivitas administratif dan manajerial dapat dilakukan secara eagle view, yang artinya monitoring dapat dilakukan secara menyeluruh, sehingga prosesnya menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Memudahkan proses akuntansi rumah sakit

Departemen keuangan rumah sakit juga ikut diuntungkan dengan adanya aplikasi SIMRS, karena mereka dapat mencatat alur keluar-masuk aliran kas rumah sakit dengan lebih mudah. Apalagi jika Anda menggunakan yang telah dilengkapi modul accounting seperti yang dimiliki Aviat SIMRS, tentunya sistem pembukuan yang lebih terintegrasi dan transparan pun dapat tercipta. Fitur yang lengkap seperti mengecek laporan keuangan berdasarkan periode tertentu juga cukup memudahkan, sehingga pekerjaan karyawan jadi lebih ringan.

Solusi SIMRS dari Aviat

Saat ini, manfaat dari solusi aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dari Aviat telah banyak dirasakan berbagai rumah sakit dari berbagai wilayah di Indonesia. Solusi ini memungkinkan rumah sakit untuk menjadi lebih ‘cerdas’ berkat adanya modul lengkap yang menjadikan integrasi antar departemen dapat tercipta.

Selain itu, Aviat SIMRS juga dilengkapi kemampuan bridging dari pihak ketiga yang menjadikan proses klaim BPJS hingga Jasa Raharja jadi lebih mudah.

Tertarik untuk mengetahui solusi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dari Aviat? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Similar Posts