Lebih Mudah dan Cepat Klaim BPJS bersama Smart Claim BPJS AVIAT
Per tahun 2023, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah bekerja sama dengan sekitar 3.120 rumah sakit yang menjadi Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Setiap bulannya, seluruh rumah sakit tersebut akan mengajukan klaim BPJS dengan prosedur yang cukup panjang dan melelahkan.
Untuk dapat melakukan pengajuan klaim, rumah sakit harus menyerahkan dokumen-dokumen pendukung, seperti bukti pelayanan rawat jalan, hasil pemeriksaan penunjang, bukti pelayanan rawat inap, Surat Eligibilitas Peserta (SEP), hasil pemeriksaan laboratorium, hingga kuitansi pembayaran. Kemudian seluruh dokumen tersebut harus disertakan ke dalam sistem atau software yang terhubung dengan sistem BPJS Kesehatan.
Selain menyertakan dokumen, petugas juga perlu memastikan semua data yang tercatat di dalam dokumen sesuai dengan standar penulisan yang sistem BPJS Kesehatan miliki. Saat ini, BPJS Kesehatan telah menerapkan FHIR atau Fast Healthcare Interoperability Resources, yang merupakan sistem pencatatan terminologi medis berstandar internasional.
Sistem smart claim milik BPJS tersebut menggunakan SNOMED-CT, yaitu sebuah penggunaan standar istilah medis internasional yang juga dapat dipetakan ke dalam standar internasional lainnya, seperti ICD-9, ICD-10, dan LOINC. Standar ini sama dengan standar pertukaran data medis yang digunakan oleh World Health Organization (WHO) dan beberapa fasilitas pelayanan kesehatan di berbagai negara lainnya.
Saatnya Beralih Menggunakan Sistem Sesuai Standar BPJS Kesehatan
Apabila rumah sakit ingin proses pengajuan klaim BPJS menjadi lebih cepat dan mudah, rumah sakit perlu menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dengan standar yang sama dengan sistem BPJS Kesehatan. Saat ini salah satu vendor yang telah mampu menghadirkan teknologi yang sama dengan smart claim BPJS adalah AVIAT.
Untuk memudahkan pengajuan klaim BPJS, AVIAT juga telah mengaplikasikan teknologi SNOMED-CT yang akan memudahkan petugas untuk mencatat kondisi medis pasien sesuai dengan standar penulisan yang digunakan sistem BPJS Kesehatan. Smart claim BPJS AVIAT juga dapat langsung terhubung dengan sistem BPJS sehingga proses administrasi akan lebih cepat dan mudah.
Tidak hanya telah menggunakan sistem yang sama dengan BPJS Kesehatan, AVIAT SIMRS juga pun telah dilengkapi dengan modul bridging, sehingga rumah sakit dapat langsung mencetak Surat Eligibilitas Peserta (SEP), menerbitkan surat rujukan, dan mendapatkan laporan pengajuan klaim BPJS secara online. Hal ini tentu tidak hanya akan memudahkan rumah sakit, tetapi juga memudahkan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
Kenali Tahapan Mudah Klaim BPJS dengan Smart Claim BPJS AVIAT
Pengajuan klaim BPJS dengan menggunakan smart claim BPJS AVIAT memiliki 4 tahapan, antara lain tahapan pendaftaran, validasi, verifikasi internal, dan verifikasi oleh BPJS Kesehatan. Pada tahapan pendaftaran, sistem akan membantu petugas untuk melengkapi data yang dibutuhkan dalam dokumen, kemudian apabila ada kekurangan data, sistem akan langsung menginformasikan hal tersebut sehingga bisa langsung dilengkapi.
Selanjutnya, dalam tahapan validasi sistem akan memverifikasi dokumen secara digital dari segi kualitas dan kuantitas. Tahapan ini akan melakukan kroscek kembali jika ada dokumen yang kurang, kemudian langsung menggabungkan semua dokumen atau merge document dan melanjutkannya ke tahapan grouping.
Setelah validasi selesai, verifikator internal akan langsung bekerja untuk mengecek kesesuaian antara diagnosis pasien dan kuitansi pembayaran dengan dokumen digital yang sudah selesai tahapan grouping. Pada tahapan ini, jika masih terdapat kekurangan, sistem akan langsung memberitahukan kepada petugas sehingga dapat langsung disesuaikan sebelum dikirim ke portal klaim BPJS.
Terakhir, karena smart claim BPJS AVIAT telah terkoneksi langsung dengan sistem BPJS, petugas verifikator BPJS dapat langsung mengakses portal rumah sakit dan melakukan verifikasi data. Apabila masih ada dokumen atau data yang kurang, petugas akan memberikan catatan yang dapat langsung diperbaiki oleh petugas rumah sakit. Ketika semua data sudah lengkap, BPJS akan melanjutkan proses klaim dan memberikan jawaban secara online apakah klaim BPJS diterima, ditunda, atau ditolak.
Keempat tahapan ini akan lebih mudah dilakukan ketika rumah sakit Anda telah menerapkan smart claim BPJS AVIAT. Hal ini karena sistem yang saling terhubung akan memudahkan petugas untuk langsung melengkapi data jika terdapat kekurangan, sehingga pengajuan klaim BPJS menjadi lebih cepat dan mudah.
Ingin memangkas panjangnya proses pengajuan klaim BPJS di rumah sakit Anda? Hubungi tim marketing AVIAT untuk segera mendapatkan penawaran menarik dan informasi selengkapnya!