Minimalisir Kesalahan Administrasi Data Registrasi Pasien dengan AVIAT KIOSKA

Minimalisir Kesalahan Administrasi Data Registrasi Pasien dengan AVIAT KIOSKA

AVIAT KIOSKA merupakan alat antrean rumah sakit yang tidak hanya membantu fasilitas kesehatan (faskes) dalam mengurai kepadatan antrean di loket pendaftaran, tetapi juga meminimalisir potensi kesalahan input data registrasi pasien. Dalam dunia kesehatan, akurasi data sangatlah penting. Kesalahan pencatatan data pasien dapat menyebabkan kekeliruan keputusan penanganan yang diberikan kepada pasien. Hal ini berpotensi menimbulkan risiko yang dapat mengancam jiwa pasien.

Kasus Kesalahan Administrasi Data Pasien di Indonesia

Loket pendaftaran faskes memiliki peran penting dalam terciptanya pelayanan kesehatan yang tepat dan memuaskan. Di loket pendaftaran, staf faskes akan mencatat berbagai informasi penting tentang pasien, termasuk riwayat medis dan informasi asuransi.  Ini penting untuk memastikan bahwa pasien mendapat perawatan medis yang diperlukan. Selain itu, loket pendaftaran juga berperan dalam memastikan validitas informasi yang diberikan pasien serta koordinasi dengan unit-unit lain di rumah sakit.

Kesalahan dalam administrasi data registrasi pasien dapat menyebabkan kesulitan dalam melacak pasien, kesalahan data pasien, hingga kekeliruan dalam memberikan penanganan yang diberikan kepada pasien yang membahayakan keselamatan jiwa pasien. Salah satunya adalah kekeliruan dalam menentukan prioritas penanganan kepada pasien. 

Seperti yang diberitakan oleh www.rri.go.id, peningkatan jumlah pasien menyebabkan prosedur registrasi tidak berjalan dengan semestinya. Beberapa pasien yang seharusnya mendapatkan layanan prioritas namun tetap harus mengantre layaknya pasien umum. Keterlambatan penanganan kepada pasien-pasien dalam kondisi gawat darurat ini dapat meningkatkan risiko yang mengancam keselamatan pasien.

Faktor Resiko Kesalahan Administrasi Data Registrasi Pasien

Rendahnya implementasi teknologi digital, seperti AVIAT KIOSKA menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kesalahan administrasi ketika proses registrasi pasien. Dalam melaksanakan tugasnya, petugas loket registrasi harus mencatat data pasien serta kondisi kesehatannya secara rinci dan tepat. Tanpa dukungan teknologi, proses screening dan administrasi data pasien dilakukan secara manual di loket pendaftaran.

Proses administrasi data registrasi yang dilakukan secara manual meningkatkan potensi kekeliruan. Terlebih, ketika dihadapkan dengan kondisi pasien yang membludak, jam tugas staf loket yang panjang, serta kelelahan yang mengganggu fokus staf faskes. Kondisi-kondisi tersebut tidak hanya menyebabkan kinerja yang lambat dan menimbulkan penumpukan antrean semakin parah, namun juga meningkatkan potensi kesalahan administrasi data pasien.

Ironisnya, tingkat implementasi teknologi digital pada faskes di Indonesia masih terbilang rendah. Berdasarkan data dari Cetak Biru Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024, 80% faskes di Indonesia belum memanfaatkan teknologi digital. Padahal, teknologi AVIAT KIOSKA dapat menjadi solusi yang terjangkau bagi seluruh jenis faskes. Rendahnya tingkat implementasi teknologi ini menjadi salah satu alasan mengapa kasus-kasus kesalahan administrasi registrasi pasien banyak terjadi.

AVIAT KIOSKA Sebagai Solusi Meminimalisir Potensi Kesalahan Administrasi Data Registrasi Pasien

AVIAT KIOSKA merupakan alat antrean rumah sakit yang telah didukung dengan Fitur Self Registration (registrasi mandiri). Dengan fitur ini, pasien dapat melakukan registrasi layanan berobat secara mandiri di mesin KIOSKA tanpa dilayani oleh petugas loket pendaftaran. Itu artinya, proses pencatatan data pasien dilakukan secara mandiri. Solusi ini tidak hanya dapat mempercepat proses registrasi, tetapi juga mengurangi risiko kesalahan input data. Dengan lebih sedikit proses administrasi manual, akurasi data pasien jadi lebih terjamin.

Tersedianya AVIAT KIOSKA juga akan menarik sebagian pasien untuk melakukan registrasi secara mandiri. Itu artinya, jumlah antrean pendaftaran pasien di loket tradisional juga akan berkurang. Berkurangnya beban kerja staf faskes di loket pendaftaran akan membantu mengurangi kelelahan. Hal ini berdampak positif dalam peningkatan produktivitas kerja, kefokusan, serta ketelitian staf faskes dalam mencatat data registrasi pasien.

Sebagai manfaat tambahan, AVIAT KIOSKA juga akan berkontribusi pada peningkatan efisiensi layanan di faskes Anda. Proses administrasi yang mudah dan cepat akan berdampak pada waktu tunggu layanan yang lebih cepat. Ini tidak hanya memungkinkan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan segera, tetapi juga menciptakan pengalaman berobat yang memuaskan dan aman.

Keunggulan AVIAT KIOSKA tidak hanya terletak pada registrasi mandiri yang mempercepat dan meminimalkan risiko kesalahan input data, tetapi juga pada fleksibilitasnya. Dengan sistem konfigurasi yang dapat disesuaikan, AVIAT KIOSKA memungkinkan Anda menyesuaikan solusi sesuai dengan budget dan kebutuhan perusahaan, mulai dari paket minimalis hingga paket tinggi dengan layanan dan meja yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Dengan memilih AVIAT KIOSKA, faskes dapat meningkatkan efisiensi layanan, memberikan pengalaman berobat yang memuaskan, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif untuk staf faskes.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang AVIAT KIOSKA? Hubungi tim marketing AVIAT untuk informasi selengkapnya! (Septiani)

Similar Posts