Platform SATUSEHAT Untuk Penyeragaman Rekam Medis Pasien
Melalui platform SATUSEHAT pemerintah menyediakan integrasi data rekam medis. Keseragaman format laporan yang dihadirkan dapat memudahkan proses pelayanan kesehatan dan memangkas banyaknya aplikasi.
Demi menghadirkan pelayanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat Indonesia, pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, terus melakukan transformasi di bidang kesehatan. Salah satunya dengan menghadirkan platform SATUSEHAT.
Langkah ini diambil pemerintah agar ada perubahan dalam sistem pelayanan kesehatan Indonesia. Dari yang sebelumnya konvensional, menjadi digital. Dengan demikian diharapkan pasien tidak perlu lagi mengisi formulir baru jika harus berpindah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).
Saat ini, untuk mewujudkan transformasi kesehatan pemerintah tengah menjalankan 3 program, antara lain program integrasi data, program merapikan dan menyederhanakan aplikasi, dan program membangun ekosistem inovasi. Ketiga program tersebut terus dimatangkan guna menghadirkan platform yang memadai.
Manfaat Keseragaman Data yang Dihadirkan Platform SATUSEHAT
Platform SATUSEHAT mengadopsi model infrastruktur Platform-as-a-service (PAAS). Dengan model ini, seluruh pelaku dalam ekosistem kesehatan akan menciptakan satu data kesehatan nasional yang dapat diandalkan dan membuat proses pertukaran data menjadi lebih efektif dan efisien.
Kedepannya, pasien tidak perlu lagi membawa banyak berkas rekam medis jika harus berpindah rumah sakit. Hal ini karena seluruh data rekam medis telah tercatat secara digital dan terintegrasi dalam platform SATUSEHAT di rumah sakit, klinik, laboratorium, atau apotek manapun.
Tidak hanya bermanfaat bagi pasien, platform ini juga bisa menghadirkan manfaat untuk para tenaga kesehatan. Adanya platform SATUSEHAT membuat nakes tidak perlu lagi melakukan input data berulang di banyak aplikasi. Mereka hanya perlu mengisi satu aplikasi dan secara otomatis akan terhubung dengan aplikasi kesehatan lainnya.
Namun, untuk mewujudkan proses integrasi data ke platform SATUSEHAT, perlu dilakukan beberapa fase agar data yang dimasukkan sesuai dengan standarisasi rekam medis. Berikut ini adalah 5 fase integrasi data:
1. Data pendaftaran dan diagnosa
Data pendaftaran menjadi data dasar mengenai pasien yang paling penting. Data ini berisi tentang data pribadi, seperti nama, tanggal lahir, dan domisili rumah. Selain itu, pada fase awal pendataan juga dilengkapi dengan diagnosis kondisi pasien untuk menentukan langkah medis selanjutnya.
2. Data prosedur medis
Setelah fase pendataan awal rekam medis selesai dilakukan, fase kedua untuk menyesuaikan standarisasi data pasien adalah fase data prosedur pasien. Dalam fase ini, akan tercatat bagaimana kondisi vital pasien, data diet yang harus dilakukan, dan prosedur medis yang akan dijalani oleh pasien.
3. Data obat
Tidak hanya prosedur medis, data obat juga harus terintegrasi dengan baik dalam platform SATUSEHAT. Sebelum menginput obat, petugas kesehatan harus memastikan jenis obat yang dimasukkan dengan yang telah terintegrasi dalam Kamus Farmasi dan Alat-alat Kesehatan (KFA).
4. Data observasi
Fase keempat adalah data observasi. Dalam fase ini, data yang dimasukkan meliputi data observasi laboratorium dan data observasi radiologi. Fase ini menjadi salah satu fase yang penting karena dengan telah terintegrasinya berbagai hasil tersebut, pasien tidak perlu lagi membawa berkas hasil pemeriksaan ketika harus berpindah fasyankes.
5. Data alergi
Fase terakhir yang tidak kalah penting adalah fase data alergi. Melalui fase ini, data mengenai alergi dan kondisi fisik milik pasien akan tercatat dengan baik. Hal ini dapat memudahkan petugas kesehatan dalam memberikan tindakan dan obat untuk pasien karena dapat menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan alergi.
Mewujudkan Integrasi Data Platform SATUSEHAT Bersama Aviat
Setelah mengetahui berbagai manfaat dan fase yang harus dilalui untuk terintegrasi dengan platform SATUSEHAT, Anda tentu ingin turut mewujudkan transformasi kesehatan ini. Untuk memudahkan langkah Anda, Aviat hadir dengan sistem manajemen rumah sakit yang lengkap.
Berbagai aplikasi yang Aviat miliki, mulai dari SIMRS, SIREM, dan lainnya dapat memudahkan proses integrasi sistem rumah sakit yang Anda kelola dengan platform SATUSEHAT. Tidak hanya itu, layanan ini pun dilengkapi dengan modul yang pelatihan yang dapat memudahkan proses adaptasi petugas kesehatan.
Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi Aviat? Hubungi tim marketing Aviat untuk mendapatkan informasi selengkapnya! (Sherlya)