Tetap Waspada Penyebaran Virus, Optimalkan Pemeriksaan Pasien dengan Telemedis!
Pemeriksaan pasien dengan telemedis dapat menjadi langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran virus yang terus bermutasi. Langkah ini sebenarnya sudah dilakukan sebelumnya oleh pemerintah Indonesia melalui sebuah platform bernama ‘TEMENIN’. Akan tetapi, implementasinya belum begitu sempurna, sehingga masih terdapat rumah sakit, klinik, atau juga puskesmas yang enggan menggunakannya, baik karena sumber daya manusia yang belum dapat beradaptasi dengan penggunaan telemedis atau juga pembuatan sistem yang masih dianggap mahal dan sulit dilakukan.
Padahal pandemi COVID-19 telah memaksa sektor kesehatan segera berbenah dan beradaptasi, sehingga pemeriksaan pasien dengan telemedis perlu dijadikan fasilitas baru yang disediakan rumah sakit. Untuk itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai peran penting dari telemedis dan juga implementasi yang tepat dan sesuai dengan lanskap pelayanan kesehatan di Indonesia. Berikut penjelasan selengkapnya!
Peran Telemedis dalam Mengatasi Penyebaran Virus
COVID-19 bukanlah satu-satunya penyakit yang diakibatkan oleh penyebaran virus. Untuk itu, pemeriksaan pasien dengan telemedis memiliki peran penting bagi tenaga kesehatan dan juga pasien, yaitu:
Mencegah terjadinya pandemi akibat kontak langsung
Peran utama dari pemeriksaan pasien dengan telemedis adalah untuk mencegah terjadinya pandemi baru akibat mutasi virus yang tidak pernah kita ketahui keberadaannya. Dengan adanya fitur konsultasi jarak jauh, nantinya dokter tetap dapat melayani pasien dan memberikan resep obat berdasarkan keluhan yang diderita pasien.
Menjauhkan staf non-medis dari bahaya penyakit
Rumah sakit atau juga klinik tidak hanya diisi staf medis seperti dokter dan perawat saja. Ada staf lain seperti bagian administrasi atau pendaftaran pasien yang berisiko besar untuk terpapar penyakit. Tentunya hal tersebut dapat dicegah dengan adanya pemeriksaan pasien dengan telemedis, karena pasien tidak perlu langsung menuju rumah sakit jika menderita keluhan tertentu.
Akses yang lebih mudah dan nyaman bagi pasien
Kualitas pelayanan kesehatan yang Anda hadirkan tetap dapat terjaga dengan hadirnya telemedis. Pasien akan memperoleh akses yang lebih mudah untuk berkonsultasi langsung dengan dokter melalui aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone, sehingga citra bisnis pelayanan kesehatan yang Anda kelola tetap baik di masyarakat.
Membatasi interaksi yang berpotensi menyebarkan penyakit
Banyak penyakit yang dapat menular karena adanya interaksi antar manusia. Untuk itu, pemeriksaan pasien dengan telemedis juga berperan penting dalam meminimalisir interaksi yang berpotensi mengakibatkan mata rantai penyakit yang berujung pada pandemi.
Berkenalan dengan Solusi Pemeriksaaan Pasien dengan Telemedis dari Aviat
Perlu Anda ketahui, sebenarnya pemeriksaan pasien dengan telemedis dapat dilakukan secara end-to-end atau dilakukan mulai dari meja registrasi hingga ke penebusan obat-obatan yang dibutuhkan pasien untuk menunjang kesembuhannya.
Saat ini, Aviat telah mengembangkan sebuah solusi untuk mempermudah proses konsultasi kesehatan jarak jauh yang dikenal dengan nama Aviat Telemedis. Solusi ini memiliki semua fitur yang dibutuhkan agar proses pengobatan end-to-end dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Beberapa fitur tersebut antara lain:
- Registrasi pasien melalui aplikasi, yang dapat membantu pasien dalam memilih jadwal konsultasi dengan dokter berdasarkan kebutuhan.
- Telekonsultasi dengan dokter, yaitu fitur untuk mempertemukan pasien dengan dokter melalui media chat dan video call dengan telemedis untuk mempermudah konsultasi kesehatan.
- Monitoring kinerja dokter saat melayani pasien, yang dapat mempermudah pihak manajemen agar dokter tetap menghadirkan kualitas pelayanan kesehatan terbaik meskipun konsultasi kesehatan dilakukan dari jarak jauh.
- Akses riwayat penyakit pasien, berisikan informasi perawatan kesehatan yang sebelumnya diterima pasien, yang dapat digunakan tenaga kesehatan dapat memberikan diagnosis dan juga resep obat-obatan yang akurat, sehingga meminimalisir risiko malpraktik.
- Metode pembayaran yang beragam, yang dapat membantu bagian keuangan rumah sakit untuk menyediakan metode pembayaran yang paling mudah bagi pasien tanpa perlu bertatap muka. Contohnya melalui kartu kredit atau juga debit.
- Berita dan informasi kesehatan terkini, sebagai tambahan informasi bagi pasien agar edukasi mengenai suatu penyakit dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.
Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mempercayakan kebutuhan pemeriksaan pasien dengan telemedis Anda kepada Aviat. Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai solusi Aviat Telemedis! (Pradana)