3 Tantangan yang Dihadapi RS Saat Ini, Apa Saja Itu?
3 Tantangan yang dihadapi RS saat ini, Apa saja itu

3 Tantangan yang Dihadapi RS Saat Ini, Apa Saja Itu?

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Pelayanan kesehatan selama masa pandemi tentunya berbeda dari sebelumnya, karena tantangan RS dalam melayani pasien juga cukup berbeda. Apalagi kasus COVID-19 di Indonesia belum juga menurun. Hingga ditulisnya artikel ini saja, masih terdapat 130.096 kasus aktif dari seluruh wilayah Indonesia. Tentunya, tantangan RS ikut bertambah berat.

Untuk itu, penting rasanya bagi Anda yang mengelola dan juga bekerja di sektor pelayanan kesehatan untuk mengetahui apa saja tantangan yang sering dihadapi oleh RS dan juga solusi yang paling memungkinkan untuk menghadapinya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Beberapa Tantangan RS yang Penting untuk Diketahui

Menurut informasi yang dihimpun melalui CNBC Indonesia, setidaknya terdapat 3 tantangan RS dalam memberikan pelayanan kesehatan di era new normal seperti saat ini, yaitu:

1.Pemerataan jumlah dan standar tempat tidur

Bangsal rawat inap merupakan salah satu fasilitas yang dapat mendatangkan pendapatan yang cukup besar bagi rumah sakit. Sayangnya, pemerataan jumlah dan juga standar tempat tidur menjadi tantangan RS pertama yang masih sering terjadi di berbagai rumah sakit.

Saat ini, masih banyak ditemukan rumah sakit yang belum mampu menggunakan bangsal rawat inap dengan optimal. Standar dari setiap tempat tidur juga masih sering dipertanyakan, karena masih ditemukan tempat tidur yang tidak memenuhi kualifikasi yang ditetapkan pemerintah.

Tantangan RS ini sebenarnya bukan tanpa solusi. Manajemen RS dapat meningkatkan efisiensi dan juga efektivitas penggunaan bed dengan bantuan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Dari sisi pasien, ketersediaan aplikasi smartphone yang mampu digunakan untuk mengecek ketersediaan bed juga menjadi solusi yang tepat. Dengan begitu tidak ada lagi ditemukan penumpukan antrean pasien untuk dirawat inap.

2.Keterbukaan informasi

Selain pemerataan kualitas tempat tidur, keterbukaan informasi menjadi tantangan RS lainnya yang harus dijawab dalam rangka menghadirkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan optimal bagi pasien. Saat ini, penyediaan informasi terkait display tindakan operasi, ketersediaan tempat tidur rumah sakit terkini, dan juga sistem antrean yang terbuka belum mampu dihadirkan oleh semua rumah sakit.

Padahal keterbukaan informasi ini dinilai penting agar pasien dapat mendapatkan pelayanan terbaik. Dampaknya tentunya cukup besar bagi cash flow rumah sakit, karena pasien yang puas tentunya akan kembali lagi menggunakan fasilitas kesehatan yang Anda miliki.

Untuk itu, dalam rangka menjamin keterbukaan informasi, keberadaan aplikasi SIMRS yang dapat diandalkan harus terjamin di rumah sakit yang Anda kelola. Dengan adanya aplikasi ini, Anda dapat menghadirkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan juga efisien, sehingga tidak akan ada lagi penumpukan antrean dan juga keraguan atas akses informasi yang dimiliki rumah sakit

3. Belum semua rumah sakit memiliki SIMRS

Tahukah Anda?  Menurut Pasal Permenkes Nomor 82 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit menyebutkan bahwa setiap rumah sakit wajib mengimplementasikan penggunaan aplikasi SIMRS untuk menunjang kualitas pelayanan kesehatan yang dihadirkan. Sayangnya, hal tersebut masih belum sepenuhnya diterapkan.

Masih ada rumah sakit yang ditemukan belum menggunakan aplikasi SIMS pada proses manajerial dan juga pelayanan kesehatan. Padahal keberadaan SIMRS sangatlah penting bagi rumah sakit, karena dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi layanan, mulai dari jadwal praktik dokter, ketersediaan obat, hingga distribusi informasi lebih cepat. Dengan begitu, implementasi SIMRS menjadi tantangan RS lainnya yang harus diselesaikan.

Jika ternyata Anda adalah salah satu yang masih ragu dengan penggunaan SIMRS, baik itu karena biaya investasi yang dianggap masih terlalu mahal atau juga penggunaannya yang cukup rumit, maka Anda mempercayakan instalasi SIMRS pada Aviat.

Aviat menyediakan solusi SIMRS yang siap digunakan dan biaya yang lebih kompetitif. Saat ini tersedia 3 pilihan modul yang dapat Anda pilih sesuai dengan anggaran dan kebutuhan, yaitu paket light, standard, dan juga enterprise.

Selain itu, Aviat juga hadir dalam aplikasi berbasis web browser yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Hal ini dapat membantu Anda dalam menyelesaikan tantangan RS terkait monitoring ketersediaan tempat tidur, keterbukaan informasi, dan efisiensi layanan.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai solusi SIMRS Aviat? Hubungi tim marketing kami sekarang juga untuk menemukan informasi selengkapnya! (Pradana)

Tinggalkan Balasan