Optimalkan Layanan Praktik Mandiri dengan AVIAT SIMKlinik
Jumlah penduduk Indonesia diproyeksikan akan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya hingga tahun 2034. Dilansir dari lokadata.beritagar.id, peningkatan jumlah penduduk tersebut diiringi dengan meningkatnya jumlah penduduk lanjut usia (lansia). Kondisi tersebut berdampak pada meningkatnya permintaan dan kebutuhan pelayanan kesehatan seiring dengan berjalannya waktu. Itulah sebabnya penggunaan aplikasi layanan klinik seperti AVIAT SIMKlinik semakin banyak direkomendasikan.
Meningkatnya kebutuhan pelayanan kesehatan menjadi tantangan bagi semua penyedia layanan kesehatan, termasuk bagi pemerintah dan swasta. Bukan hanya dari segi kuantitas, namun juga kualitas pelayanan yang harus semakin baik. Hal tersebut tidak terlepas dari bertambahnya penyakit kronis yang ada serta pertambahan populasi lansia itu sendiri.
Perlunya Digitalisasi Layanan Kesehatan
Perkembangan teknologi saat ini telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pada sektor kesehatan. Teknologi telah menawarkan berbagai fitur dan kemudahan yang membantu mendorong pelayanan kesehatan yang lebih efektif dan efisien. Sayangnya, layanan kesehatan dan klinik di Indonesia masih relatif tertinggal dalam menerapkan teknologi pada pelayanan kesehatan, jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.
Agar dapat beradaptasi dan memenuhi kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang baik di masa ini dan yang akan datang, penggunaan teknologi menjadi hal yang sangat krusial, termasuk bagi klinik. Pemanfaatan platform aplikasi klinik, seperti AVIAT SIMKlinik dapat mengoptimalkan kualitas layanan praktik mandiri yang Anda sediakan. Berikut adalah cara Aviat SIMKlinik mampu meningkatkan kualitas layanan kualitas klinik Anda:
1. Pendaftaran yang lebih cepat dan praktis
Meskipun terlihat sepele, bagian pendaftaran juga menjadi kunci penting dalam efisiensi dan efektifitas layanan klinik. Pelayanan yang lambat dan merepotkan dapat berakibat pada lambatnya pelayanan, sehingga berpotensi menyebabkan antrean panjang. Banyaknya tugas administratif yang harus dikerjakan juga cukup merepotkan petugas atau bahkan pasien itu sendiri.
Dengan menggunakan AVIAT SIMKlinik, proses pendaftaran dapat lebih cepat dan praktis. Administrasi pendaftaran dapat dilakukan secara digital atau bahkan online. Cara seperti ini tidak hanya praktis, tapi juga memberikan pengalaman baru yang positif bagi pasien.
2. Integrasi data
AVIAT SIMKlinik memungkinkan berbagai dokumen pasien dan operasional disimpan secara digital. Dokumen klinik disimpan dalam satu pusat penyimpanan yang terintegrasi di setiap unit layanan. Hal ini akan sangat membantu operasional layanan dan koordinasi antar unit layanan. Dokter dapat dengan mudah mengakses data pasien selama proses pemeriksaan langsung dari perangkat digital di ruang pemeriksaan secara real-time. Hal ini memudahkan proses diagnosis dan analisis dokter.
Bukan hanya dalam pemeriksaan, platform aplikasi AVIAT SIMKlinik juga memudahkan proses koordinasi antar departemen. Misalnya bagian pendaftaran dapat mengirim data secara langsung ke bagian rekam medis atau poli pemeriksaan, dokter dapat mengirim resep secara langsung ke bagian farmasi, dan bagian kasir dapat mengakses layanan apa saja yang didapatkan pasien real-time sehingga membuat pelayanan jauh lebih efisien dan cepat.
3. Beban administrasi yang ringan
Tidak hanya menghabiskan kertas, pekerjaan administrasi klinik yang dilakukan secara konvensional juga menghabiskan banyak waktu dan tenaga staf klinik Anda. Waktu kerja yang harusnya dapat dioptimalkan untuk melayani pasien, justru dihabiskan untuk tugas-tugas administrasi yang bersifat teknis.
Penerapan platform AVIAT SIMKlinik dapat mengurangi beban administrasi tersebut melalui otomatisasi sistem. Dokumen-dokumen klinik tidak lagi perlu dikelola secara manual. Membuat dokumen secara digital tentu jauh lebih mudah dan cepat daripada membuatnya secara manual. Proses pembuatan data, pengiriman, akses, dan penyimpanan dapat jauh lebih cepat dan mudah.
4. Manajemen jadwal pasien yang lebih mudah
Salah satu hal penting dalam pengelolaan klinik adalah mengatur jadwal periksa pasien. Tanpa penjadwalan yang baik, kapasitas layanan berisiko overload pada satu waktu, namun justru sangat kosong di waktu yang lainya. AVIAT SIMKlinik menyediakan fitur pengelolaan jadwal pemeriksaan secara digital yang jauh lebih mudah. Hal ini akan membantu petugas mengatur pemerataan beban layanan setiap harinya.
5. Mengurangi kesalahan medis
Platform AVIAT SIMKlinik memiliki fitur yang akan memberikan peringatan apabila terdapat potensi kesalahan dalam pencatatan data pemeriksaan. Hal ini secara otomatis akan mengurangi atau bahkan meniadakan potensi kesalahan administrasi yang dapat berdampak pada kesalahan penanganan. Dengan meminimalisir kesalahan administrasi klinik, kualitas layanan secara otomatis akan semakin baik dan optimal. Kepercayaan pasien terhadap klinik juga otomatis akan turut meningkat.
Inilah saatnya klinik Anda mengoptimalkan layanan dengan dukungan AVIAT SIMKlinik. Selain mewujudkan sistem administrasi yang lebih efektif dan praktis bagi masing-masing pihak, penggunaannya juga akan meningkatkan kredibilitas klinik di mata pasien. Hubungi tim marketing AVIAT segera untuk mendiskusikannya lebih lanjut! (Septiani)