Wujudkan Kesempurnaan Layanan Kesehatan dengan Transformasi Digital bagi Telemedis

Wujudkan Kesempurnaan Layanan Kesehatan dengan Transformasi Digital bagi Telemedis

Pandemi telah memaksa banyak bisnis pelayanan kesehatan melakukan transformasi digital yang menyeluruh agar dapat melayani pasien dengan lebih baik. Permasalahannya, tidak semua rumah sakit dan juga klinik siap dengan perubahan yang begitu cepat ini.

Banyak bisnis pelayanan kesehatan yang akhirnya tetap bertahan dengan cara konvensional dan akhirnya ketinggalan dalam kompetisi. Akibatnya pun cukup fatal, mulai dari penurunan pemasukan hingga risiko penutupan akibat bangkrut.

Untuk itu, solusi telemedis hadir untuk melengkapi proses transformasi digital Anda. Dengan adanya teknologi ini, rumah sakit pun tetap dapat melayani pasien dari jarak jauh.

Bagaimana sebenarnya tren telemedis mampu menjadi langkah yang tepat untuk membawa perubahan bagi rumah sakit? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Tantangan Telemedis sebagai Solusi Transformasi Digital

Meskipun hadir layaknya “penyelamat” bagi rumah sakit, kehadiran telemedis untuk membantu transformasi digital rumah sakit bukannya tanpa celah. Ada beberapa hal yang masih menjadi tantangan berat bagi rumah sakit dan juga klinik yang akan mengadopsi konsep konsultasi dokter jarak jauh.  Beberapa tantangan tersebut meliputi:

  • Budaya konsultasi tatap muka yang masih kuat

Tidak semua orang siap dengan perubahan. Anda akan menemui banyak sekali orang yang masih kukuh untuk menerapkan cara lama berkonsultasi melalui cara tatap muka. Culture challenge seperti ini tentunya tidak mudah untuk ditaklukkan.

Untuk mengatasinya, rumah sakit atau juga klinik harus melakukan edukasi menyeluruh bagi pasien lama dan juga calon pasien. Anda harus dapat meyakinkan mereka bahwa transformasi digital dengan adanya telemedis tidak akan mengurangi kualitas dan pengalaman pasien dalam mendapatkan konsultasi dari tenaga medis ahli yang berpengalaman.

  • Masih rendahnya literasi digital masyarakat Indonesia

Masalah budaya konsultasi tatap muka bukan satu-satunya tantangan yang dihadapi untuk mengadopsi telemedis sebagai langkah transformasi digital. Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), tingkat literasi masyarakat Indonesia belum seluruhnya baik. Masih ditemukan beberapa daerah yang belum memiliki tingkat literasi digital yang baik.

Permasalahan ini tidak hanya dihadapi oleh pengguna telemedis semata, tetapi juga tenaga medis yang belum semuanya update dengan teknologi. Tantangan ini tentunya perlu mendapatkan perhatian serius, mengingat disrupsi teknologi bagi industri pelayanan kesehatan tidak terbendung lagi.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan solusi telemedis yang mudah digunakan seperti Aviat Telemedis, yang didesain dengan interface yang mudah dimengerti oleh pengguna yang awam dengan sistem telemedis. Dengan begitu, penggunaan telemedis menjadi lebih optimal, baik untuk tenaga kesehatan atau juga pasien.

  • Koneksi internet yang belum stabil di Indonesia

Bagi Anda yang berlokasi di kota besar, tentunya koneksi internet sudah lebih stabil. Akan tetapi, bagi rekan-rekan yang berada di wilayah yang lebih terpencil, tentunya kehadiran internet yang cepat masih sebuah keniscayaan.

Padahal internet merupakan pondasi dasar dari transformasi digital, karena seluruh sistem yang digunakan dapat berjalan jika ada dukungan koneksi internet yang baik.

Untuk itu, dibutuhkan sinergi antara pemerintah, penyedia layanan internet, dan juga rumah sakit dalam menciptakan jaringan yang mampu mentransformasi lanskap digital tanah air. Tanpa adanya hal tersebut, sistem sebaik apapun akan kesulitan untuk berjalan dengan optimal.

Solusi Transformasi Digital dari Aviat

Untuk mendukung komitmen rumah sakit dalam menghadirkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, Aviat hadir dengan solusi untuk konsultasi jarak jauh yang bernama Aviat Telemedis.

Berbeda dengan aplikasi telemedis lainnya yang beredar di pasaran, Aviat memiliki berbagai fitur penting untuk menunjang penggunaan telemedis yang lebih optimal. Mulai dari fitur untuk video call dan live chat, fitur news untuk memberikan informasi mengenai promo, hingga penilaian kinerja dokter yang dapat membantu rumah sakit dalam menjaga kualitas layanannya.

Oleh karena itu, menjadikan Aviat Telemedis sebagai langkah awal untuk melakukan transformasi digital pada rumah sakit atau klinik yang Anda kelola merupakan pilihan yang tepat. Anda dapat segera menghubungi tim marketing kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Similar Posts