Optimalkan Kecerdasan Digital bagi Layanan Kesehatan RS Anda
Dalam era disrupsi teknologi seperti saat ini, digitalisasi layanan kesehatan dapat menjadi solusi agar rumah sakit yang dikelola tetap dapat bertahan. Apalagi mengingat banyak rumah sakit yang sudah mengadopsi sistem digital, tentunya Anda tidak bisa berdiam diri dan bertahan dengan sistem konvensional.
Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kecerdasan digital untuk membantu rumah sakit dalam memberikan pelayanan berbasis digital yang mampu membantu peningkatan kualitas pelayanan.
Apa itu sebenarnya kecerdasan digital dan dampaknya bagi digitalisasi layanan kesehatan? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!
Pengertian Kecerdasan Digital
Mengacu pada artikel yang dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara, kecerdasan digital atau dikenal dengan nama lain Digital Intelligence Quotient (DQ) merupakan kumpulan dari kompetensi atau keahlian teknis, metakognitif, kognitif, dan juga sosio-emosional untuk memanfaatkan teknologi informasi yang tersedia secara digital untuk peluang hidup yang lebih baik.
Jika dipadukan dengan digitalisasi layanan kesehatan, maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan digital merupakan landasan berpikir untuk memanfaatkan teknologi pada proses pelayanan pasien, baik dari tingkat administratif hingga tindakan medis yang krusial bagi nyawa pasien.
Peran Digitalisasi Layanan Kesehatan dan Kecerdasan Digital
Baik digitalisasi layanan kesehatan dan juga kecerdasan digital sebenarnya sama-sama dibutuhkan agar rumah sakit yang Anda kelola dapat berkompetisi dengan lebih baik di era disrupsi. Kedua komponen ini memiliki peran penting terutama dalam hal:
Menghindari penumpukan pasien di meja registrasi
Pelayanan kesehatan konvensional identik dengan penumpukan pasien pada meja registrasi. Hal tersebut tentunya tidak akan lagi terjadi jika Anda melakukan digitalisasi layanan kesehatan, dengan sistem seperti SIMRS dan juga aplikasi antrean online untuk mengarahkan calon pasien untuk mendaftarkan diri melalui aplikasi berbasis smartphone dan datang pada waktu yang telah dipilih.
Mempercepat konsultasi dengan pasien
Teknologi seperti telemedis memungkinkan agar Anda menyediakan konsultasi dokter jarak jauh untuk pasien. Dengan adanya sistem yang tepat seperti yang dimiliki Aviat, Anda dapat mempercepat konsultasi tanpa perlu mengorbankan kualitas pelayanan. Dengan begitu, pasien tetap merasa puas dengan digitalisasi layanan kesehatan yang Anda miliki, dokter pun dapat melayani lebih banyak pasien.
Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan
Tidak hanya dapat mempertahankan kualitas pelayanan dengan adanya digitalisasi layanan kesehatan dan juga kecerdasan digital, tetapi adanya sistem informasi juga mampu meningkatkan kualitasnya. Salah satunya dengan menggunakan Aviat SIMRS untuk menjadikan manajemen pelayanan yang lebih efisien.
Proteksi lebih untuk keselamatan pasien dan tenaga kesehatan
Pada era pandemi seperti saat ini, kehadiran digitalisasi layanan kesehatan juga dapat meningkatkan potensi harapan hidup dari pasien dan juga tenaga kesehatan.
Tidak perlu ada lagi tenaga kesehatan yang berjatuhan karena rumah sakit mengalami over capacity, karena pelayanan yang tidak urgen dapat dilakukan melalui telemedis. Jadi, pelayanan langsung di rumah sakit hanya difokuskan pada penyakit serius yang membutuhkan tindakan mendesak.
Efisiensi biaya pelayanan kesehatan
Dengan adanya digitalisasi layanan kesehatan, Anda juga dapat meningkatkan efisiensi dari struktur biaya yang dibebankan kepada pasien. Hal ini dapat menjadikan biaya menjadi lebih terjangkau, sehingga dapat diakses oleh semua kalangan.
Sementara itu, rumah sakit tidak perlu takut mengalami penurunan pendapatan, karena biaya yang dibutuhkan untuk setiap pelayanan yang dihadirkan juga ikut mengecil.
Solusi Digitalisasi Layanan Kesehatan Terbaik untuk Rumah Sakit
Saat ini, Aviat merupakan vendor terkemuka yang menyediakan solusi terkini untuk membantu rumah sakit dalam melakukan digitalisasi layanan kesehatan. Dengan berbagai solusi yang ditawarkan, Aviat merupakan pilihan tepat untuk Anda.
Aviat menyediakan beberapa solusi berbasis teknologi yang Anda butuhkan, antara lain:
Aviat Telemedis, untuk membantu Anda dalam menghadirkan konsultasi kesehatan jarak jauh kepada pasien yang berada di luar jangkauan pelayanan rumah sakit.
Aplikasi SIMRS, yaitu aplikasi web based yang memungkinkan rumah sakit dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan dengan bantuan sistem informasi.
Aviat Mobile App, merupakan aplikasi antrean online yang dapat membantu Anda dalam mengurangi beban kerja meja registrasi dengan mengalihkan pasien mendaftar melalui aplikasi berbasis smartphone yang dapat diakses dari mana saja.
Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk memulai digitalisasi layanan kesehatan bersama Aviat. Hubungi tim marketing kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)