Hal yang Diperhatikan dalam Memilih Aplikasi Layanan Kesehatan

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi Layanan Kesehatan

Dilansir dari katadata.co.id, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna aplikasi layanan kesehatan terbanyak ke-3 di dunia pada tahun 2020, tepat di bawah China dan India. Perkembangan teknologi serta pandemi Covid-19 yang belum tuntas hingga saat ini menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi meroketnya penggunaan aplikasi layanan kesehatan di Indonesia.

Berbagai layanan kesehatan mulai dari pemesanan obat, konsultasi dengan dokter, pemeriksaan, dan layanan lainnya dapat diperoleh dengan mudah melalui berbagai platform aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Munculnya berbagai platform aplikasi layanan kesehatan digital disambut positif oleh masyarakat. Alodokter sebagai salah satu platform penyedia layanan kesehatan, sudah memiliki tidak kurang dari 30 juta pengguna aktif dan lebih dari 43.000 dokter aktif memberikan layanan kesehatan digital setiap bulannya.

Hal yang Diperhatikan dalam Memilih Aplikasi Layanan Kesehatan

Perubahan industri kesehatan pada era digital saat ini harus segera direspon oleh manajemen rumah sakit dengan menyediakan layanan kesehatan digital. Tanpa menawarkan layanan digital, rumah sakit akan semakin tertinggal dengan yang lain, terlebih dengan pandemi Covid-19 yang kini mulai memasuki gelombang ketiga. Hanya saja, terdapat banyak platform aplikasi layanan kesehatan di pasaran. Untuk dapat memilih platform yang tepat dan efektif meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit Anda, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih aplikasi layanan kesehatan.

Pertimbangkan Kebutuhan Pasien 

Sebagai sebuah industri pelayanan masyarakat dibidang kesehatan, kebutuhan pasien harus menjadi hal utama yang diperhatikan dalam pengembangan layanan kesehatan rumah sakit. Memahami apa yang dibutuhkan dan menjadi harapan dari pasien akan sebuah layanan kesehatan menjadi hal penting yang harus dianalisa ketika Anda memilih aplikasi layanan kesehatan. Pilihlah platform aplikasi yang dapat memenuhi ekspektasi dari pasien, mulai dari jenis layanannya, kecepatan, channel layanan yang disediakan, hingga kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakannya.

Informasi yang Terintegrasi Dalam Satu Aplikasi

Selain kecepatan akses data, kemudahan dalam menggunakan serta mendapatkan berbagai informasi pelayanan kesehatan menjadi hal yang diharapkan ada pada aplikasi layanan kesehatan rumah sakit. Memastikan bahwa platform aplikasi yang akan Anda pilih mampu mengintegrasikan semua informasi layanan kesehatan mulai dari janji temu, informasi pasien, catatan kesehatan elektronik, resep digital, tagihan, pembayaran tagihan, hingga berbagai channel layanan konsultasi online dalam satu aplikasi menjadi hal yang sangat penting dan memudahkan kinerja dokter serta pasien. Hal ini akan jauh meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kesehatan dibandingkan harus membuka berbagai tab atau platform yang berbeda untuk setiap jenis informasi.

Mudah Digunakan Semua Kalangan

Salah satu tantangan dalam penerapan kesehatan digital adalah tidak meratanya literasi digital, khususnya bagi mereka yang sudah lansia ataupun kurang terjamah teknologi. Sulitnya menggunakan aplikasi layanan kesehatan digital dapat menjadi faktor penghambat penggunaan telemedis bagi beberapa kelompok masyarakat. Oleh sebab itu, memastikan bahwa platform kesehatan digital yang Anda sediakan mudah dipelajari bagi semua golongan usia, menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Kemampuan untuk dapat diakses pada berbagai channel komunikasi juga akan menjadi nilai lebih bagi pasien yang menggunakan.

Mudah Untuk di Kustomisasi

Hal yang Diperhatikan dalam Memilih Aplikasi Layanan Kesehatan

Kebutuhan pelayanan kesehatan pada masing-masing rumah sakit dapat jadi sangat beragam, tergantung pada kondisi masing-masing. Oleh sebab itu, memilih aplikasi layanan kesehatan yang dapat dengan mudah dikonfigurasi secara khusus sesuai dengan kebutuhan rumah sakit merupakan hal yang juga penting dipertimbangkan. Kemudahan dalam melakukan pengaturan dan kustomisasi layanan dapat memudahkan Anda untuk menyesuaikan platform telemedis sesuai keinginan Anda. Pengembangan layanan rumah sakit di masa depan juga akan lebih mudah dan fleksibel untuk dilakukan sesuai kondisi rumah sakit.

Keandalan

Prinsip dasar dalam sebuah sistem telemedis adalah kemampuan untuk mengumpulkan data perawatan dan menganalisisnya. Kemampuan platform aplikasi layanan kesehatan digital dalam mengelola data akan memudahkan Anda mempelajari wawasan baru tentang layanan kesehatan, tren kebutuhan pasien, dan hingga pola catatan medis pasien. Keandalan platform telemedis dalam melakukan analisis data akan sangat membantu pembuatan diagnosis yang dilakukan oleh dokter. 

Salah satu aplikasi layanan kesehatan yang didukung oleh kehandalan server adalah AVIAT telemedis. Platform menggunakan server lokal yang berkualitas dengan bandwidth yang lebar. Dengan demikian aplikasi dapat tangguh menangani banyak pengguna dan pasien dapat memperoleh layanan dengan nyaman. Segera hubungi tim marketing AVIAT untuk informasi selengkapnya! (Septiani)

Similar Posts