SIMKlinik, Solusi Terbaik Imbangi Perkembangan Teknologi Kesehatan

SIMKlinik, Solusi Terbaik Imbangi Perkembangan Teknologi Kesehatan

Sudah tahukah Anda dengan keberadaan SIMKlinik sebagai solusi untuk membantu klinik mandiri dalam menciptakan otomasi administrasi kesehatan? Jika belum, maka sudah saatnya Anda mengetahui tentang solusi ini agar tidak ketinggalan dari klinik lainnya.

Sejatinya, implementasi Sistem Informasi Manajemen Klinik (SIMKlinik) sudah mulai dikenal di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. 

Apakah terlambat jika klinik Anda memulainya sekarang? Tentunya tidak, asalkan Anda mengetahui sedini mungkin mengenai informasi ini. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Apa itu SIMKlinik?

Sistem Informasi Manajemen Klinik (SIMKlinik) merupakan seperangkat aplikasi (atau juga berbentuk software) yang didesain khusus untuk membantu proses pengelolaan, analisis, hingga menampilkan data atau informasi yang dibutuhkan agar operasional klinik mandiri menjadi lebih efisien dan efektif.

Solusi SIMKlinik juga sudah banyak diterapkan di Amerika Serikat dan banyak negara di Eropa. Jika Anda mengetikkan kata kunci “Clinic Management Software”, maka Anda dapat menemukan puluhan aplikasi yang tersedia dan ratusan klinik yang telah menggunakannya.

Untuk itu, sudah saatnya implementasi solusi ini juga diterapkan di tanah air. Apalagi mengingat klinik sangatlah penting untuk pelayanan kesehatan di daerah terpencil, tentunya kehadiran sistem informasi yang lebih baik dapat menjadikan kualitas pelayanan yang Anda hadirkan menjadi lebih tinggi.

Otomasi Administrasi dengan SIMKlinik

Perlu Anda ketahui, alasan utama mengapa kehadiran SIMKlinik sangat krusial bagi klinik adalah karena kemampuannya dalam menciptakan otomasi proses administratif dalam bisnis pelayanan kesehatan yang Anda miliki. Setidaknya ada 3 alur kerja yang dapat dilakukan secara otomatis jika implementasi solusi ini Anda terapkan, yaitu:

1. Proses pendaftaran pasien

Dukungan SIMKlinik memungkinkan proses registrasi atau pendaftaran pasien dilakukan sepenuhnya secara digital. Dengan bantuan aplikasi antrean online, nantinya pasien dapat langsung memilih jadwal praktik dokter sesuai yang diinginkan. Setelah registrasi selesai dilakukan, aplikasi antrean online akan mengirimkan notifikasi otomatis ke sistem informasi dan mendokumentasikan secara otomatis.

2. Proses penagihan dan pembayaran

Sebelum era digital, biasanya proses penagihan dan pembayaran masih dilakukan secara manual. Hal ini tidak akan lagi Anda temukan jika beralih menggunakan SIMKlinik.

Dengan adanya solusi sistem informasi yang didesain khusus untuk klinik praktik mandiri, nantinya Anda dapat menagihkan invoice kepada pasien yang telah tersusun secara otomatis. Tentunya proses ini sangat menguntungkan, karena risiko tagihan tidak terbayarkan dapat diminimalisir.

3. Proses laporan

Sering mengalami kendala dalam pembuatan laporan pada akhir periode? Permasalahan ini juga dapat Anda atasi dengan penggunaan SIMKlinik.

Tidak perlu lagi kertas atau juga proses pengetikan yang memakan waktu tidak sedikit, karena seluruh prosesnya dapat dilakukan secara otomatis. Tugas Anda hanyalah memastikan jika keseluruhan data yang tercatat sudah benar, sehingga laporan dapat segera diotentikasi oleh kepala rumah sakit.

Solusi SIMKlinik yang Tepat untuk Anda

Bagaimana jika ternyata klinik yang Anda kelola kesulitan untuk menciptakan SIMKlinik sendiri, baik karena kurangnya sumber daya manusia atau juga pengetahuan yang dibutuhkan?

Jika hal ini terjadi, maka Anda tidak perlu khawatir. Saat ini, sudah banyak vendor eksternal yang menyediakan solusi sistem informasi yang diperuntukkan bagi klinik. Salah satunya yang dapat Anda jadikan pilihan adalah SIMKlinik dari Aviat.

Berbeda dengan SIMKlinik yang dimiliki vendor lainnya, Aviat melengkapi sistem informasi untuk klinik dengan berbagai kemampuan, mulai dari fitur lengkap yang memungkinkan integrasi dengan pihak eksternal seperti aplikasi Mobile JKN, kehadiran web based app yang memungkinkan akses tanpa perlu instalasi, hingga modul lengkap untuk kebutuhan hulu ke hilir klinik Anda.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai solusi ini? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga! (Pradana)

Similar Posts