Digitalisasi Pelayanan Administrasi Rumah Sakit Dimulai dari Sekarang!
Digitalisasi Pelayanan Administrasi Rumah Sakit Dimulai dari Sekarang

Digitalisasi Pelayanan Administrasi Rumah Sakit Dimulai dari Sekarang!

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Di era perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini, digitalisasi pelayanan RS bukan lagi menjadi pilihan melainkan keharusan yang patut dipertimbangkan oleh manajemen rumah sakit. Dengan begitu, rumah sakit dapat memberikan pelayanan kepada pasien dengan optimal dan juga sesuai dengan kebutuhan zaman yang cepat berubah.

Akan tetapi, belum semua orang yang bekerja di sektor pelayanan kesehatan memahami tentang pentingnya digitalisasi pelayanan RS. Oleh karena itu, jika Anda yang masih ragu dengan digitalisasi, maka informasi berikut ini jangan sampai terlewatkan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Pentingnya Digitalisasi Pelayanan RS

Perlu Anda ketahui, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) sebenarnya sudah mendorong adanya digitalisasi pelayanan RS. Meskipun begitu, belum semuanya yakin jika digitalisasi merupakan solusi yang tepat untuk menghadapi perubahan zaman. Untuk itu, penting rasanya bagi Anda untuk mengetahui  beberapa alasan pentingnya digitalisasi pelayan RS, antara lain seperti berikut ini:

  • Efisiensi pelayanan

Dengan adanya digitalisasi pelayanan RS, nantinya pelayanan kesehatan yang Anda hadirkan menjadi lebih efisien dan optimal. Tidak akan ada lagi keluhan mengenai tindakan sia-sia yang menyebabkan membengkaknya biaya perawatan, karena seluruh tindakan akan dilakukan berdasarkan diagnosa dan juga data rekam medis digital yang dimiliki pasien.

  • Menghindari menumpuknya antrean

Antrean yang menumpuk di rumah sakit dapat menjadi tempat yang rawan terjadinya virus dan juga penyakit. Oleh karena itu, digitalisasi pelayanan RS mampu memotong antrean dengan cara memberikan edukasi kepada pasien untuk melakukan registrasi secara online, baik itu melalui aplikasi smartphone, situs resmi rumah sakit, atau juga WhatsApp.

  • Mendukung gerakan paperless

Dalam rangka ikut mengurangi penggunaan kertas dan menjaga lingkungan, digitalisasi pelayanan RS dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) atau juga aplikasi penunjang lainnya, Anda tidak perlu lagi mencetak dokumen yang dibutuhkan. Semua dokumen dapat langsung dikirimkan dengan cepat, sehingga distribusi informasi menjadi lebih cepat pula.

  • Penyebaran informasi yang lebih cepat

Pelayanan kesehatan bukan satu-satunya yang diuntungkan dari adanya digitalisasi pelayanan RS. Penyebaran informasi dan juga penyuluhan terkait suatu penyakit atau pandemi yang menyerang sebuah wilayah juga menjadi lebih cepat. Dengan begitu, risiko penyebaran penyakit akibat virus, bakteri, atau juga jamur dapat diminimalisir.

Cara Digitalisasi Pelayanan RS

Jika Anda masih kebingungan dari mana memulainya, maka ada beberapa aktivitas di rumah sakit yang dapat menjadi fokus Anda dalam melakukan digitalisasi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Antrean online yang terhubung dengan aplikasi Mobile JKN, integrasi dengan Mobile JKN dapat memudahkan calon pasien dalam melakukan registrasi online pada rumah sakit yang Anda kelola.
  • Display informasi ketersediaan tempat tidur (bed), dengan adanya informasi yang lebih terbuka mengenai ketersediaan tempat tidur pada bangsal rawat inap, maka manajemen rumah sakit juga dapat melakukan monitoring pada setiap tempat dengan. Dengan begitu, penggunaannya pun menjadi lebih optimal.
  • Display informasi jadwal operasi, dengan melakukan optimalisasi jadwal operasi pada rumah sakit, Anda juga dapat memastikan agar setiap ruang operasi digunakan dengan lebih efisien dan efektif. Tentunya hal ini dapat berpengaruh pada cash flow rumah sakit secara langsung.
  • Bridging  dengan pihak ketiga, yang dapat membantu Anda dalam melakukan verifikasi data dengan bantuan API yang dapat dihubungkan dengan aplikasi SIMRS. Contohnya, bridging dengan BPJS, Jasa Raharja, V-Klaim BPJS, dan masih banyak lagi.

Digitalisasi Pelayanan RS Sendiri atau dengan Vendor?

Kendala utama dari implementasi dan digitalisasi pelayanan RS adalah ketersediaan SDM internal yang mumpuni dalam melakukan digitalisasi. Tentunya tidak mudah menemukan pegawai yang ingin melakukannya dengan biaya yang terjangkau. Oleh karena itu, jika biaya masih menjadi kendala yang Anda hadapi, maka mempercayakan proses digitalisasi pada vendor dapat menjadi solusinya.

Salah satu vendor yang dapat Anda jadikan pilihan adalah Aviat, yang menyediakan berbagai solusi inovatif yang didesain secara khusus bagi bisnis pelayanan kesehatan. Mulai dari aplikasi SIMRS yang digunakan untuk meningkatkan optimalisasi manajemen setiap layanan, SAMRS untuk manajemen aset yang dimiliki rumah sakit, SIREM untuk pengelolaan e-rekam medis, hingga aplikasi antrean online untuk pasien.

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan digitalisasi pelayanan RS, maka dapat memilih implementasi SIMRS terlebih dahulu. Bersama Aviat, Anda dapat melakukannya dari mana dan kapan saja, berkat adanya aplikasi berbasis web browser yang tidak perlu diinstal terlebih dahulu pada perangkat komputer atau juga laptop.

Tertarik untuk mengetahui solusi SIMRS dan lainnya dari Aviat? Hubungi tim marketing kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Tinggalkan Balasan